Jenis Cucak Ijo Kalimantan

3 min read

jenis cucak ijo kalimantan

Jenis cucak ijo Kalimantan – Burung cucak ijo merupakan salah satu jenis burung yang banyak diminati di kalangan para sahabat kicau mania. Burung cucak ijo banyak diminati karena memiliki ciri khas suara kicau yang indah dan bervariasi.

Burung cucak ijo ini selain dikenal dengan ciri khas suara yang indah, burung ini juga terkenal dengan sifat petarung (fighter) yang garang. Maka tidak heran jika harga jual burung cucak ijo cukup tinggi.

Jenis-jenis burung cucak ijo ini cukup banyak dan pada umumnya pemberian namanya berdasarkan daerah habitatnya, seperti cucak ijo Banyuwangi dan salah satu yang akan kita bahas yaitu cucak ijo Kalimantan.

Untuk sahabat kicau mania yang ingin mengenal lebih dekat tentang burung cucak ijo Kalimantan, berikut kami telah membagikan informasi tentang burung cucak ijo Kalimantan secara lengkap.

Mengenal Jenis Burung Cucak Ijo Kalimantan

mengenal jenis burung cucak ijo Kalimantan
burungnya.com

Pada umumnya ada sekitar 3 jenis burung cucak ijo yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu favorit untuk dijadikan sebagai burung rawatan para sahabat kicau mania.

Jenis burung cucak ijo yang banyak diminati oleh sahabat kicau mania yaitu jenis cucak ijo kalimantan, cucak ijo Banyuwangi, dan cucak ijo Sumatra. Akan tetapi, pada kali ini kita akan fokus membahas jenis cucak ijo Kalimantan dan ciri-ciri dari burung cucak ijo Kalimantan.

1. Ciri-ciri Fisik Burung Cucak Ijo Kalimantan

Ciri-ciri fisik burung cucak ijo Kalimantan yaitu memiliki postur tubuh yang cukup kecil dibandingkan dengan jenis cucak ijo yang lainnya dan warna pada bagian tubuhnya berwarna hijau tidak terlalu pekat atau lebih cenderung berwarna hijau kekuningan.

Selain itu, burung cucak ijo Kalimantan juga memiliki ekor yang lebih pendek dibandingkan jenis cucak ijo yang lainnya. Untuk warna ekor burung cucak ijo Kalimantan ini memiliki keunikan yaitu terdapat warna kebiruan yang cukup terang.

Ciri-ciri karakteristik burung cucak ijo Kalimantan yaitu memiliki mental yang sangat tempramental, agresif yang tinggi dan sangat sulit untuk beradaptasi serta cara menjinakan burung cucak ijo ini tidak mudah. Oleh karena itu burung cucak ijo juga termasuk salah satu jenis burung fighter yang tangguh.

2. Habitat Asli Burung Cucak Ijo Kalimantan

Untuk habitat aslinya tentu kalian sudah bisa menebaknya. Ya tentu sesuai dengan namanya, burung cucak ijo Kalimantan ini akan banyak kalian temukan di wilayah pulau Kalimantan.

Pada habitatnya di pulau Kalimantan burung cucak ijo Kalimantan ini suka menempati di daerah hutan tropis yang terdapat banyak pepohonan tinggi.

Burung ini suka menempati di daerah pepohonan yang tinggi karena sebagai tempat tinggal atau tempat bersarang dan juga sebagai tempat untuk mencari makan.

Makanan favorit burung cucak ijo Kalimantan pada saat dia di alam yaitu serangga kecil seperti jangkrik, semut dan juga ulat. Selain itu, dia juga memakan beberapa jenis buah-buahan yang tersedia di alam seperti pisang.

Keistimewaan Burung Cucak Ijo Kalimantan

Keistimewaan Burung Cucak Ijo Kalimantan
hargaburung.id

Keistimewaan burung cucak ijo Kalimantan yaitu memiliki suara kicau yang volumenya nyaring dan suara nya sangat bervariatif. Selain itu burung cucak ijo Kalimantan termasuk jenis cucak ijo yang mudah dilatih karena memiliki kecerdasan yang lebih dari jenis lainnya.

Burung cucak ijo Kalimantan selain terkenal dengan keistimewaan suara kicaunya, Burung ini juga terkenal dengan harganya yang istimewa. Karena burung cucak ijo Kalimantan memiliki harga yang terbilang cukup terjangkau, sehingga sangat cocok untuk kalian sobat pecinta burung yang ingin memelihara burung ini.

Perawatan Harian Burung Cucak Ijo Kalimantan

perawatan harian burung cuak ijo
jalaksuren.net

Perawatan burung cucak ijo Kalimantan ini terbilang cukup mudah, akan tetapi untuk membuat burung ini menjadi gacor dan penurut atau jinak tentu harus di butuhkan perawatan yang lebih ekstra dan khusus.

Burung cucak ijo Kalimantan memiliki mental yang sangat tempramental, agresif yang tinggi dan sangat sulit untuk beradaptasi serta cara menjinakan burung cucak ijo ini tidak mudah. Berikut tips perawatan harian burung cucak ijo kalimantan supaya gacor dan jinak.

1. Pengembunan dan Angin-anginkan di Pagi Hari

Cara menjinakkan burung cucak ijo Kalimantan yang sangat di sarankan yaitu pengembunan burung di pagi hari secara rutin dan dilakukan pada saat burung belum di mandikan.

Setelah langkah pengembunan sudah selesai, alangkah baiknya burung cucak ijo di angin-anginkan terlebih dahulu. Bertujuan untuk membuat burung semakin refres dan tidak mudah stres saat adanya perubahan suhu secara mendadak pada tubuh si burung.

2. Mandikan Burung Secara Teratur

Sama halnya dengan manusia, burung cucak ijo Kalimantan butuh mandi secara teratur. Selain mandi yang teratur, alangkah baiknya apabila kalian memandikan burung ini kalian menggunakan tangan dan lakukan dengan penuh kasih sayang.

Meskipun pada umumnya cara memandikan burung cucak ijo ini hanya di semprot air pada tubuhnya, namun cara memandikan menggunakan tangan ini merupakan cara yang cukup ampuh.

Karena kita melakukan kontak fisik secara langsung dengan burung, sehingga burung akan merasakan rasa yang lebih nyaman.

3.  Berikan Makanan Secara Teratur

Sama halnya dengan memandikan burung. Pemberian makan untuk burung cucak ijo harus teratur sesuai dengan jadwalnya. Pemberian makan secara teratur ini dapat mempercepat burung beradaptasi dengan pakan yang kalian berikan.

Untuk makanan kalian bisa memberinya voer (pakan burung) dan jangkrik di waktu pagi hari, buah pisang waktu siang hari, dan jangkrik atau biji-bijian di waktu sore hari.

4. Rutin Mengganti Air Minumnya

Selain memberikan pakan secara rutin pada burung cucak ijo Kalimantan, kalian juga harus memperhatikan juga air minum pada burung ini. Apabila air minum pada burung cucak ijo tidak rutin di ganti, di takutkan air minumnya akan terkontaminasi atau tercampur dengan kotorannya.

Untuk air minumnya cucak ijo Kalimantan, alangkah baiknya kalian bisa memberinya air mineral kemasan maupun air hasil rebusan sendiri.

5. Berikan Vitamin dan Suplemen

Pemberian vitamin dan suplemen bertujuan untuk tetap menunjang asupan nutrisinya, berikan multi vitamin BirdVit dan BirdMineral agar burung cucak ijo tetap sehat. Dengan stamina dan kesehatan cucak ijo yang terjaga tentu dapat mempermudah proses penjinakan.

6.  Lakukan Pemasteran

Melakukan pemasteran burung cucak ijo Kalimantan, bertujuan untuk membuat burung semakin jinak kepada pemiliknya dan membuat burung semakin bervariatif suara kicauannya. Cara ini terbilang cukup ampuh dan dapat kalian terapkan dalam perawatan harian.

Waktu pemasteran burung cucak ijo Kalimantan yang baik dilakukan yaitu pada waktu pagi hari, siang hari, sore hari, dan semalaman penuh. Untuk pemasteran sendiri bisa dilakukan dengan cara memperdengarkan suara burung ciblek ngebran pada burung cucak ijo kalian.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sahabat kicau mania dan sobat pecinta burung yang telah membaca informasi diatas. Semoga informasi diatas dapat menambah ilmu kita tentang jenis cucak ijo Kalimantan.

Tak lupa juga kami memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Pesan dari kami, mari kita semua sayangi semua jenis hewan dengan cara merawatnya dengan baik dan kita harus menjaga alam serta lingkungan di sekitar kita. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.