Jenis Makanan Burung Ciblek

4 min read

jenis makanan burung ciblek

Jenis Makanan Burung Ciblek- Hai sobat pecinta burung, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang jenis makanan burung ciblek. Sobat pecinta burung memiliki burung ciblek dirumah? Kalian wajib mengetahui jenis makanan burung ciblek ini.

Pemberian makanan yang tepat dan benar untuk burung ciblek itu sangat lah penting dan tentunya dapat mempengaruhi tumbuh kembang serta kesehatan si burung tersebut.

Burung ciblek juga terkenal dengan jenis burung fighter (petarung) yang cukup aktif dan burung ciblek ini juga terkenal dengan suara kicaunya yang ngebren dan gacor, sehingga burung ini banyak di jadikan sebagai burung masteran.

Untuk menjadikan burung ciblek ini menjadi gacor tentu tidak mudah dan harus memberikan perawatan yang cukup ekstra. Selain memperhatikan perawatan burung ciblek, kita juga harus memperhatikan makanannya.

Pemberian pakan untuk burung ciblek ini harus berprotein tinggi dan tentu bergizi, untuk menjaga kesehatan si burung dan staminanya. Berikut makanan burung ciblek gacor:

Makanan Burung Ciblek Gacor Rawatan Harian

Makanan Burung Ciblek Gacor
id.wikipedia.org

Burung ciblek pada habitat aslinya di alam, mereka merupakan jenis burung pemakan serangga. Akan tetapi, jika kita merawat burung ciblek dirumah kita bisa memberikan pakan yang cukup bervariatif.

Pemberian pakan untuk burung ciblek ini tidak boleh asal-asalan. Berikut makanan burung ciblek gacor yang bergizi dan tentunya berprotein tinggi:

1. Kroto

kroto
berempat.com

Makanan pertama yang mengandung protein tinggi untuk burung yaitu kroto. Kroto ini merupakan salah satu makanan favorit burung ciblek. Kandungan protein yang terdapat pada kroto sudah tidak diragukan lagi.

Pemberian pakan kroto ini bertujuan untuk membuat  burung ciblek agar rajin berbunyi dan selalu sehat. Akan tetapi perlu diingat, pemberian kroto secara berlebihan beresiko membuat burung ciblek over birahi dan membuat tubuhnya menjadi panas.

Untuk pemberian pakan kroto ini perlu di perhatikan dosis atau takarannya. Alangkah baiknya pemberian pakan kroto untuk burung ciblek cukup dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Ulat Hongkong

ulat hongkong
rumahmesin.com

Makanan burung ciblek yang mengandung protein tinggi selain kroto yaitu ulat Hongkong. Pemberian pakan ulat Hongkong ini sangatlah umum di kalangan para sahabat pecinta burung.

Pemberian pakan ulat Hongkong ini sangat cocok untuk burung ciblek karena ukurannya yang tidak terlalu besar membuatnya tidak kesulitan untuk memakannya. Dianjurkan untuk memberikan ulat Hongkong yang masih muda dan potong kepala ulatnya terlebih dahulu sebelum di berikan untuk burungnya

Pemberian pakan ulat Hongkong ini juga dilarang melebihi takaran, karena efek sampingnya dapat menyebabkan masalah penglihatan burung ciblek seperti penyakit katarak.

Oleh karena itu, untuk menghindari efek samping dari pemberian pakan ulat Hongkong kalian harus sesuaikan dengan takarannya. Kalian bisa memberikan ulat Hongkong untuk makanan burung ciblek ini sebanyak lima ekor di pagi dan sore hari. 

3. Ulat Kandang

ulat kandang
pinhome.id

Jenis serangga yang bisa kamu berikan untuk makanan burung ciblek adalah ulat, terutama ulat kandang. Sama halnya dengan serangga pada umumnya, ulat kandang juga mengandung jumlah protein yang cukup tinggi.

Perbedaan antara ulat kandang dan ulat Hongkong terletak pada ukuran tubuhnya. Ulat kandang memiliki tubuh yang lebih kecil dan pendek dibandingkan dengan ulat Hongkong.

Ulat kandang ini meskipun ukuran tubuhnya kecil, ulat ini cukup populer dan banyak di jadikan favorit sebagai pakan burung ciblek karena memiliki manfaat membuat burung ciblek menjadi rajin bunyi dan gacor.

Pada umumnya pemberian pakan ulat Hongkong yaitu saat menjelang musim hujan. Karena ulat Hongkong ini dapat menghangatkan burung ciblek dikala sedang kedinginan di saat musim hujan tiba.

Hal yang perlu di hindari yaitu pemberian pakan ulat Hongkong di saat musim panas atau kemarau. Karena ulat Hongkong adalah ulat yang berdarah panas. 

4. Jangkrik

jangkrik
kacer.co.id

Serangga yang merupakan makanan favorit burung ciblek yaitu jangkrik. Karena serangga jangkrik ini terkenal karena memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan burung ciblek.

Pemberian pakan jangkrik ini sangat bagus karena serangga jangkrik mengandung  protein, lemak, karbohidrat, asam amino, dan lain sebagainya. Sehingga dapat mempercepat pertumbuhan si burung dan membuat gacor.

Berikan pakan jangkrik secara rutin dan sesuaikan dengan takarannya supaya kesehatan burung ciblek tetap terjaga. Pada umumnya berikan pakan jangkrik satu ekor saja pada pagi hari dan satu ekor juga pada sore hari secara rutin.

Saran pemberian pakan jangkrik dengan cara bagian kepala, kaki, dan sayap sebaiknya dibuang saja, karena cukup sulit untuk dikonsumsi dan jika tidak di buang terlebih dahulu dapat mengakibatkan cedera pada tenggorokan burung ciblek.

5. Telur Puyuh Rebus

telur puyuh
resepnya.my.id

Telur puyuh rebus merupakan pakan tambahan untuk burung ciblek. Akan tetapi, telur puyuh rebus ini terdapat protein dan kandungan gizi yang baik dan lebih tinggi dari pada telur ayam ataupun telur bebek.

Tidak hanya tinggi protein saja, ternyata telur puyuh memiliki kandungan kolin yang bermanfaat bagi perkembangan otak sehingga dapat mempercepat proses pemasteran.

Manfaat pemberian pakan telur puyuh rebus ini dipercaya dapat meningkatkan memori burung, dapat mempertajam warna bulu dan meningkatkan metabolisme serta mendongkrak energi si burung.

Pemberian pakan telur puyuh rebus sama hal nya dengan pakan yang lain yaitu harus sesuai dengan takarannya. Pemberian telur puyuh rebus cukup 2 hingga 3 kali dalam satu minggu. Untuk menghindari burung menjadi obesitas, karena telur puyuh mengandung lemak yang cukup tinggi.

6. Voer Lembut dan Susu Bubuk

voer burung ciblek
shopee

Selain kalian berikan pakan alam dari jenis serangga, kalian juga bisa memberikan pakan wajib harian yaitu voer burung. Voer burung ini memiliki kandungan mineral, protein, dan zat-zat lainnya yang bisa menjaga kesehatan dan stamina si burung.

Saran penyajian voer burung, kalian sesuai kan voer dengan jenis burung dan berikan voer yang bertekstur lembut agar mudah dicerna. Kalian juga bisa membelikan burung ciblek kesayangan pakan voer yang kandungan proteinnya sekitar 12 hingga 18 persen.

Agar tambah bernutrisi, kalian bisa menaburi voer dengan tambahan susu bubuk, sesuai dengan jumlah takaran yang pas. Jika burung ciblek kalian berasal dari tangkapan alam liar, ada kemungkinan dia membutuhkan waktu untuk mau menyantap voer karena pada habitat aslinya dia tidak pernah memakannya.

7. Air Jahe dan Air Rebusan Buah Megkudu

buah mengkudu dan jahe
faktualnews.co

Buah mengkudu dipercaya dapat meningkatkan stamina dan kesehatan burung ciblek. Akan tetapi, ada cara-cara khusus untuk membuatnya menjadi sebuah pakan burung.

Pastikan buah mengkudu yang kalian gunakan sudah matang atau masak di pohon, kemudian bersihkan dengan air mengalir. Langkah selanjutnya, kalian bisa merebusnya hingga matang. Lalu, saring air hasil rebusan buah mengkudu dan berikan untuk burung ciblek ketika kondisi air rebusan sudah dingin. 

Supaya khasiatnya keluar dan semakin mantap, kalian juga bisa tambahkan dengan air jahe yang dipercaya dapat membuat tenggorokan burung menjadi semakin plong dan lega. Dengan air jahe, di percaya burung ciblek akan mampu lebih berenergi dan memiliki suara yang lebih keras.

Saran pemberian pakan racikan air rebusan buah mengkudu dan air jahe yaitu saat burung ciblek akan di ikutkan lomba, supaya burung ciblek menjadi lebih gacor. Selain itu kalian bisa memberikan racikan ini pada saat burung sedang sakit.

Pakan Untuk Burung Ciblek Anakan

pakan burung ciblek anakan
pinhome.id

Tentunya jelas beda antara makanan burung ciblek anakan dan burung ciblek dewasa. burung ciblek anakan belum bisa mengkonsumsi makanan yang kalian berikan untuk burung ciblek dewasa.

Burung ciblek anakan harus diberikan makanan yang lembut dan lunak sehingga memudahkan burung ciblek anakan dalam proses pencernaannya. Berikut jenis-jenis pakan untuk burung ciblek anakan:

1. Makanan Lembut dan Lunak

Apabila kalian sedang merawat burung ciblek anakan yang baru lahir atau menetas, kalian bisa memberikannya makanan yang lembut dan lunak. Seperti sun bayi atau bubur bayi.

Kalian juga bisa meracik makanan yang lembut untuk anakan burung ciblek supaya membantu tumbuh kembang si burung. Burung ciblek anakan hasil ternakan bisa kamu pisahkan dari indukannya pada saat berumur kurang lebih 10 hari setelah penetasan.

2. Campuran Voer Burung

Selain pemberian makanan yang lembut dan lunak untuk burung ciblek. Kalian juga bisa memberikannya voer burung campuran dengan air hangat. Pencampuran voer dengan air hangat bertujuan untuk menjadikan adonan voer menjadi halus dan mudah untuk di cerna burung ciblek anakan.

Cara penyajian kalian bisa ambil voer secukupnya untuk makanan burung ciblek anakan, lalu kalian bisa mencampurkannya dengan sedikit air hangat sampai jadi adonan halus seperti bubur bayi.

Kemudian cara memberikannya makan untuk burung ciblek anakan yaitu dengan cara di loloh menggunakan alat suntikan atau barang lainnya. Memberi pakan anakan burung ciblek ini bisa kalian berikan dalam waktu 1-2 jam sekali supaya perkembangan mereka bisa tumbuh dengan cepat.

Penutup

Kami ucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang telah membaca artikel ini. Semoga kita mendapatkan manfaat dan dapat memahami ilmu tentang jenis makanan burung ciblek.

Kami tidak lupa juga memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya, dan jangan lupa untuk kita semua, kami berpesan jagalah lingkungan dan alam sekitar kita supaya terhindar dari kepunahan hewan-hewan seperti burung ciblek ini. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.