Jenis Burung Jalak

9 min read

jenis burung jalak-roizzul.com

Haii sobat pecinta burung, siapa sih yang tidak mengenal jenis burung jalak. Burung Jalak adalah nama sekelompok burung yang terkenal dengan suara kicauannya yang sangat merdu.

Di negara Indonesia sendiri burung jenis jalak ini sangat lah banyak dan memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda. Selain itu masyarakat Indonesia juga banyak yang menternak atau membudidayakan burung jalak.

Masyarakat Indonesia sangat gemar sekali membudidayakan burung jalak ini karena memiliki suara kicauan yang begitu merdu dan burung jalak ini memiliki nilai jual yang begitu tinggi.

Burung jalak ini juga disebut- sebut sebagai burung yang cerdas dengan memiliki bentuk tubuh yang indah dan menawan. Selain itu burung jalak juga memiliki ketahanan fisik yang cukup kuat.

Untuk perawatan hariannya burung jalak ini terbilang cukup mudah, yaitu kita hanya memberikan makanan seperti buah, serangga, dan ulat.

Bagaimana nih para sobat burung tertarik tidak untuk memelihara burung jalak?. Sebelum sobat burung membeli burung jalak mari kita kenali terlebih dahulu jenis-jenis burung jalak.

Jenis- Jenis Burung Jalak

jenis burung jalak- roizzul.com

Jenis-jenis burung jalak terkenal sangat banyak dan populer di kalangan masyarakat. Kepopuleran dan ketenaran burung jalak ternyata tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun juga sampai ke mancanegara bahkan sampai ke seluruh dunia.

Jalak atau dalam bahasa Inggris sering di sebut starling merupakan sekelompok burung kicau yang berasal dari suku Sturnidae. 

Ciri fisik pada umumnya burung jalak ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 20 sampai 25 cm dan untuk perawakannya burung jalak ini memiliki tubuh yang gagah dan paruh yang tajam, kuat, serta lurus. 

Dari banyaknya jenis-jenis burung jalak kami akan memberikan informasi kepada sobat burung tentang jenis-jenis burung jalak terpopuler di Indonesia bahkan mancanegara sebagai berikut:

NOJenis- Jenis Burung Jalak
1. Jalak Eropa
2.Jalak Afrika
3.Jalak Tiong Mas
4.Jalak Rio / Jalak Tunggir Merah
5.Jalak Hongkong
6.Jalak Sutra / Jalak Kapas (Sturnus Sturninus)
7.Jalak Mawar/ Rosy Starling
8.Jalak Brahmana (Brahminy starling)
9.Jalak Filipina / Komukudori (Agropsar philippensis)
10.Jalak Thailand (Sturnus Nigricollis)

1. Jalak Eropa

Jalak Eropa
wallpaperbetter.com

Jenis atau Spesies Jalak Eropa juga dikenal sebagai Jalak Eropa Inggris. Jenis burung jalak ini dalam bahasa latin diberi nama Sturnus vulgaris.

Jenis Burung jalak Eropa ini sangat berbeda denga jenis jalak lainnya karena jalak Eropa sangat pintar dalam meniru berbagai jenis suara kicauan burung. Akan tetapi jalak eropa ini sering kali dianggap sebagai hama, karena banyak merusak lahan perkebunan para petani.

Untuk Habitatnya jalak Eropa banyak dijumpai di sekitaran negara-negara Eropa dan Asia Barat. Jenis burung jalak ini juga semakin luas persebarannya, yaitu di daerah Australia, Selandia Baru, Amerika Utara, Hingga Argentina.

Ciri-ciri karakteristik fisik Jalak Eropa antara lain yaitu memiliki panjang sekitar 20 cm, bulu hitam mengkilat dengan bintik-bintik putih, dan memiliki paruh berwarna hitam yang dapat berubah menjadi warna kuning ketika musim panas.

Hal ini membuat jalak Eropa ini sangat digemari oleh para pecinta burung, karena memiliki suara yang beragam dan mempunyai mata hitam yang tajam. Apabila sobat pecinta burung ingin memiliki burung jalak Eropa, burung ini dijual kisaran harga Rp 1,8 juta.

2. Jalak Afrika

jalak afrika
wallpaperbetter.com

Jenis jalak Afrika, atau yang sering kita ketahui dengan sebutan jalak Superb Starling. Burung jalak Afrika ini memiliki nama latin Lamprotornis Superbus.

Untuk suara Kicau burung jalak Afrika ini, mempunyai suara yang hampir mirip dengan kicau burung jalakHongkong dan burung jalak suren. Habitat asli jalak afrika berasal dari Afrika Timur, seperti Somalia, Uganda, Ethiopia,Tanzania, serta negara Kenya.

Ciri-ciri burung jalak Afrika yaitu, memiliki warna yang unik dan cantik, pada bagian tubuh berwarna biru mengkilap, bagian bawahnya memiliki warna cokelat. Untuk mata mempunyai warna dominan putih dan sedikit titik hitam, dengan paruh warna hitam.

Sobat pecinta burung harus sedikit sabar apabila ingin memiliki burung ini, karena burung ini sangat jarang di jual di pasar lokal, selain itu jika ingin membeli burung ini sobat pecinta burung harus memesannya di luar negeri.

Untuk harga burung jalak Afrika ini di jual dengan harga cukup mahal yaitu sekitar Rp 2.500.000

3. Jalak Tiong Mas

jalak tiong mas
ebird.org

Spesies jalak beo, atau sebagian banyak orang menyebutnya dengan sebutan burung jalak tiong mas. Burung jalak tiong mas ini memiliki nama latin Gracula Religiosa.

Burung jalak beo atau jalak tiong mas bisa dibilang burung yang lumayan pintar dan cerdas diantar burung jalak lainnya. Habitat Jalak tiong mas selalu di lahan yang basah dan berada pada ketinggian antara 1000m – 2000m di atas permukaan laut.

Ciri-ciri fisik burung jalak beo atau jalak tiong mas ini adalah mempunyai warna tubuh yang dominan hitam, terdapat corak warna kuning di sekitar lehernya, mempunyai paruh berwarna kuning tua, dan mata yang berwarna hitam.

Untuk Suara burung jalak beo ini sangatlah unik, sehingga banyak sekali sobat pecinta burung yang berminat untuk memiliki burung jalak ini.

Apabila sobat pecinta burung ingin memiliki burung jalak jenis ini, ntuk harga dari burung jalak beo atau jalak tiongmas ini terbilang cukup terjangkau yaitu kisaran harga Rp 1,5 juta – Rp 2 juta.

4. Jalak Rio / Jalak Tunggir Merah

Jalak Rio / Jalak Tunggir Merah
ebird.org

Jenis keempat adalah burung jalak rio. Jalak rio ini mempunyai nama latin Scissirostrum Dubium, atau yang sering kita kenal dengan sebutan  jalak tunggir merah.

Burung jalak rio ini merupakan jenis atau spesies burung jalak endemik dari Sulawesi. Habitat burung jalak rio ini keberadaannya akan kita sering kita temukan di daerah gunung dubs Balik Papan, dan di sekitaran daerah Subang.

Ciri-ciri fisik Burung jalak rio yaitu, mempunyai paruh berwarna kuning tua, dan pada bagian tubuh memiliki warna kombinasi antara abu-abu dan hitam. Pada bagian ekor  jalak rio juga terdapat warna bercak merah, sehingga burung ini sering di sebut dengan jalak tunggir merah.

Untuk para sobat pecinta burung yang ingin memiliki dan memelihara burung ini kalian bisa membelinya dengan harga kisaran Rp 350.000, untuk pembeliannya kalian bisa langsung datang ke toko burung yang ready stock.

5. Jalak Hongkong

jalak hongkong
burungcantik.com

Jenis jalak Hongkong, Meskipun nama burung jalak ini tidak mencerminkan burung yang asalnya dari Indonesia, akan tetapi jalak Hongkong ini adalah salah satu jenis burung jalak yang cukup populer di Indonesia. 

Pemberian nama burung jalak Hongkong ini karena sekilas burung yang dipanggil dengan jalak Hongkong ini mirip perawakannya dengan jalak putih.

Habitat burung jalak Hongkong ini akan kita sering temui di kawasan Asia Tenggara seperti Brunei, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos dan Thailand.

Untuk ciri-cirinya burung jalak Hongkong sebenarnya burung ini hampir sama dengan jalak putih, akan tetapi juga memiliki perbedaan yaitu pada bagian tubuhnya yang mempunyai warna semburat hitam putih yang terlihat kurang tegas, sedangkan pada burung jalak putih memiliki warna hitam putih yang cukup tegas.

Untuk sobat pecinta burung yang ingin memiliki burung jalak Hongkong ini kalian bisa membelinya di toko burung terdekat. Untuk harganya burung ini berkisar Rp 2,1 juta – 2,5 juta.

6. Jalak Sutra / Jalak Kapas (Sturnus Sturninus)

Jalak Sutra / Jalak Kapas (Sturnus Sturninus)
hewanee.com

Spesies burung jalak sutra. Jalak sutra ini sering di sebut dengan nama jalak kapas. Selain itu burung jalak ini juga memiliki nama latin Sturnus Sturninus.

Habitat jalak ini selalu bermigrasi dari China, kemudian ke kaki gunung Himalaya, lalu ke Siberia dan pada bulan maret ke Indonesia.

Ciri-ciri fisik burung jalak sutra yaitu, memiliki warna abu-abu pada bagian kepala dan di sekitar dada. Pada bagian punggung, ekor dan sayapnya mempunyai warna hitam, dan terdapat sedikit warna putih, pada bagian paruh dan mata memiliki warna hitam.

Untuk suara kicauan dari burung jalak sutra ini tidak usah diragukan lagi, karena memiliki suara kicau yang lumayan indah.

Apabila sobat pecinta burung ingin memiliki burung jalak sutra ini kalian cukup hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 80.000/ pasang, cukup murah ya kan.

7. Jalak Mawar/ Rosy Starling

Jalak Mawar/ Rosy Starling
hewanee.com

Jenis jalak Mawar atau yang biasa disebut dengan Rosy Starling. Burung jalak mawar ini memiliki nama latin Pastor Roseus. Burung jalak mawar ini sangat terkenal karena memiliki kicauan yang begitu indah dan merdu.

Untuk habitat burung jalak mawar ini kita dapat jumpai di daerah pegunungan wilayah Indonesia. Selain itu jalak mawar ini adalah salah satu jenis burung migrasi yang tersebar di wilayah Ukraina, Tiongkok, Turki, dan Iran.

Ciri-ciri fisik burung jalak mawar yaitu mempunyai jambul, leher, kepala sayap, tunggir, ekor yang berwarna hitam. Paruh jalak mawar berbentuk pendek warna merah muda, dan bisa berubah menjadi warna cokelat disaat musim dingin tiba.

Ciri khas dari burung jalak mawar, seperti namanya, burung ini terlihat seperti warna bunga mawar yakni berwarna hitam dan merah muda. Memiliki mata berwarna hitam pekat yang terlihat ganas, sehingga banyak pecinta burung yang ingin memilikinya.

Untuk sobat pecinta burung yang ingin memiliki burung jalak mawar ini kalian bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000.

8. Jalak Brahmana (Brahminy starling)

Jalak Brahmana (Brahminy starling)
jalaksuren.net

Jenis jalak brahmana ini memiliki nama latin Brahminy Starling. Sering kita jumpai Burung jalak brahmana ini berhabitat asli di kawasan hutan kering, di area perkebunan, candi dan kuil, lebih spesifiknya di wilayah Asia Selatan.

Burung jalak brahmana ini memiliki sebuah nama atau julukan sebagai jalak pagoda, Karena burung jalak brahmana ini selalu bertempat di sekitaran kawasan candi.

Ciri-ciri fisik burung jalak brahmana yaitu memiliki kicauan yang sangat merdu, dengan warna kepala hitam, warna tubuhnya coklat muda dan memiliki sayap berwarna coklat ke abu-abuan.

Ciri khas dari burung jalak brahmana itu memiliki Mata yang hitam dan terdapat kacamata putih, dan mempunyai warna paruh kuning dan hitam.

Untuk perwatannya cukup mudah, kalian bisa memberi makanan burung jalak ini dengan buah-buahan seperti pepaya, pisang, dan lain sebagainya.

Apabila sobat pecinta burung ingin memiliki burung jalak ini kalian bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000, tergantung tempat pembelian dan kondisi burungnya.

9. Jalak Filipina / Komukudori (Agropsar philippensis)

Jalak Filipina / Komukudori (Agropsar philippensis)
pinterst.com.au

Jenis jalak berikut adalah burung jalak Filipina, burung jalak spesies ini memiliki nama asli Komukudori, dan dalam nama latin Agropsar Philippensis. 

Habitat asli jenis burung jalak ini berada di Jepang, akan tetapi burung jalak ini selalu bermigrasi di wilayah Filipina dan Indonesia. Burung jalak Filipina ini juga populer dengan sebutan jalak imigran.

Ciri-ciri fisik burung jalak Filipina ini memiliki panjang tubuh sekitar18 cm, pada tubuh bagian atas berwarna ungu gelap. Mempunyai warna putih pada bagian sayap, serta hitam pada bagian ekor, terdapat bercak cokelat di sekitar pipinya. 

Burung jalak Filipina ini mempunyai ciri khas yaitu mata hitam dan paruh hitam, kicau burung jalak filipina sangat bervariasi, sehingga banyak sekali penggemar burung ingin memilikinya.

Untuk para sobat pecinta burung yang ingin memiliki burung jalak Filipina ini kalian dapar membelinya dengan harga sekitar Rp 500.000, bisa kalian dapatkan di tempat penjual burung kepercayaan anda.

10. Jalak Thailand (Sturnus Nigricollis)

Jalak Thailand
omkicau.com

Terakhir yaitu jenis jalak Thailand yang mempunyai nama latin Sturnus Nigricollis. Habitat asli jalak thailand menyukai hutan kering yang tropis, maupun hutan kering yang subtropis.

Burung jalak Thailand ini akan bisa dan banyak kita jumpai di wilayah Thailand,Brunei, Kamboja, China, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Ciri-ciri fisik burung jalak Thailand yaitu memiliki tubuh berwarna putih dan memiliki kombinasi warna hitam, memiliki paruh yang berwarna hitam, mata hitam disertai warna kuning di sekitar kacamatanya.

Untuk suara kicau burung jalak Thailand ini tidak usah diragukan lagi. Jika sobat pecinta burung jalak Thailand ini kalian bisa membelinya dengan harga Rp 85.000 – Rp 150.000, namun jenis burung jalak Thailand ini terbilang langka dan sulit untuk di dapatkan di Negara Indonesia.

Baca juga:

Jenis Burung Jalak Paling Populer Di Indonesia

burung jalak terpopuler di indonesia-roizzul.com

Negara Indonesia memiliki sangat banyak jenis-jenis burung jalak, akan tetapi kali ini kami akan membagikan informasi tentang jenis burung jalak paling Populer di Indonesia dan harga burung jalaknya. Sebagai berikut:

NOJenis Burung Jalak Paling Populer Di Indonesia
1.Burung Jalak Suren
2.Burung Jalak Kerbau / Jalak Kebo / Jalak Penyu
3.Burung Jalak Bali
4.Burung Jalak Nias 
5.Burung Jalak Bodas

1. Jalak Suren

jalak suren
jalaksuren.net

Jenis burung jalak terpopuler pertama di Indonesia yaitu Jalak suren, atau yang sering disebut dengan nama jalak uren. Jalak suren ini memiliki nama latin Sturnus Contra.

Habitat jalak suren ini hidup di dataran rendah, dan burung jalak suren ini dapat ditemukan banyak di daerah pulau Jawa. Selain itu burung jalak suren ini juga tersebar sampai di daerah Bali hingga Sumatera.

Ciri-ciri fisik jalak suren ini memiliki tinggi badan sekitar 24cm, tubuhnya berwarna hitam dan putih, paruhnya panjang berwarna kuning dan oranye, memiliki bola mata hitam dan ada kacamata oranye yang menyatu dengan paruh. 

Ciri khas dari jalak suren ini yaitu mempunyai suara kicau yang gacor dan merdu, sehingga banyak pecinta burung yang ingin memilikinya. Untuk sobat pecinta burung kalian dapat membeli burung ini dengan harga sekitar Rp 400.000 – 1.000.000, Tergantung tempat penjual dan kondisi burungnya.

2. Jalak Kerbau / Jalak Kebo / Jalak Penyu

jalak kebo
cermin-dunia-github.io

Burung jalak terpopuler kedua ini sangat unik yaitu memiliki nama yang sangat banyak mulai dari jalak hitam, jalak kebo, jalak kerbau dan juga ada yang menyebutnya sebagai jalak penyu.

Masyarakat di Jawa sering menyebut burung ini dengan sebutan jalak kebo, karena sering bertengger di punggung kerbau dan mencari kutu yang menempel di tubuh seekor kerbau.

Habitatnya burung jalak kerbau ini hidup di dataran rendah. Untuk persebarannya selain terdapat di Jawa juga bisa ditemukan di daerah Bangladesh, Sulawesi dan Cina Selatan.

Ciri-ciri fisik jalak kerbau yaitu, memiliki tubuh berwarna abu-abu hitam,paruh dan kaki berwarna kuning gelap, memiliki corak sangat tajam dan hitam, ada kacamata putih. Burung jalak kerbau ini terlihat sangat menyeramkan.

Apabila sobat pecinta burung ingin memiliki burung jalak kerbau ini harganya terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp 100.000 – 400.000, tergantung tempat pembelian dan kondisi burungnya.

3. Jalak Bali

jalak bali
beritabali.com

Jenis jalak Bali yang memiliki nama latin Leucopsar Rothschildi ini sangat cocok jika menjadi salah satu burung jalak terpopuler di Indonesia. Karena jenis jalak Bali ini adalah salah satu jenis burung jalak yang dilindungi oleh pemerintah.

Habitat burung ini terletak di pulau Bali, sehingga jenis burung ini dikenal dan menyandang nama Jalak Bali, untuk populasinya burung jalak Bali ini sudah mulai menghilang.

Ciri-ciri fisik jalak Bali ini memiliki paruh, yang berwarna hitam ke abu-abu. Bali Jalak memiliki mata hitam dan kacamata biru gelap, yang bagian tubuhnya ditutupi bulu putih.

Ciri khas dari burung jalak Bali paling mencolok yaitu memiliki jambul yang begitu indah. Selain itu burung jalak Bali sudah mulai untuk di kembangbiakan di penangkaran supaya tidak punah.

Mari untuk para sobat pecinta burung kita bantu pemerintah untuk menjaga dan melindungi jalak Bali dari kepunahan.

4. Jalak Nias 

jalak nias
portasulut.pikiran-rakyat.com

Jenis burung jalak Nias ini memiliki nama sebutan lain yaitu jalak kerak ungu, selain itu burung jalak Nias ini juga mempunyai nama latin Acridotheres tristis. Habitat burung jalak Nias ini dapat kalian temui di wilayah Asia Tenggara, Afrika, dan Amerika.

Ciri-ciri fisik burung jalak Nias ini memiliki warna tubuh yang didominasi dengan warna cokelat, dan ada juga warna hitam di sekitar kepalanya. Burung ini memiliki paruh dan kaki kuning gelap dan mata hitam tajam dengan kacamata kuning.

Sobat pecinta burung tertarik untuk memiliki dan memelihara burung jalak Nias ini, kalian bisa membeli jalak nias di toko burung favorit anda denga harga sekitar Rp 200.000 hingga Rp 600.000.

5. Jalak Bodas

Jalak putih/ jalak bodas
pinterst.com

Burung jalak terpopuler di Indonesia yang terakhir ini yaitu burung jalak Bodas. Burung jalak Bodas ini adalah sebutan burung jalak putih yang disebutkan oleh masyarakat Sunda.

Burung jalak Bodas ini juga memiliki nama latin Acridotheres Melanopterus. Habitat asli burung jalak Bodas atau jalak putih ini di daerah dataran rendah pulau Jawa. Pada umumnya burung ini dapat di temukan di area hutan.

Ciri-ciri fisik burung jalak Bodas ini memiliki memiliki paruh kuning, mata berwarna hitam tertutup kacamata putih, seluruh tubuhnya didominasi warna putih dengan kombinasi sayap dan ekor hitam.

Untuk suara kicauan burung jalak putih ini sangatlah indah dan merdu. Apabila sobat pecinta burung ingin membeli jalak Bodas ini dijual dengan harga yang cukup tinggi yaitu sekitar Rp 1.500.000 – 3.500.000.

Kesimpulan

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang telah membaca artikel ini, semoga informasi ini dapat menambahkan pengetahuan kita semua tentang jenis burung jalak.

Tidak lupa kami juga mengingatkan untuk kita semua untuk selalu menjaga kelestarian alam di sekitar kita supaya ekosistemnya tetap terjaga dengan baik dan terutam supaya burung-burung yang indah di sekitar tidak punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *