Burung Tali Pocong

2 min read

burung tali pocong

Burung Tali Pocong – Hai, sobat pecinta burung dan sahabat kicau mania. Kali ini kami telah menyiapkan informasi tentang burung seriawang atau yang pada umumnya di sebut dengan burung tali pocong.

Apabila kita lihat dari namanya burung ini akan terlihat menakutkan, akan tetapi pada kenyataan tidak. Burung tali pocong merupakan salah satu burung yang sangat istimewa dan unik.

Burung tali pocong ini memang dari segi fisiknya sangat unik dan juga suara kicauannya sangat merdu, hal ini membuat burung tali pocong menjadi salah satu hewan yang paling banyak diminati oleh para sobat pecinta burung.

Julukan tali pocong atau tali mayit tersebut diberikan karena burung ini memiliki ekor yang panjang dan berwarna putih seperti tali pocong. Untuk mengetahui informasi lebih tentang jenis burung tali pocong sebagai berikut:

Jenis-jenis Burung Tali Pocong

jenis-jenis burung tali pocong
wanaswara.com

Burung Seriwang Asia atau burung tali pocong ini memiliki beberapa spesies, berikut adalah jenis-jenis burung tali pocong :

1. Terpsiphone Paradisi

Spesies burung seriwang asia yang satu ini memiliki bagian punggung dan ekor berwarna cokelat tembaga, sedangkan pada bagian perut dan dada dari spesies Terpsiphone Paradisi berwarna putih.

Selain itu, spesies Terpsiphone Paradisi ini memiliki iris mata berwarna coklat dengan sedikit titik hitam yang membedakannya dari spesies lain. Burung spesies ini memiliki jambul berwarna hitam dan kaki yang terbilang pendek.

2. Terpsiphone Paradisi Betina

Spesies Terpsiphone paradisi betina ini memiliki bagian punggung berwarna cokelat sedangkan pada bagian dada dan perutnya berwarna putih kusam.

Perbedaan spesies Terpsiphone Paradisi jantan dan betina dapat dilihat dari bagian ekornya. Spesies paradise betina memiliki ekor yang lebih pendek dari si jantan.

3. Terpsiphone Leucogaster

Burung Seriwang Asia atau burung Tali Pocong dengan spesies Terpsiphone Leucogaster memiliki ciri khas bagian bulu berwarna putih, sedangkan jambul dan kepalanya berwarna hitam.

Ciri fisik lainnya dari burung spesies ini yaitu memiliki iris mata berwarna hitam dan bagian sayapnya serta beberapa bulunya juga berwarna hitam.

Ciri-ciri Burung Tali Pocong Dan Habitatnya

ciri-ciri burung tali pocong dan habitatnya
ketiknews.id

Ciri-ciri fisik burung seriwang asia atau burung tali pocong memiliki  panjang tubuh kurang lebih sekitar 22 cm sedangkan pada bagian ekornya memiliki panjang sekitar 30 cm. 

Ciri fisik lainnya yaitu pada bagian kepalanya dan diatasnya terdapat bulu yang tegak seperti mahkota dan seluruh bagian tubuhnya berwarna putih sampai ke bagian ekornya juga berwarna putih hanya pada bagian sayapnya saja yang terdapat kombinasi warna hitam.

Ciri karakteristiknya burung seriwang Asia merupakan burung yang sangat berisik dengan suara panggilan khasnya yang terdengar tajam dan sering berburu sembari terbang yang mirip seperti burung elang, yang memiliki mata penglihatan sangat tajam.

Habitat spesies burung seriwang Asia merupakan Burung endemik di Asia. Wilayah persebarannya sangat luas mulai dari Turkistan, India, Srilangka, Korea Maladewa dan Indonesia khususnya di Pulau Sumba dan alot.

Makanan Burung Tali Pocong

Dalam kehidupannya di alam burung tali pocong ini memakan serangga kecil. Apabila kita merawat burung tali pocong dirumah kalian dapat memberinya makan voer sebagai makanan utamanya.

Selain pemberian pakan voer, burung tali pocong adalah burung pemakan serangga kecil. Kalian dapat memberikan pakan seperti jangkrik, ulat, dan jenis serangga kecil lainnya.

Harga Burung Tali Pocong

Harga jual burung tali pocong ini cukup beragam tergantung jenisnya dan biasanya dijual dengan harga yang cukup fantastis untuk seekor burung tali pocong yang belum gacor mencapai Rp300.000 per ekornya dan yang sudah gacor mencapai Rp500.000 per ekornya.

Harga burung tali pocong ini cukup mahal karena memiliki suara kicau yang cukup khas dan memiliki bentuk fisik yang cukup unik dan menarik. Oleh karena banyak sahabat pecinta burung yang ingin memiliki burung ini.

Reproduksi Burung Tali Pocong Di Alam Liar

reproduksi burung tali pocong di alam liar

Burung seriwang Asia atau burung tali pocong termasuk jenis burung monogami dalam mencari pasangannya yang berperan aktif justru burung betina biasanya burung betina akan memilih burung jantan yang benar-benar matang untuk dirinya.

Untuk sarang burung tali pocong dibangun oleh si burung jantan, dan telur akan dierami secara bergantian oleh induk jantan dan betina, letak tempatnya bersarang itu tidak terlalu tinggi, paling tidak ketinggiannya cuman 3 – 5 meter di atas ranting terbuka.

Gambar Burung Tali Pocong

1. Burung Tali Pocong Putih Jantan

burung tali pocong putih
agrozine.id

2. Burung Tali Pocong Coklat Betina

burung tali pocong coklat
jalaksuren.net

Kesimpulan & Penutup

Untuk kesimpulan dari informasi tentang burung tali pocong yaitu semoga kita dapat menjaga ekosistem burung tersebut. Supaya burung seriwang Asia atau burung tali pocong tidak terancam punah.

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung dan sahabat kicau mania yang telah membaca informasi diatas. Semoga informasi tentang burung tali pocong dapat menambah pemahaman kita terhadapa jenis-jenis burung.

Tak lupa juga kami memohon maaf kepada kalian semua apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Pesan dari kami cintailah semua jenis hewan dan rawatlah alam serta lingkungan sekitarnya.”Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.