Tips Sukses Memelihara Murai Batu Albino

3 min read

murai batu albino

Tips sukses memelihara murai batu albino – Hai sobat pecinta burung, siapa sih yang tidak mengenal burung murai batu?. Burung murai batu merupakan salah satu jenis burung yang memiliki suara kicau merdu dan indah.

Selain itu, burung murai batu merupakan salah satu jenis burung yang banyak disukai dan bahkan banyak di miliki oleh para sahabat kicau mania. Karena burung murai batu adalah burung kicau dengan kasta tertinggi saat ini.

Daya tarik burung murai batu dengan seiring perkembangan zaman tidak melulu dari suaranya. Kini para sahabat kicau mania mulai melirik dari variasi warnanya, dulu hanya burung lovebird yang memiliki warna yang indah kini burung murai batu mulai ada penghobi dengan warna unik seperti murai batu albino ini.

Sahabat pecinta burung tertarik memiliki burung murai batu yang memiliki warna unik seperti murai batu albino?. Kalian bisa terlebih dulu mengetahui ciri-ciri burung murai batu albino sebagai berikut:

Ciri-ciri Burung Murai Batu Albino

murai batu albino
kecer.co.id

Burung murai batu albino, bukanlah sebuah spesies atau jenis burung murai dari suatu daerah seperti murai batu medan, murai batu nias, dan jenis murai daerah lainnya.

Burung murai batu albino merupakan jenis burung murai batu yang memiliki kelainan genetik yang di sengaja maupun tidak di sengaja (faktor alam). Kelainan x gen disebabkan oleh dari beberapa keturunan yang dikawinkan secara silang menyilang dan masih satu darah yang sama.

Ciri-ciri fisik burung murai batu albino yaitu memiliki warna bulu tubuh putih, mata berwarna merah, dan paruh berwarna putih juga. Sahabat pecinta burung semakin tertarik ingin memiliki burung murai batu albino?. Berikut tips dan trik mencetak burung murai batu albino mudah:

Tips dan Trik Mencetak Burung Murai Batu Albino Mudah

Tips dan Trik Mencetak Burung Murai Batu Albino Mudah
omkicau.com

Kami telah mengumpulkan data dari beberapa sumber dan mengumpulkan informasi yang kami dapat dari penangkar burung yang telah sukses mencetak burung murai batu albino.

Sebenarnya mencetak burung murai batu albino tidak selalu harus membeli indukan albino atau yang memiliki trah albino untuk mengeluarkan anakan baru albino.

Setidaknya sobat pecinta burung harus mengetahui dari trah atau keturunan keberapa, dengan genetik sedarah dari hasil silangan anakan burung siapan indukan yang berkwalitas terbaik.

Untuk mencetak hasil yang maksimal ada baiknya dari masing-masing indukan dari jenis yang sama berasal dari daerah tersebut, misalkan jantan murai batu medan x betina medan, dan usahakan indukan yang jantan memiliki ekor panjang sekitar 24cm.

Tips lebih mudahnya kalian bisa mengamati ilustrasi dari perkawinan silang yang dihasilkan oleh burung murai batu yang ingin mencetak anakan albino sebagai berikut :

1. Analisa Teori

  1. Indukan A (jantan) x Indukan B (betina) = Menghasilkan 3 Telur (Anakan  Murai Batu).
  2. Produksi pertama (P1) dengan : Anakan 1 (Jantan), Anakan 2 (Betina), Anakan 3 (Betina).
  3. Produksi kedua (P2) dengan : Anakan 1 (Jantan), Anakan 2 (Jantan).
  4. Produksi ketiga (P3) dengan : Anakan 1 (Betian), Anakan 2 (Jantan).
  5. Produksi ke empat (P4) dengan : Anakan 1 (Betian), Anakan 2 (Jantan), Anakan 3 (Jantan).
  6. Produksi kelima (P5) dengan : Anakan 1 (Jantan), Anakan 2 (Jantan), Anakan 3 (Jantan).
  7. Produksi ke enam (P6) dengan : Anakan 1 (Betina), Anakan 2 (Betina), Anakan 3 (Jantan).
  8. Produksi ke tujuh (P7) dengan : Anakan 1 (Jantan), Anakan 2 (Betina).

2. Praktek Menghasilkan Burung Murai Batu Albino

Kawinkan kembali indukan hasil dari anak-anakannya yang sedarah dari ketujuh turunan secara acak, semakin jauh tingkatan produksi ataupun keturunannya semakin pecah genenetik yang akan menghasilkan si murai batu albino ini.

Jika terlalu dekat rentang keturanannya disilangkan kemungkinan besar dan bisa saja menghasilkan anakan blorok, dimana warna bulu putihnya tidak mencapai 95% pada burung.

Hasil praktek mencetak anakan blorok dan albino:

  • P1/anakan 2 (betina) X P2/anakan 2 ( jantan) = Blorok
  • p1/anakan 1 (jantan) X P7/anakan 2 (betina) =Blorok
  • P1/anakan 1 (Jantan) x (P7) Anakan 2 (Betina) = Albino

Manfaat Memelihara Murai Batu Albino

ternak murai albino
jatim.inews.id

Burung murai merupakan burung kicau dengan kasta tertinggi, oleh karena itu banyak bos dan pengusaha sukses yang memiliki burung murai ini. Tentunya memelihara burung murai adalah suatu hal yang banyak di idamkan oleh para sahabat kicau mania.

Kami akan membagikan beberapa informasi pengalaman ternak burung murai. Selain pengalaman ternak burung murai, memelihara burung murai merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

1. Pengalaman Ternak Burung Murai Batu

Pengalaman dalam menangkar ataupun menternak burung murai batu ini sangatlah perlu dicoba, asalkan kalian siap dengan badget modal yang besar dan lumayan menguras isi dompet tentunya.

Apabila kita telah mendapatkan pengalaman ternak burung murai batu, pasti kedepannya kita akan semakin paham bagaimana cara yang tepat dan benar sehingga bisa mencetak anakan burung murai batu jawara.

2. Peluang Usaha Yang Hasilnya Cukup Menjanjikan

Manfaat yang sahabat dapat rasakan apabila berhasil menangkarkan burung murai batu unggulan yaitu bisa menjadi peluang usaha yang cukup besar dan tentu nilai jual burung murai batu ini sangat tinggi.

Apabila dianalisa dan dilihat dari sisi peluang usaha untuk dapat memproduksi dan menangkar burung murai batu ini adalah kesempatan emas bagi para pebisnis yang memiliki modal yang kuat dan besar.

Untuk harganya yang ditawarkan anakan burung murai batu albino bisa mencapai 10 jutaan bahkan lebih, itupun yang masih trotol umur dibawah 5 bulan, apalagi yang sudah dirawat hingga dewasa dan pernah mendapatkan juara pasti harganya sangat fantastis.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung dan sahabat kicau mania yang telah membaca informasi tentang tips sukses memelihara murai batu albino diatas. Semoga tips diatas dapat membantu kalian semua dalam menternak murai batu albino.

Kami juga memohon maaf kepada kalian semua apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Tak lupa juga kami mengingatkan untuk kita semua supaya mencintai serta merawat hewan kesayangan dengan baik dan selalu jaga lingkungan sekitar kita. ” Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.