Jenis Burung Parkit

3 min read

jenis burung parkit

Jenis Burung Parkit-Hai, para sobat pecinta burung ingin menambah dan mencari burung peliharaan yang lucu untuk dirawat dirumah?. Kali ini ada jenis burung parkit yang dapat kalian jadikan referensi burung peliharaan yang lucu dan memiliki warna yang indah.

Burung parkit ini merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer di kalangan pecinta burung. Karena burung ini sangat lucu dan mudah untuk diajak bermain.

Ciri khas dari burung parkit ini memiliki bentuk tubuh yang mungil dan cukup kecil. Selain itu burung ini memiliki keistimewaan yaitu burung parkit memiliki kecerdasan sangat tinggi, sehingga burung ini dapat menirukan suara manusia dan suara lain di sekitarnya.

Para sobat pecinta burung penasaran dengan jenis-jenis burung parkit terpopuler?. Berikut jenis-jenis burung parkit terpopuler yang dapat kalian jadikan peliharaan dirumah.

Jenis-Jenis Burung Parkit Terpopuler

jenis-jenis burung parkit terpopuler

Pada umumnya spesies burung yang termasuk jenis burung parkit adalah mereka yang memiliki paruh bengkok, ekor memanjang, dan ukuranya paling kecil dari semua kerabatnya tersebut.

Selain itu, burung parkit adalah salah satu jenis burung paruh bengkok yang masih memiliki kekerabatan dekat dengan burung peliharaan lainnya, yakni seperti burung lovebird, nuri bayan, dan kakatua.

Burung parkit ini memiliki beberapa spesies yang dapat di bedakan dari warna tubuhnya. Selain itu, warna tubuh pada burung parkit ini dapat mempengaruhi harga burung tersebut. Berikut jenis-jenis burung parkit terpopuler:

1. Parkit Lokal

burung parkit lokal
jalaksuren.net

Jenis burung parkit terpopuler pertama ada parkit lokal. Karakteristik burung parkit jenis ini hampir mirip dengan jenis parkit yang lain. Jenis burung parkit lokal ini sangat mudah sekali dijumpai di pasar burung.

Selain mudah untuk di jumpai di pasaran, burung parkit lokal ini memiliki harga jual yang terbilang cukup murah yaitu berkisar Rp 50.000 hingga Rp 80.000 per ekornya. 

Sobat pecinta burung memiliki budget pembelian burung yang cukup terbatas, burung parkit lokal ini bisa kalian jadikan salah satu referensi burung low budget yang dapat kalian beli.

Untuk warna dari burung parkit lokal ini memiliki warna dan pola yang kurang beragam. Akan tetapi burung parkit lokal tetap memiliki ciri khas yaitu lucu dan dan tentu suaranya yang indah.

2. Parkit Australia

burung parkit australia
pinhome.id

Jenis burung parkit terpopuler yang keuda yaitu parkit Australia (Nymphicus hollandicus). Sesuai dengan namanya parkit jenis ini merupakan burung endemik yang berasal dari Negeri kangguru, Australia.

Ciri khas burung parkit australiayaitu memiliki jambul pada bagian kepalannya. Burung parkit australia ini banyak menyebut burung ini sebagai burung kakatua mini.

Burung parkit australia ini merupakan jenis burung parkit terkecil dari jenis yang lainnya. Ciri khas selain memiliki jambul, burung parkit australia juga ada lingkaran berwarna merah atau oranye pada bagian pipinya.

Apabila sobat pecinta burung ingin membeli burung parkit australia atau burung falk, kalian harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Harga burung parkit australia berkisar Rp500.000 hingga 1.500.000.

3. Parkit Holland

burung parkit holland
dictio.id

Jenis burung parkit populer ketiga yaitu burung parkit Holland (Melopsittacus undulatus) atau yang biasa dikenal dengan parkit Belanda. Burung parkit Holland ini cukup populer di Jepang, dan merupakan jenis burung peliharaan favorit masyarakat Jepang.

Ciri fisik parkit Holland yaitu memiliki warna dengan corak kehitaman seperti gerigi pada bagian tengkuk, punggung, dan sayap. Burung parkit Holland juga memiliki ciri khas yaitu memiliki pola titik besar dan kecil di bawah paruh yang berjumlah sekitar enam titik.

Burung parkit Holland ini terkenal dengan burung yang mudah jinak dan loyal terhadap pemiliknya. Kalian tertarik untuk memiliki burung parkit Holland atau parkit belanda. Harga burung parkit Holland cukup terjangkau yaitu satu ekornya berkisar Rp500.000 hingga Rp600.000

4. Parkit Alexandrine

Parkit Alexandrine
pixabay.com

Burung parkit Alexandrine (Psittacula eupatria) merupakan jenis burung parkit yang berasal dari Asia. Secara umum tampilan fisik burung parkit Alexandrine ini mirip dengan burung betet biasa.

Sejarah nama Alexandrine ini diambil dari Alexander agung. Merupakan seorang tentara yang membawa burung parkit ini ke dunia barat setelah kembali dari perang ke Yunani.

Jenis burung parkit Alexandrine merupakan spesies tertua yang sudah dikenal sejak tahun 4 Sebelum Masehi. Untuk harganya burung parkit Alexandrie ini sangat mahal yaitu sekitar Rp 12 jutaan.

5. Parkit Rosella

Parkit Rosella
blacan.com

Burung parkit rosella merupakan jenis burung parkit yang berasal dari Australia. Jenis parkit rosella ini termasuk genus Platycercus yang bisa kalian jadikan pilihan burung peliharaan di rumah.

Ciri khas burung parkit rosella yaitu memiliki warna bulu yang sangat unik dan pola warnanya beraneka ragam. Selain itu, parkit rosella juga terkenal dengan kecerdasannya dan suaranya yang merdu.

Apabila sobat pecinta burung ingin memiliki burung parkit rosella kalian harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Untuk memilikinya kalian bisa membelinya dengan harga Rp 500.000

6. Parkit Taiwan

Parkit Taiwan
pinterest.com

Burung parkit Taiwan merupakan jenis burung parkit yang mudah beradaptasi pada iklim tropis, maka tidak perlu heran jika populasi mereka banyak hidup di Indonesia.

Ciri fisik burung parkit Taiwan yaitu mempunyai ukuran yang tergolong besar. Warna paruhnya adalah kuning, kakinya abu-abu, sedang di bagian sayap dan ekornya terdapat corak garis.

Jika sobat pecinta burung ingin memiliki burung parkit Taiwan, kalian harus mengeluarkan uang sebesar Rp125.000 untuk mendapatkan parkit taiwan anakan.

Gambar Burung Parkit

Berikut beberapa gambar jenis burung parkit yang dapat kalian lihat dan kalian jadikan sebagai wawasan ilmu pengetahuan baru. Supaya kalian mengetahui wujud dari beberapa jenis burung parkit yang ada di didunia ini.

1. Gambar Burung Parkit Australia

gambar burung parkit australia

2. Gambar Burung Parkit Lokal

gambar burung parkit lokal
agrozine.id

3. Parkit Biru

gambar burung parkit biru
pixabay.com

4. Parkit Albino

gambar burung parkit albino

5. Parkit Linnies (Parkit Berpalang)

gambar Parkit Linnies (Parkit Berpalang)
rahasiabelajar.com

6. Parkit Bourkies

gambar burung Parkit Bourkies
sutamuroku.com

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang telah membaca informasi ini, semoga informasi tentang jenis-jenis burung parkit ini dapat menambahkan pengetahuan kita semua tentang apas saja jenis burung parkit.

Tidak lupa kami juga mengingatkan untuk kita semua untuk selalu menjaga kelestarian alam di sekitar kita supaya ekosistemnya tetap terjaga dengan baik dan terutama supaya burung-burung yang indah di sekitar kita tidak punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *