Cara Menjinakan Burung Cucak Ijo

3 min read

cara menjinakkan burung cucak ijo

Cara Menjinakan Burung Cucak Ijo – Burung cucak ijo adalah salah satu jenis burung yang banyak di pelihara oleh para sahabat kicau mania. Burung ini banyak di minati karena memiliki suara kicauan yang bervariasi.

Akan tetapi, banyak sahabat kicau mania yang menanyakan bagaimana cara menjinakan burung ini. Karena burung cucak ijo yang baru di beli memiliki sifat yang agresif dan gerakannya tidak terkontrol seperti ketakutan dan belum terbiasa dengan pemiliki baru.

Pasti banyak diantara sahabat kicau mania yang menginginkan burung cucak ijo nya jinak dan manja. Kami telah menyiapkan informasi cara ampuh dan tips menjinakan burung cucak ijo untuk kalian semua sebagai berikut:

Cara Ampuh dan Tips Menjinakan Burung Cucak Ijo

Cara Ampuh dan Tips Menjinakan Burung Cucak Ijo

Memelihara burung cucak ijo bakalan yang sangat agresif dan giras bukan perkara mudah bahkan kerap menjadi pr dan membuat stress pemiliknya. Burung cucak ijo merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup sulit untuk di jinakan.

Semoga dengan cara ampuh dan tips menjinakan burung cucak ijo berikut dapat memberikan solusi untuk para pecinta burung cucak ijo.

1. Pastikan Kondisi Kandang Nyaman

kandang burung cucak ijo
pinhome.id

Pertama kali kalian harus memberikan fasilitas kandang atau sangkar yang senantiasa nyaman. Apabila kandang nyaman pasti burung cucak ijo akan menjadi lebih senang, terasa nyaman dan akan mudah untuk dijinakkan.

Ukuran kandang yang disarankan untuk burung cucak ijo ini berukuran 45×45 cm dengan tingginya 60 cm. Kalian juga bisa memberikan tangkringan lebih dari satu supaya burung tidak terlalu bosan.

Selain itu yang senantiasa di jaga adalah kebersihan kandangnya. Kenyamanan bagian kandang mampu memberikan kesan yang sangat baik untuk burung, kesan burung tersebut tentu berefek pada burung yang mudah untuk dijinakkan.

2. Berikan Pakan Biji-Bijian

burung cucak ijo makan biji-bijian
burungnya.com

Cara yang kedua yaitu memberikan pakan biji-bijian. Burung cucak ijo bakalan ini sangat cocok apabila kalian berikan pakan biji-bijian. Cara ini di percaya cukup ampuh untuk membuat burung cucak ijo bakalan menjadi lebih jinak.

Waktu yang di sarankan untuk memberikan pakan biji-bijian yaitu pada waktu menjelang malam atau sore hari dan jangan lupa hindari pemberian pakan biji-bijian di waktu pagi hari. Karena pemberian pakan biji-bijian di pagi hari dapat menyebabkan burung cucak ijo mudah lapar.

3. Buat Burung Beradaptasi dengan Lingkungannya

burung cucak ijo di kandang
omkicau.com

Apabila burung cucak ijo masih baru tinggal di lingkungan sekitar rumah kalian. Hal yang harus kalian ambil yaitu biasakan burung ini beradaptasi dengan lingkungan sekitar rumah kalian dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk mempercepat adaptasi burung cucak ijo bakalan, kalian boleh dan bisa memindahkan burung ke tempat yang ramai atau tempat yang sunyi supaya burung bisa beradaptasi sesuai dengan karakternya.

4. Lakukan Pengembunan dan Angin-Anginkan di Pagi Hari

burung cucak ijo di jemur

Cara menjinakkan burung cucak ijo yang sangat di sarankan yaitu pengembunan burung di pagi hari secara rutin dan dilakukan pada saat burung belum di mandikan.

Setelah langkah pengembunan sudah selesai, alangkah baiknya burung cucak ijo di angin-anginkan terlebih dahulu. Bertujuan untuk membuat burung semakin refress dan tidak mudah stres saat adanya perubahan suhu secara mendadak pada tubuh si burung.

5. Mandikan Burung Secara Teratur

cara memandikan burung cucak ijo

Sama halnya dengan manusia, burung cucak ijo butuh mandi secara teratur. Selain mandi yang teratur, alangkah baiknya apabila kalian memandikan burung ini kalian menggunakan tangan dan lakukan dengan penuh kasih sayang.

Meskipun pada umumnya cara memandikan burung cucak ijo ini hanya di semprot air pada tubuhnya, namun cara memandikan menggunakan tangan ini merupakan cara yang cukup ampuh.

Karena kita melakukan kontak fisik secara langsung dengan burung, sehingga burung akan merasakan rasa yang lebih nyaman.

Cara memandikannya pun sangat mudah sekali yakni dengan cara mengusap dan mengelusnya menggunakan tangan yang sudah di basahi dengan air lalu pegang burung dengan cara yang tepat, supaya burung tidak terluka dan merasa kesakitan.

6. Berikan Makanan Secara Teratur

makanan burung cucak ijo
burungnya.com

Sama halnya dengan memandikan burung. Pemberian makan untuk burung cucak ijo harus teratur sesuai dengan jadwalnya. Pemberian makan secara teratur ini dapat mempercepat burung beradaptasi dengan pakan yang kalian berikan.

Untuk makanan kalian bisa memberinya poer (pakan burung) dan jangkrik di waktu pagi hari, buah pisang waktu siang hari, dan jangkrik atau biji-bijian di waktu sore hari.

7. Letakkan Kandang Burung di Luar Rumah

kandang burung cucak ijo
burungnya.com

Biasakan burung cucak ijo baru atau bakalan kalian letakkan di luar rumah menjadi cara selanjutnya agar burung menjadi semakin jinak. Oleh sebab itu, usahakan agar burung cucak ijo tidak sering di simpan di dalam rumah.

Peletakkan burung cucak ijo diluar rumah, seperti di bagian teras dan balkon rumah dapat mempercepat proses beradaptasi burung terhadap lingkungan sekitarnya.

Apabila burung cucak ijo bisa lebih cepat beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya, maka secara otomatis burung pun akan mudah untuk dijinakkan oleh pemiliknya.

8. Lakukan Pemasteran

masteran burung cucak ijo
nakita.id

Cara menjinakkan yang ke delapan yaitu dengan cara melakukan pemasteran burung cucak ijo, bertujuan untuk membuat burung semakin jinak kepada pemiliknya. Cara ini terbilang cukup ampuh dan dapat kalian terapkan.

Waktu pemasteran burung cucak ijo yang baik dilakukan yaitu pada waktu pagi hari, siang hari, sore hari, dan semalaman penuh. Untuk pemasteran sendiri bisa dilakukan dengan cara memperdengarkan suara burung ciblek ngebran pada burung cucak ijo kalian.

9. Berikan Pakan Jangkrik Menggunakan Tangan

pakan burung cucak ijo
arenahewan.com

Sama halnya seperti manusia, burung cucak ijo akan lebih mudah jinak apabila sering berinteraksi dan sering melakukan kontak fisik secara langsung dengan pemiliknya.

Cara mudah berinteraksi dan melakukan kontak fisik dengan burung cucak ijo yaitu sangat mudah yakni dengan memberikan makan jangkrik atau pakan lainnya secara langsung di atas tangan kita.

Waktu saat memberikan pakan usahakan mata pemilik burung melihat langsung burung cucak ijo. Supaya burung merasa diperhatikan secara lebih dan tulus oleh pemiliknya.

10. Rutin Mengganti Air Minumnya

air minum burung cucak ijo

Selain memberikan pakan secara rutin pada burung cucak ijo, kalian juga harus memperhatikan juga air minum pada burung ini. Apabila air minum pada burung cucak ijo tidak rutin di ganti, di takutkan air minumnya akan terkontaminasi atau tercampur dengan kotorannya.

Untuk air minumnya cucak ijo, alangkah baiknya kalian bisa memberinya air mineral kemasan maupun air hasil rebusan sendiri.

11. Berikan Vitamin dan Suplemen

vitamin burung cucak ijo

Pemberian vitamin dan suplemen bertujuan untuk tetap menunjang asupan nutrisinya, berikan multi vitamin BirdVit dan BirdMineral agar burung cucak ijo tetap sehat. Dengan stamina dan kesehatan cucak ijo yang terjaga tentu dapat mempermudah proses penjinakan.

Kesimpulan

Itulah cara ampuh dan tips tentang bagaimana cara menjinakkan cucak Ijo liar, bahan, bakalan, muda hutan, trotolan, anakan, dan lomba dengan benar. Semoga tips dan cara diatas dapat mempermudah kalian dalam menjinakkan burung cucak ijo ini.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sahabat kicau mania dan sobat pecinta burung yang telah membaca artikel diatas. Semoga informasi diatas dapat menambah ilmu kita dalam cara menjinakkan burung cucak ijo.

Tak lupa juga kami memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Pesan dari kami, mari kita semua sayangi semua jenis hewan dengan cara merawatnya dengan baik dan jangan menyiksa hewan tersebut. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *