Cara Merawat Cucak Cungkok

3 min read

burung cucak cungkok

Cara merawat cucak cungkok- Burung cucak cungkok atau (Chloropsis hardwickii) adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara sangat bervariasi. Selain itu, burung cucak cungkok ini merupakan jenis burung yang kerap dijadikan masteran untuk burung murai batu.

Burung cucak cungkok bukanlah jenis burung endemik Indonesia, melainkan burung yang habitatnya berasal dari daerah pegunungan Himalaya ataupun dari wilayah kawasan Semenanjung Malaka.

Cucak cungkok ini banyak penggemarnya karena memiliki suara kicauan yang lantang dan tampilannya sangat menarik. Selain itu, perawatan burung cucak cungkok ini cukup mudah.

Apabila kalian ingin memiliki burung cucak cungkok alangkah baiknya pesan dahulu di toko burung kepercayaan sahabat, karena untuk mendapatkan burung ini harus di datangkan terlebih dahulu dari daerah asalnya.

Jika kalian sudah mempunyai burung cucak cungkok, langkah selanjutnya yaitu pahami karakteristik burung dan cara merawat burung cucak cungkok supaya rajin bunyi atau gacor.

Karakteristik Cucak Cungkok

burung cucak cungkok
jalaksuren.net

Mengenali dan memahami karakteristik burung sangatlah penting untuk mengetahui mana jantan dan betina. Karena burung cucak cungkok jantan dan betina memiliki karakteristik yang berbeda.

Ciri-ciri Fisik Burung Bucak Cungkok Jantan:

  • Bagian tubuh bulunya didominasi warna hijau dan kuning
  • Bagian dada sampai pangkal ekornya berwarna kuning cerah
  • Bagian ekornya berwarna biru tua kehitaman
  • Bagian sayapnya berwarna hitam dan biru tua yang mengkilap
  • Mempunyai topeng

Ciri-ciri Fisik Burung Cucak Cungkok Betina:

  • Bagian tubuh bulunya didominasi warna hijau
  • Bagian dada sampai pangkal ekornya berwarna kuning pudar
  • Bagian ekornya berwarna hijau
  • Bagian dagunya berwarna biru metalik yang pucat
  • Tidak mempunyai topeng

Perbedaan Cucak Cungkok Jantan dan Betina:

  • Ukurannya cucak cungkok jantan lebih besar daripada cucak cungkok betina.
  • Topeng cucak cungkok jantan memiliki sedangkan cucak cungkok betina tidak memiliki topeng.

Cara Merawat Cucak Cungkok Supaya Rajin Bunyi

Cara Merawat Cucak Cungkok Supaya Rajin Bunyi
jalaksuren.net

Apabila kalian sudah mengetahui karakteristik burung cucak cungkok jantan dan betina. Jika kalian ingin burung cucak cungkok rajin berbunyi langkah pertama yang kalian pilih yaitu jenis cucak cungkok jantan.

Burung cucak cungkok jantan sangat cocok untuk di ikutkan perlombaan karena memiliki suara kicau yang tajam dan mbeset-mbeset. Selain itu suara kicau khas cucak cungkok jantan ini bisa kalian gunakan untuk memastering burung lainnya.

Cara merawat burung cucak cungkok sebenarnya tidak jauh berbeda dari cucak ijo. Namun jika kalian ingin menjadikannya rajin bunyi, terutama untuk masteran maupun kelangenan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan seperti berikut:

1. Memandikan Cucak Cungkok

Tips yang perlu di perhatikan untuk membuat burung cucak cungkok rajin bunyi yaitu cara memandikannya. Waktu yang tepat untuk memandikan burung cucak cungkok yaitu di waktu pagi hari sekitar pukul 07.00 hingga 07.30.

Alangkah baiknya sebelum memandikan burung cucak cungkok kalian angin-anginkan terlebih dahulu. Setelah di angin-anginkan, kalian bisa langsung memandikan burung cucak cungkok menggunakan alat penyemprot burung.

Dalam waktu 1 minggu kalian bisa memandikan burung cucak cungkok ini sebanyak 3 kali. Manfaat memandikan burung cucak cungkok dengan benar dapat membuat burung terjaga kebersihannya dan kesehantannya.

2. Penjemuran

Setelah memandikan burung cucak cungkok, langkah yang tidak boleh tertinggal yaitu proses penjemuran. Proses penjemuran ini sangatlah penting untuk semua jenis burung termasuk burung cucak cungkok ini.

Burung cucak cungkok salah satu jenis burung yang butuh dijemur rutin setiap pagi, maupun selesai mandi. Dalam waktu 1 hari kalian dapat menjemur burung cucak cungkok maksimal selama 2 jam.

Pada saat penjemuran pastikan bulu serta bagian tubuh lainnya telah kering sempurna sebelum dimasukkan ke kandang atau sangkarnya. Manfaat penjermuran ini bertujuan untuk menjaga kesehatan burung.

3. Kebersihan Kandang Atau Sangkar

Salah satu hal yang tidak lepas dari perawatan burung yaitu kebersihan kandang atau sangkar si burung. Apabila kandang burung bersih dapat menambahkan kenyamanan dan tentunya untuk menjaga burung dari kuman yang menempel pada kandang.

Burung cucak cungkok ini terkenal cukup sensitif terhadap kebersihan kandangnnya. Manfaat menjaga kebersihan kandang yaitu memberi kenyamanan untuk burung cucak cungkon dan juga berimbas pada kesehatan mereka.

4. Pemberian Pakan

Pemberian pakan kepada burung itu harus sangat di perhatikan. Selain pemberian pakan utama kalian juga bisa memberikan pakan tambahan untuk burung cucak cungkok seperti ulat Hongkong, Kroto dan Buah-buahan segar.

Untuk pemberian pakan tambahan kalian juga harus mengatur jadwalnya dalam waktu satu minggu. pemberian pakan kroto dianjurkan 2 kali dalam waktu satu minggu sebanyak 1 sendok teh saja.

Pemberian pakan buah-buahan segar dapat kalian variasi seperti buah pisang, pepaya dan jenis buah lainnya. Manfaat pemberian pakan dengan tepat dan benar dapat menjaga stamina dan kesehatan burung.

5. Melatih Kicauan Atau Pemasteran

Cara terakhir yang dapat membuat burung cucak cungkok rajin bunyi yaitu dengan cara melatih kicau atau yang biasa di sebut dengan pemasteran. Melatih kicau atau pemasteran burung pada saat ini terbilang cukup mudah untuk saat ini yaitu hanya cukup memutarkan mp3.

Waktu pemasteran burung cucak cungkok bisa kalian lakukan pada malam hari, saat burung beristirahat. Kalian bisa memutarkan mp3 suara kicauan burung jenis lain dengan volume sedang sebagai pengantar tidur.

Manfaat melatih kicauan atau pemasteran yaitu supaya burung cucak cungkok rajin bunyi dan supaya burung ini memiliki variasi kicau dengan suara burung lain seperti burung murai dan burung kacer.

Makanan Burung Cucak Cungkok

makanan burung cucak cungkok
burungcantik.com

Dalam merawat burung hal yang tidak boleh di lupakan yaitu memperhatikan pakan yang di berikan untuk burung. Pastikan kalian memberikan pakan yang sesuai dan bergizi untuk burung cucak cungkok ini. Berikut makanan burung cucak cungkok:

1. Voer Burung

Pakan yang bisa kalian berikan untuk burung cucak cungkok yaitu voer burung. Pakan yang satu ini semakin penting untuk diberikan apabila kalian membersihkan sangkar dan mengganti pakanya.

Pastikan saat memberikan pakan voer burung, tak lupa juga kalian berikan air minum untuk mendampinginya. Pemberian pakan voer burung ini sesuaikan dengan kesukaan si burung.

2. Ulat Hongkong

Pemberian pakan ulat Hongkong yaitu sebagai pakan tambahan untuk menambahkan variasi pakan burung cucak cungkok. Untuk pemberian pakan ulat Hongkong dalam waktu 1 hari kalian dapat memberinya sebanyak 3-5 ekor saja.

3. Buah Segar

Untuk menambah nafsu makan burung cucak cungkok kalian dapat memberikannya pakan buah-buahan. Jenis buah-buahan yang dapat kalian berikan untuk burung ini yaitu seperti  pisang kepok, pepaya, apel, jambu biji dan sawo.

4. Kroto dan Jangkrik

Selain pemberian pakan ulat Hongkong, kalian juga bisa memberinya pakan berupa kroto untuk burung cucak cungkok. Dalam hal ini, kalian bisa memberikannya kroto segar 2 kali dalam seminggu. Untuk Porsinya sekitar 1 sendok teh.

Pemberian pakan jangkrik termasuk salah satu pakan tambahan yang disarankan untuk burung cucak cungkok. Setidaknya kalian bisa memberikan 2 jangkrik setiap harinya.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang telah membaca informasi atau cara-cara diatas. Semoga tips diatas dapat membantu kalian dalam merawat burung cucak cungkok dengan tepat dan benar.

Kami juga memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Tak lupa juga kami mengingatkan untuk kita semua, supaya menyayangi hewan peliharaan dan selalu menjaga lingkungan sekitar supaya tetap alami serta asri. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.