Tips Mudah Memelihara Burung Ciblek Untuk Lomba

4 min read

burung ciblek

Tips Mudah Memelihara Burung Ciblek Untuk Lomba– Hai sahabat kicau mania. Burung ciblek merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki ukuran kecil dan memiliki sifat teritorial dalam habitatnya.

Burung ciblek ini juga memiliki suara kicau yang cukup gacor dan khas. Selain itu, burung ciblek juga dijadikan sebagai burung masteran. Penggemar burung ciblek ini cukup banyak terutama yaitu para sahabat kicau mania.

Sahabat kicau mania memiliki burung ciblek dirumah, akan tetapi burungnya tidak gacor?. Kami akan membagikan cara mudah merawat burung ciblek supaya gacor dan menjadi juara saat lomba, sebagai berikut:

Cara Mudah Merawat Burung Ciblek Untuk Menjadi Juara Lomba

cara mudah merawat burung ciblek
Agrotek.id

Tentunya setiap burung ciblek mempunyai kepribadian masing-masing. Akan tetapi kita harus memahami karakter burung dan memahami cara perawatan burung ciblek supaya bisa menjadi juara di perlombaan. Berikut cara mudah merawat burung ciblek untuk menjadi juara lomba:

1. Pahami Karakter dan Ciri Burung Ciblek

Langkah pertama merawat burung ciblek juara yaitu pahami karakter burungnya. Cara mengamati karakter si burung yaitu pada umumnya kita analisa dan amati keseharian burung, agar nanti untuk mengikuti kemauan dan kebiasaan si burung sangat mudah.

Ciri burung ciblek merupakan jenis burung yang memiliki postur tubuh mini namun terkenal sebagai burung petarung yang sejati (fighter).Selain itu, ciri khas burung ciblek yaitu sering mengeluarkan suara ngebren atau nada tembakan.

Habitat burung ciblek pada umumnya sangat senang berkembang biak di daerah persawahan, bukit, ladang terbuka dan gunung, yang tidak begitu rimbun dan cenderung di wilayah yang daerahnya bersuhu cukup panas.

2. Pilih Pakan Utama yang Bagus dan Disukai Oleh Burung

Setelah kalian mengetahui karakter dan ciri burung ciblek juara, kalian harus mengetahui pakan utama yang di sukai oleh si burung. Supaya burung semakin nurut dan tentunya semangat saat berkicau.

Selain pakan yang disukai oleh burung, kalian harus memberikan pakan yang bergizi supaya si burung juga tetap terjaga kesehatannya. Pakan utama harian burung ciblek yaitu sangat menyukai ulat-ulat kecil, seperti ulat daun atau pohon, ulat kandang dan ulat Hongkong.

Dengan pemilihan pakan harian yang bagus dan disukai oleh burung dapat membuat pertumbuhan burung ciblek semakin bagus, sehat dan dapat membuat stamina kicaunya semakin gacor.

Tips Perawatan yang Benar Burung Ciblek Menjelang Lomba

Tips Perawatan yang Benar Burung Ciblek Menjelang Lomba
jalaksuren.net

Bagi teman-teman pemula yang belum pernah melombakan burung ciblek, baik dalam latberan, latpres, maupun lomba, ada beberapa variasi persiapan burung ciblek menjelang lomba.

Sebelum mengikuti lomba kalian terlebih dulu harus mempersiapkan burung ciblek dengan baik dan benar selama 2 minggu sebelum perlombaan. Tujuan perawatan 2 minggu sebelum lomba untuk membuat burung siap menghadapi lawannya.

Berikut kami telah membagikan tips perawatan yang benar burung ciblek menjelang lomba selama 2 minggu sampai hari perlombaan dimulai:

1. Persiapan Burung Ciblek Menjelang Lomba H-14 atau 2 Minggu Sebelum Lomba

Perawatan burung ciblek menjelang lomba yang dilakukan pada saat H-14 atau 2 minggu sebelum hari perlombaan yaitu :

  • Burung ciblek yang ingin diikutkan dalam sebuah perlombaan diusahakan agar tidak melihat burung sejenisnya atau lawan jenisnya supaya tidak terjadi birahi.
  • Burung ciblek diembun-embunkan setiap hari, hal ini bertujuan untuk menambah energi burung dan membuat suara kicauannya meningkat. Selama pengembunan, kalian bisa memberikannya pakan seperti kroto.
  • Kemudian, berikan pakan tambahan seperti extra fooding dengan porsi yang normal atau seperti pada umumnya.
  • Berikan pakan voer burung yang harus terjaga kebersihannya, jika perlu 1 atau 2 hari sekali voer burung diganti dengan yang baru.
  • Bukan hanya pakannya, saja tapi kalian juga harus memperhatikan dan menjaga kebersihan air minumnya, berikan air minum yang bersih.
  • Pada H-14 atau 2 minggu sebelum lomba, kalian bisa memberikannya sebuah suplemen atau vitamin seperti BirdVit, pemberiannya cukup 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu.
  • Pemandian dan penjemuran tetap dilakukan setiap hari secara rutin.
  • Setelah dijemur, kemudian diangin-anginkan kemudian di krodong kembali.
  • Dengan catatan, kegiatan diatas hanya dilakukan selama 2 minggu atau sampai H-1 sebelum perlombaan.

2. Persiapan Burung Ciblek Pada Hari Perlombaan atau Hari H nya

Pada hari perlombaan tiba kalian harus benar-benar menyiapkan burung ciblek secara tepat dan benar, termasuk membersihkan sisa-sisa makan yang terjatuh pada sangkar atau kandang burung. Berikut beberapa persiapan lainnya yang harus dilakukan:

  • Pada saat pagi hari, burung ciblek dimandikan dengan cara disemprot secukupnya saja supaya burung terasa segar dan sekaligus membersihkan bulu burung dari kotoran dan debu yang menempel yang bisa mengurangi penampilannya.
  • Pada waktu perjalanan menuju tempat perlombaan, sangkar atau kandang burung kalian krodong dengan bahan yang tebal atau bisa juga kalian krodong double, hal ini bertujuan agar selama perjalanan burung merasa lebih nyaman dan terhindar dari debu dan asap kendaraan.
  • Ketika tiba ditempat lomba atau sekita 1 sampai 2 jam sebelum burung digantung atau digantang di padok lomba, alangkah baiknya kalian melakukan pembukaan krodong sangkar burung kemudian di gantung sebentar untuk membuatnya beradaptasi dengan kondisi lingkungan perlombaan yang ramai dan suara- suara burung lainnya.
  • Setelah beberapa menit berlangsung atau sekitar 15 sampai 20 menit, burung kembali kalian krodong, dan krodong baru di buka kembali ketika akan di gantung atau saat memasuki paddock lomba.

Perawatan Harian Burung Ciblek Juara

Perawatan Harian Burung Ciblek Juara
trendburung.blogspot.com

Perawatan harian burung ciblek juara memang secara umumnya tidak jauh beda dengan perawatan burung biasa jenis lain. Akan tetapi ada sedikit perbedaan untuk perawatan burung ciblek supaya gacor.

Memiliki burung ciblek yang berkicau dengan gacor adalah impian para sahabat kicau mania dan ciblek mania. Oleh karena itu kita membagikan tips merawat harian burung ciblek juara sebagai berikut:

1. Tips Pemberian dan Pemilihan Pakan Bergizi Untuk Burung Ciblek

Pakan yang aman untuk dikonsumsi burung ciblek ini selain ulat-ulatan, yaitu kroto juga sangat baik diberikan namun jangan terlalu berlebihan. Memberikan kroto berlebihan juga berdampak tidak baik untuk si burung.

Selain pemberian ulat-ulatan dan kroto kalian juga harus memberikan pakan yang dapat menambah gizi burung seperti suplemen atau vitamin seperti BirdVit. Pemberian vitamin atau suplemen ini bertujuan untuk menunjang kesehatan burung ciblek.

2. Tips Memandikan Burung Ciblek

Hal yang harus kalian perhatikan dan dihindari dalam perawatan burung ciblek yaitu jangan sekali-kali kalian memandikan burung ciblek dalam kondisi setelah burung dijemur, karena akan berakibat fatal seperti membuat si burung bisa stres, dan birahinya tidak stabil, macet bunyi, drop, dan bahkan bisa sakit.

Cara memandikan burung ciblek yang benar yaitu kalian bisa menggunakan alat spray atau alat semprot burung secara pelan-pelan dan kalian juga bisa menyediakan wadah mandi di dalam sangkar burung supaya burung bisa mandi sendiri.

3. Tips Menjemur Burung Ciblek

Pada habitatnya burung ciblek ini suka di daerah atau wilayah yang memiliki suhu yang cukup panas. Oleh karena itu kalian wajib menjemur burung ini dengan waktu yang cukup lama yaitu kurang lebih sekitar 3 – 4 jam perharinya.

Alangkah baiknya pada saat penjemuran burung ciblek kalian juga berikan pakan tambahanEF terlebih dahulu. Pada umumnya dalam memberikan EF untuk burung ciblek ini, pada waktu pagi hari cukup berikan 3 ekor ulat hongkong dan 2 ekor jangkrik yang kecil-kecil.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung dan sahabat kicau mania yang telah membaca informasi diatas. Semoga informasi tentang Tips Mudah Memelihara Burung Ciblek Untuk Lomba dapat menambah wawasan kita semua dalam merawat burung ciblek juara.

Kami juga memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Tak lupa juga kami mengingatkan kita semua untuk selalu menyayangi binatang dan mencintai alam serta lingkungan di sekitar kita. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.