Ciri-ciri Burung Kacer

3 min read

Ciri-ciri burung kacer – Hai para sahabat kicau mania, siapa sih yang tidak mengenal burung kacer. Burung kacer merupakan salah satu jenis burung yang memiliki suara kicau fighter dengan ciri khas suara yang keras dan indah.

Para sahabat kicau mania pasti banyak yang merawat dan memiliki burung kacer ini. Burung kacer ini pada umumnya diperuntukkan sebagai burung fighter perlombaan kicau maupun sebagai burung peliharaan di rumah.

Burung kacer ini adalah salah satu burung primadona yang diminati oleh banyak orang. Ciri khas burung kacer yaitu bulunya yang hanya memiliki dua warna saja yakni hitam dan putih, selain itu juga memiliki suara yang keras dan lantang.

Pada umumnya burung kacer dikenal sebagai burung yang otomatis menjadi galak dan gacor saat bertemu dengan lawan. Nah, ciri-ciri burung kacer yang bagus dan berkualitas inilah yang sulit untuk ditemukan.

Oleh karena itu kami telah menyiapkan informasi untuk para kicau mania dan sobat pecinta burung tentang ciri-ciri burung kacer figter yang bagus. Informasinya sebagai berikut:

Ciri- ciri Fisik Burung Kacer Figter Yang Bagus

ciri-ciri burung kacer
pinhome.id

Sahabat kicau mania ingin memiliki burung kacer figter yang bagus, kalian harus mengetahui ciri-ciri burung kacernya terlebih dahulu. Kali ini kita telah membagikan informasi tentang ciri-ciri burung kacer fighter yang bagus sebagai berikut:

1. Jenis Burung Kacer Jantan

Apabila sahabat kicau mania ingin memiliki burung kacer fighter kalian harus memastikan bahwa burung kacer yang akan kalian beli dan yang kalian miliki adalah berjenis kelamin jantan.

Kalian harus memilih yang berjenis kelamin jantan karena Jika burung kacer berjenis kelamin jantan tipe petarung itu lebih memiliki suara kicau yang lebih keras, lantang dan gacor ya sahabat.

Apabila sahabat kicau mania menjadikan kacer betina untuk lomba itu adalah sesuatu yang tidak mungkin, karena kacer betina tidak memiliki jiwa fighter dan suaranya tidak lantang seperti kacer jantan.

2. Bentuk Kepala Menyerupai Kepala Ular

Burung kacer yang bagus dan bermental fighter dapat dilihat dari bentuk kepalanya yang unik menyerupai dengan bentuk hewan melata bersisik yaitu kepala ular.

Ciri khas bentuk fisik kepala burung kacer ini yaitu Papak, gepeng dan cepak. Pada umumnya burung kacer dengan kepala seperti ular ini memiliki karakter jiwa petarung yang tangguh, tahan gempuran dari lawan luar dan juga bandel.

3. Bentuk Lubang Hidung Yang Cukup Besar

Burung kacer petarung yang tangguh yaitu memiliki ciri khas pada bagian bentuk lubang hidungnya yang cukup besar. Lubang hidung yang cukup besar pada burung kacer ini menandakan bahwa pernafasan burung ini sangat bagus dan panjang.

Selain itu, fungsi lain dari lubang hidung yang cukup besar pada burung kacer ini yaitu menandakan bahwa burung kacer ini mampu beradaptasi dengan mudah pada lingkungan yang baru.

4. Bentuk Leher Panjang

Ciri-ciri burung kacer figter yang bagus ke empat yaitu dilihat dari bentuk lehernya yang panjang dan terlihat padat dan juga terlihat berisi.

Apabila burung kacer ini memiliki leher yang panjang berarti burung ini memiliki suara kicau yang terdengar keras dan gacor saat berkicau, dikarenakan bentuk lehernya yang panjang dan padat berisi.

5. Bentuk Paruh

Untuk ciri fisik kacer petarung yang kelima, yaitu dilihat dari paruhnya yang berwarna hitam dan pada bagian pangkal paruh lebih lebar dan ukuran paruhnya panjang serta lebar.

Bentuk paruh burung kacer yang seperti inilah yang banyak di cari oleh para kicau mania, karena diyakini mampu membawakan volume kicauan yang lebih maksimal dan tentunya suaranya kencang.

6. Bentuk Kaki Pendek dan Kuat

Untuk bentuk bagian kakinya apabila kalian amati, burung kacer petarung pada umumnya mempunyai bentuk kaki yang pendek, akan tetapi cakarnya besar, kokoh dan cengkramannya sangat kuat.

Apabila burung kacer memiliki bentuk kaki seperti diatas pasti mampu bertarung dengan gaya bertarung pada satu titik atau dalam istilahnya disebut dengan nagen.

7. Bentuk Sayap Tebal dan Lebar

Ciri-ciri burung kacer petarung yang bagus dapat dilihat juga dari bentuk sayapnya yang tebal dan lebih lebar dari jenis lainnya. Apabila kalian ingin membeli kacer petarung alangkah baiknya kalian cek terlebih dahulu bagian sayapnya.

Jika burung kacer memiliki sayap yang tebal dan maka dapat dipastikan burung ini memiliki mental petarung yang tangguh dan mampu beradaptasi di segala tempat.

8. Bentuk Mata Besar dan Tampak Melotot

Bentuk mata dari burung kacer petarung dapat terlihat besar dan melotot. Karena bentuk matanya besar dan melotot burung kacer petarung ini akan terlihat menakutkan dan galak.

9. Bentuk Dada Membusung ke Depan

Bentuk dada membusung ke depan ini menandakan bahwa burung kacer ini sehat dan tentunya terlihat memiliki kewibawaan sama halnya seperti manusia apabila dada nya membusung akan terlihat wibawa dan berani.

10. Bentuk Postur Tubuh Membungkuk

Ciri-ciri yang terakhir yaitu postur tubuh burung kacer ini membungkuk. Meskipun burung kacer memiliki dada yang bidang namun ciri kacer petarung yang bagus yaitu postru tubuhnya yang membungkuk.

Bentuk membungkuk seperti bongkok udang, dengan bagian ekor yang melengkung ke bawah mendekati tangkringan merupakan pertanda burung kacer petarung yang lincah dan agresif.

Baca Juga:

Gambar Burung Kacer

1. Burung Kacer Poci

kacer poci
seosatu.com

2. Burung Kacer Jawa

kacer jawa
jalaksuren.net

3. Burung Kacer Madagaskar

kacer madagaskar
hargamerek.com

4. Burung Kacer Blorok

kacer blorok
burungcantik.com

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada para sobat pecinta burung dan sahabat kicau mania yang telah membaca artikel ini. Semoga kalian dirumah yang sedang merawat kacer bakalan akan menjadi kacer figter yang tangguh dan hebat.

Tak lupa juga kami memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Jangan lupa juga untuk kalian bagikan artikel ini ke sahabat yang lain supaya untuk menambah ilmu dan tentunya bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *