Makanan Burung Pijantung

3 min read

burung pijantung

Makanan Burung Pijantung – Burung pijantung merupakan salah satu jenis burung yang banyak diminati oleh para sobat pecinta burung dan sahabat kicau mania.

Burung Pijantung masih termasuk ke dalam familia nectariniidae yang merupakan jenis burung pemakan atau penghisap nektar. Burung Pijantung ini juga masih memiliki hubungan persaudaraan dengan burung kolibri.

Memelihara burung kicau memanglah terlihat mudah, akan tetapi sebenarnya dibalik kemudahan perawatan harian yang dilakukan ada kendala-kendala dan masalah yang mungkin terjadi.

Salah satu faktor penghambat untuk membuat burung menjadi lebih rajin berkicau yaitu memberi asupan makanan yang salah dan sembarangan dalam memerikan makan.

Ketika kita memberikan pakan kepada burung bukan hanya asal kenyang tetapi kita harus benar – benar memperhatikan kandungan gizinya, apakah kebutuhan vitamin tercukupi, dan bagaimana untuk air minumnya.

Memang kebutuhan setiap jenis burung berbeda-beda. Untuk burung pijantung sendiri yang merupakan unggas penghisap nektar atau madu tentu akan berbeda dengan jenis lainnya. Berikut jenis-jenis makanan burung pijantung yang tepat:

Jenis-jenis Makanan Burung Pijantung

kibrispdr.org

Burung pijantung merupakan salah satu jenis burung penghisap nextar mirip dengan burung kolibri. Berikut beberapa jenis makanan burung pijantung yang dapat kalian terapkan untuk perawatan pakan harian:

1. Makanan Burung Pijantung Di Habitat Aslinya

makanan burung pijantung di habitat aslinya
jalaksuren.net

Burung pijantung merupakan salah satu jenis burung yang masuk ke dalam jenis burung omnivora. Selain menghisap nextar bunga dan madu burung pijantung pada habitat aslinya burung ini memakan beberapa jenis serangga.

Jenis serangga yang di makan oleh burung pijantung di habitat aslinya di alam yaitu seperti laba-laba, kupu-kupu, dan Semut. Selain itu burung pijantung di alam juga menghisap nektar pohon kelapa, dan nektar sari bunga.

Oleh karena itu kalian bisa memberikan pakan burung pijantung menggunakan serangga seperti kroto atau ulat sebagai extra fooding dan variasi makanannya.

2. Makanan Racikan Supaya Gacor

Makanan Racikan burung pijantung Supaya Gacor

Untuk para pemula yang merawat burung pijantung banyak yang menanyakan pakan racikan untuk burung pijantung supaya gacor. Hal pertama yang harus kalian pahami yaitu berikan pakan harian yang baik, menyehatkan, dan tentunya aman.

Perlu kalian pahami bahwa burung pijantung adalah jenis burung penghisap atau pemakan nextar. Akan tetapi banyak burung pijantung yang tidak suka dengan nextar instan yang di jual di toko online.

Oleh karena itu kita telah membuatkan racikan pakan untuk burung pijantung supaya semakin gacor dan tentunya aman untuk kesehatan si burung.

Bahan-bahan yang harus kalian siapkan untuk membuat pakan racikan untuk burung pijantung sebagai berikut:

  • 1 botol sirup merah atau cocopandan merk apapun.
  • 1 kaleng creamer kental manis merk apapun.
  • 1 madu asli atau madu sasetan juga bisa.
  • 2 butir kuning telur.
  • Baskom atau mangkuk.
  • Sendok.
  • Botol Bersih.

Ketika bahan-bahan diatas sudah kalian siapkan semua, langkah selanjutnya yaitu meracik bahan-bahan diatas. Langkah dan cara-caranya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, pastikan semua bahan-bahan telah siap untuk diracik.
  2. Cara membuatnya campur semua bahan yang sudah disiapkan jadi satu kedalam wadah baskom atau mangkuk.
  3. Kemudian, aduk bahan yang sudah di tuang di baskom atau mangkuk hingga tercampur merata semuanya tanpa ditambahkan air, karena membuat adonan pakan menjadi cair.
  4. Setelah semua bahan tercampur rata, kalian siapkan botol bersih, dan masukan racikan tersebut kedalam botol kemudian tutup dengan rapat.
  5. Makanan racikan supaya burung gacor sudah siap untuk di sajikan ke burung pijantung kesayangan anda.
  6. Karena racikan pakan terbuat dan tersisa cukup banyak, maka dalam sekali meracik bisa digunakan kurang lebih hingga 1 bulan, alangkah baiknya simpan di Kulkas supaya kualitas dari bahannya tidak rusak sehingga tidak mengganggu kesehatan burung pijantung peliharaan anda.

3. Racikan Pengganti Nextar

makanan burung pijantung

Nextar merupakan makanan utama burung pijantung di alam dia bisa menghisap nextar pada jahe-jahean, pada pepelah pisang dan juga nextar kelapa.

Kalian bisa membeli nextar instan yang banyak dijual di kios burung tapi bisa juga dengan meraciknya sendiri dari larutan sirup cocopandan dan juga susu kental manis yang dicampurkan air.

Selain pemberian nextar kita juga dapat memberikan pakan burung pijantung berupa:

1. Voer Burung

Pemberian voer selain baik untuk membantu burung memenuhi gizi hariannya karena kandungan didalam voer sangatlah komplit mulai dari protein, dan mineral lainnya. Membuat lebih praktis ketika kalian berpergian tinggal memasukan lebih banyak voer tanpa khawatir dia kekurangan makanan.

2. Ulat Hongkong dan Ulat Kandang

Ulat Hongkong dan ulat kandang memiliki kandungan protein yang bagus hanya saja pada UH jumlahnya jangan terlalu banyak karena dia bersifat panas yang membuat birahinya cepat naik kalau diberikan dalam jumlah yang banyak.

Pemberian pakan ulat Hongkong dan ulat kandang ini bertujuan untuk menambahkan variasi makanan burung pijantung supaya untuk menjaga nafsu makan si burung.

3. Jangkrik

Karena di habitat aslinya burung pijantung memakan serangga, kalian dapat memberikannya pakan jangkrik untuk penunjang pakan selain nextar dan sebagai variasi pakan burung tersebut.

Cara yang benar kalian dapat memberikan jangkrik sekitar 4 ekor perharinya untuk tambahan asupan proteinya. Karena ukuran tubuhnya yang kecil, sebaiknya kalian memberikan jangkrik yang ukurannya kecil.

Apabila ukuran jangkriknya kebesaran, burung pijantung akan kesulitan untuk memakannya dan juga sebelum diberikan kepada burung pastikan buang bagian yang kerasnya dulu seperti kaki dan kepalanya serta sayapnya.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang telah membaca informasi makanan burung pijantung di atas. Semoga informasinya bermanfaat untuk kita semua.

Tidak lupa kami juga memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Kami juga mengingatkan untuk kalian semua sayangilah hewan peliharaan dan lingkungan alam di sekitar kalian. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.