Jenis Burung Kenari

5 min read

jenis burung kenari

Jenis burung kenari – Hai sobat pecinta burung, kalian ingin membeli burung kenari untuk peliharaan di rumah? Cocok nih kami sudah mengumpulkan jenis-jenis burung kenari terpopuler yang dapat kalian beli dan jadikan referensi.

Burung kenari banyak digemari oleh pecinta burung karena beberapa alasan yaitu memiliki warna bulu yang cantik, postur tubuh yang ideal dan ciri khasnya yaitu suara kicau yang bervariasi dan unik.

Sejarah singkat tentang burung kenari di temukan oleh Seorang pelaut Perancis bernama Jean de Berthan Cout pada abad ke 15. tempatnya di bagian timur laut Afrika.

Bagian timur laut Afrika atau biasa di sebut Kepulauan Canary terdiri atas tujuh pulau vulkanik yang berada di samudera atlantik, sebelah barat laut pesisir afrika. Kepulauan satu ini juga masih termasuk ke dalam negara Spanyol.

Sobat pecinta burung tertarik untuk memiliki dan memelihara burung kenari. Berikut kami telah menyajikan informasi tentang jenis burung kenari terpopuler, jenis burung impor dan jenis burung kenari termahal.

Jenis Burung Kenari Terpopuler di Indonesia

Berikut adalah jenis burung kenari terpopuler di Indonesia dan jenis-jenis burung kenari berikut merupakan yang banyak dicari dan di minati oleh pecinta burung. Kalian juga ingin membeli burung kenari berikut rekomendasinya.

1. Burung Kenari Roller

burung kenari roller
hewany.com

Burung kenari roller merupakan jenis burung kenari yang terpopuler di Indonesia, karena memiliki suara kicau yang sangat keren dan bervariasi. Karakteristik burung kenari roller cenderung lincah dan tahan banting sehingga cukup mudah untuk di budidayakan atau ternak.

Ciri-ciri fisik burung kenari yaitu memiliki ukuran tubuh sekitar 7,5cm, warna tubuhnya di dominasi oleh warna kuning, dan memiliki dagu bergelembung dari bawah paruh sampai pangkal leher.

Ciri khas burung kenari roller ini yaitu saat berkicau suaranya bisa ngerol, suara kicaunya melengking, dan suaranya sangat bervariasi.

2. Burung Kenari Border

burung kenari border
kamuharustau.com

Burung kenari terpopuler di Indonesia kedua yaitu jenis kenari border. Burung kenari border mempunyai keunikan yaitu tubuhnya yang cenderung bulat. Habitat asli burung ini berasal dari wilayah perbatasan (border) Inggris dan Skotlandia.

Ciri-ciri fisik burung kenari border yaitu tubuhnya berukuran kecil sekitar 14 cm, bulu tubuhnya berwarna kuning terang, dan pada bagian ekornya berwarna putih yang samar-samar.

Burung kenari border ini banyak di minati karena memiliki bentuk tubuh yang menggemaskan dan tentunya mempunyai suara kicau yang bervariasi, unik dan merdu.

3. Burung Kenari Yorkshire

burung kenari yorkshire
hypetuts.com

Burung kenari Yorkshire adalah jenis burung kenari yang mungkin kita lebih mengalnya dengan istilah Kenari YS. Burung kenari Yorkshire merupakan burung impor yang berasal dari negara eropa khususnya dataran Inggris milik ratu elizabet, dan daerah Amerika.

Burung kenari Yorkshire merupakan anakan hasil persilangan antara 2 burung kenari yaitu burng kenari lancashire dan burung kenari belgia.

Ciri fisik yang terlihat pada burung kenari Yorkshire yaitu Warna bulunya didominasi oleh warna kuning, sedikit ada warna putihnya, dan sedikit juga ada warna hitam kecoklatan pada bagian leher. Untuk karteristik tubuhnya yaitu postur tubuhnya besar.

4. Burung Kenari  Lizard

burung kenari lizard
sudutkebun.com

Burung kenari lizard adalah jenis burung kenari yang Termasuk ke dalam golongan burung kenari tertua. Burung kenari Lizard ini Mulai dikembangbiakkan sejak tahun 1700-an. Burung kenari lizard ini juga unik yaitu memilki warna corak bulu seperti kadal.

Ciri -ciri fisik burung kenari lizard yaitu memiliki corak bulu seperti corak sisik kadal maka dari itu disebut lizard, dan warna kepala di balut dengan bulu warna kuning yang sangat cantik.

5. Burung Kenari Gloster

burung kenari gloster
hewanee.com

Burung kenari Gloster adalah  jenis burung kenari yang tergolong cukup tua, sudah ada sekitar tahun 1950-an. Burung kenarai Gloster ini Mempunyai dua jenis yaitu Corona dan Cornsort. Perbedaan: Kenari Gloster Corona mempunyai jambul, sementara Kenari Gloster Cornsort tidak punya.

Ciri fisik yang dapat kita lihat pada burung kenari Gloster yaitu memiliki jambul yang sangat unik pada kepalanya, dan warna tubuhnya berwarna coklat bercorak hitam.

Jenis Burung Kenari Impor

Burung kenari banyak diminati karena beberapa alasan, yaitu karena suara kicaunya, postur tubuh, dan warna tubuhnya yang cantik. Tak heran jika jenis burung satu ini banyak digandrungi orang dari seluruh kalangan.

Untuk sahabat kicau mania yang penasaran dengan jenis-jenis burung kenari impor tercantik dan banyak peminatnya, berikut adalah jenis-jenisnya.

1. Burung Kenari Frill

burung kenari frill
pinhome.id

Burung kenari Frill adalah jenis burung kenari impor yang berasal dari Negara Belanda. Burung kenari Frill ini memiliki ciri khas yang sangat unik yaitu memilki Bulu yang tidak beraturan yang membuatnya berbeda dengan burung kenari jenis yang lain.

Ciri fisik yang dapat kita lihat pada burung kenari Frill yaitu memiliki bulu yang tumbuhnya tidak beraturan, dan warna tubunya di dominasi oleh warna kuning dan putih. Ukuran panjang tubuhnya berkisar antara 21 sampai 23 cm.

Ada tiga varian kenari Frill yang populer, yaitu Fin, Jabot, dan Mantle. Varian Fin memiliki bulu di sekitar paha sampai sayap. Jabot bulunya ada di bagian dada dan berbentuk kebulatan, sedangkan mantle bulu uniknya ada di punggung. Keunikan bulunya adalah daya tarik utama burung kenari jenis Frill ini.

2. Burung Kenari Lancashire

burung kenari lancashire
tribunnewswiki.com

Burung Kenari Lancashire adalah jenis burung kenari impor atau burung kenari mancanegara. Burung kenari Lancashire ini berasal dari daerah Perancis Jean De Berthan Cout di Pulau Canary.

Ciri fisik pada burung kenari lancashire yang dapat kita lihat yaitu memiliki bulu seperti topi yang terletak pada kepala, warna tubuhnya di dominsai oleh warna kuning terang dan warna corak warna putih. Untuk karakteristik tubuhnya yaitu Memiliki postur tubuh yang gagah dan tegap.

3. Burung Kenari Stafford

burung kenari stafford
pawanghewan.co

Burung kenari stafford merupakan jenis burung kenari impor yang berasal dari Inggris. Kenari stafford ini cukup unik yaitu memiliki tubuh yang mungil dan menggemaskan.

Ciri-ciri fisik burung kenari stafford yaitu ukuran panjang tubuhnya hanya sekitar 12 cm, bulu tubuhnya berwarna merah mawar dan merah cerah, dan terdapat jambul di bagian kepalanya.

Burung ini banyak diminati karena perawatannya mudah, tahan terhadap penyakit, dan tentunya karena memiliki suara kicauan yang panjang dan kuat. Bulu kenari stafford ini terdiri atas tiga jenis, yaitu mosaic, frosted, dan non-frosted.

4. Burung Kenari Scotch Fancy

burung kenari scotch fancy
id.pinterst.com

Burung kenari scotch fancy adalah jenis burung kenari impor yang berasal dari Skotlandia. Ciri khas burung kenari scotch fancy yaitu memiliki postur tubuh yang sedikit membungkuk.

Ciri-ciri fisik burung kenari scotch fancy yaitu tubuhnya berukuran sekitar 18 cm, bulu tubuhnya di dominasi warna kuning dan terdapat aksen putihnya pada bagian sayap dan ekor.

Jenis kenari scotch fancy ini banyak diminati dan di pelihara karena memiliki suara kicau yang nyaring dan memiliki postur yang proposional.

5. Burung Kenari Crested

burung kenari crested
pinterst.com

Burung kenari crested merupakan salah satu jenis kenari impor yang menjadi primadona karena memiliki jambul yang keren di bagian kepalanya yang menyerupai rambut.

Ciri-ciri fisik burung kenari crested yaitu memiliki jambul yang menutupi setengah bagian wajahnya, panjang tubuhnya sekitar 11 cm, dan bulunya berwarna kuning, serta juga ada yang warna merah.

Habitat asli kenari crested yaitu berasal dari Skotlandia. Karakter burung kenari crested mereka adalah jenis kenari yang tidak agresif dan pemalu.

Jenis Burung Kenari Termahal

Pada umumnya burung kenari dijual dengan mahal apabila telah memenangkan suatu perlombaan. Akan tetapi, dua jenis burung kenari ini berbeda karena sudah memiliki nilai jual yang cukup fantastis sejak lahir. Berikut jenis burung kenari termahal.

1. Burung Kenari Spanish Timbardo

burung kenari spanish timbardo
jalaksuren.net

Burung kenari Spanis Timbrado adalah Jenis burung kenari yang merupakan salah satu jenis kenari import atau kenari mancanegara. Kenari Spanis Timbrado ini berasal dari daerah Spanyol. Karakteristik burung kenari ini yaitu memiliki suara yang sangat nyaring.

Ciri-ciri fisik burung kenari Spanis Timbrado yaitu memiliki tubuh yang tegap dan kokoh. Untuk warna tubuhnya burung kenari Spanis Timbrado ini di dominasi warna putih dan corak-corak berwarna hitam.

Kemampuan istimewa dari burung kenari Spanis Timbardo yaitu mampu menyanyikan 12 nada suara yang berbeda. Sehingga burung kenari ini banyak digemari di kalangan sahabat kicau mania dan memiliki harga yang cukup fantastis yaitu mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 15 juta tergantung kualitas suara kicauannya.

2. Burung Kenari Jambul

kenari jambul
paragraf.or.id

Burung kenari jambul atau yang biasa di sebut dengan crested canary merupakan salah satu jenis burung kenari termahal. Kenari jambul ini bisa mahal karena memiliki keunikan yaitu terdapat jambul seperti mahkota di bagian kepalannya.

Ciri burung kenari jambul yaitu bodinya gemuk, kepalanya besar, dan panjangnya sekitar 11,5 cm. Burung kenari jambul ini dijual dengan harga yang cukup fantastis yaitu dengan harga Rp 2 jutaan hingga Rp 7 jutaan.

Penutup

Kami ucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu kita tentang jenis burung kenari. kami juga ada pesan untuk kita semua cintailah dan rawatlah burung peliharaan dengan baik dan benar.

Kami juga mengucapkan mohon maaf jika dalam artikel ini ada kesalahan kata dalam penulisannya, dan jangan lupa share artikel ini dan terus support roizzul.com agar menjadi web besar yang selalu berbagi ilmu pengetahuan seputar burung. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *