Makanan Burung Nuri

3 min read

makanan burung nuri

Makanan burung nuri- Siapa sih, diantara sobat pecinta burung yang tidak mengenal jenis burung nuri?. Burung nuri adalah salah jenis burung berparuh bengkok yang memiliki banyak keunikan.

Burung nuri ini terkenal dengan bentuk tubuhnya yang unik dan memiliki kemampuan untuk menirukan perkataan orang di sekitarnya. Akan tetapi, kemampuan menirukan perkataan orang di sekitarnya ini tidak otomatis didapatkan.

Keahlian burung nuri dalam menirukan perkataan manusia memang menjadi daya tarik dari burung yang satu ini. Sayangnya, tidak semua burung nuri bisa segera bicara dan mengoceh seperti yang diinginkan oleh pemiliknya.

Apabila ingin membuat burung nuri menirukan perkataan orang di sekitarnya, pemiliknya harus melakukan treatment yang tepat dan baik supaya burung nuri segera mendapatkan kemampuan menirukan suara yang diinginkan.

Untuk sobat pecinta burung yang ingin memelihara burung nuri ini, kalian harus memperhatikan jenis makanan burung nuri terbaik. Memberi makanan terbaik membantu meningkatkan pertumbuhan burung dan membuat burung nuri agar cepat berbicara. Berikut jenis makanan burung nuri terbaik.

Jenis Makanan Burung Nuri Terbaik

jenis makanan burung nuri
hobibinatang.com

Burung nuri merupakan spesies dalam genus Eclectus yang terbagi menjadi beberapa jenis dan tersebar di dunia. Di Indonesia, burung nuri memiliki habitat asli di hutan dataran rendah dan pulau-pulau tropis, seperti di Papua, Halmahera, Maluku dan daerah sekitarnya.

Ciri-ciri burung nuri memiliki bulu tubuh yang indah serta warna- warni, memiliki paruh bengkok, berat badan sekitar 375 sampai 550, suara yang merdu dan bisa menirukan suara orang di sekitarnya.

Pada habitat nya di alam burung nuri ini memakan makanan kacang-kacangan, buah-buahan, dan biji-bijian. Apabila sobat burung merawat burung nuri ini dirumah, berikut adalah pilihan jenis makanan dan minuman untuk burung nuri yang bisa kalian berikan.

1. Biji-bijian

biji-bijian
omkicau.com

Makanan burung nuri terbaik yaitu biji-bijian, karena biji-bijian adalah makanan burung nuri pada habitatnya di alam. Alangkah baiknya pemberian pakan biji-bijian ini sejak burung nuri masih muda atau remaja.

Jenis biji-bijian yang dapat kalian berikan untuk burung nuri yaitu seperti millet, gandum, biji bunga matahari, beras merah, otmeal, dan biji kenari. Jenis biji-bijian tersebut sangat cocok untuk kalian masukkan ke dalam menu makanan burung nuri kesayangan.

Selain cocok untuk menu makanan burung nuri kesayangan, beberapa biji-bijian tersebut juga kaya akan nutrisi penting yang mampu menjaga kesehatan burung nuri dan mempercepat pertumbuhan burung nuri.

Manfaat terbiasa memberikan makanan biji-bijian untuk burung nuri sedari kecil yaitu burung nuri akan mendapatkan asupan gizi yang baik. Untuk makanan dari jenis biji-bijian yang sangat kami sarankan untuk burung nuri adalah millet.

2. Buah-buahan Segar

buah-bauahan segar
hewany.com

Jenis makanan burung nuri terbaik setelah biji-bijian yaitu buah-buahan segar. Pada umumnya burung nuri sangat menyukai jenis buah-buahan yang memiliki rasa manis seperti pepaya, pisang, apel, dan buah delima.

Pemberian makanan buah-buahan segar sangat di sarankan karena buah mengandung banyak mineral, dan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh burung dan menghindarkannya dari beberapa risiko penyakit.

Saran memberikan makanan buah-buahan untuk burung nuri yaitu pilihlah buah yang masih segar dan jenis buah-buahan organik. Kandungan air pada buah ini sangat baik untuk burung nuri karena dapat mencegah burung dari dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh.

3. Sayuran

sayuran untuk burung
kordanews.com

Selain pemberian buah-buahan, salah satu jenis makanan burung nuri terbaik yaitu sayuran. Sayuran segar merupakan makanan sehat yang mengandung gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan burung nuri.

Jenis sayuran yang sangat disukai oleh burung nuri yaitu seperti wortel, brokoli, bayam, dan kangkung. Sayuran segar sangat di sarankan untuk burung nuri karena dapat membantu menjaga kesehatannya.

Saran pemberian makanan sayuran untuk burung nuri jangan terlalu sering, maksimal dua kali dalam seminggu dan alangkah baiknya cuci sayuran hingga bersih sebelum di berikan untuk si burung nuri.

4. Umbi-umbian

umbi-umbian
halodoc.com

Selain sayuran segar kalian juga dapat memberikan umbi-umbian sebagai makanan untuk burung nuri. Jenis umbi-umbian yang dapat kalian berikan untuk burung nuri yaitu seperti kentang dan ubi jalar.

Pemberian makanan umbi-umbian sangat baik dan di anjurkan untuk burung nuri karena mengandung banyak karbohidrat yang menjadi supply kalori untuk si burung.

Manfaat pemberian makanan umbi-umbian untuk burung nuri yaitu jenis umbi-umbian ini mengandung serat yang akan membantu proses pencernaan burung nuri, mendukung kemampuan bicaranya dan akan membuat burung nuri kalian akan lebih lincah dan aktif.

5. Pelet Burung

pelet burung nuri

Selain memberikan makanan untuk burung nuri yang sesuai dengan habitatnya di alam, kalian juga dapat memberikan makanan instant atau siap saji untuk burung nuri.

Salah satu jenis makanan siap saji atau instant untuk burung nuri yaitu pelet burung. Pelet burung adalah makanan olahan untuk burung yang sudah diperkaya vitamin dan gizi untuk membantu kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan burung nuri.

Manfaat menggunakan pelet burung sebagai makanan untuk burung nuri yaitu mudah untuk menyajikannya, meningkatkan kemampuan berbicaranya, dan membuat burung nuri semakin cerdas, serta sehat.

Saran pemberian pakan pelet burung untuk burung nuri sesuaikan dengan komposisi dan bahan yang ada pada kemasan, dan hal yang harus kalian perhatikan yaitu pelet burung yang berjenis pelet burung paruh bengkok bukan pelet burung kicau ya.

6. Pakan Buatan

pakan buatan burung nuri
kreasimasakan.com

Sobat pecinta burung merasa keberatan apabila memberikan pakan pelet khusus untuk burung nuri karena harganya yang terbilang cukup mahal. Kalian tidak perlu bingung kami akan membagikan tips membuat pakan buatan untuk burung nuri.

Pada umumnya Kalian bisa mencampurkan gandum, sayur, beras merah, dan jenis biji-bijian lainnya. Kemudian setelah di campurkan semua bahan kalian harus haluskan terlebih dahulu, setelah di haluskan kalian dapat sajikan untuk burung nuri berupa bentuk bubur lembut.

Manfaat memberikan pakan buatan secara rutin setiap hari dapat membantu pertumbuhan burung nuri dan membuat burung nuri semakin aktif dan sehat.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang telah membaca informasi makanan burung burung nuri terbaik di atas. Semoga informasinya bermanfaat untuk kita semua.

Tidak lupa kami juga memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Kami juga mengingatkan untuk kalian semua sayangi dan cintai hewan peliharaan kalian. Serta perlakukan hewan peliharaan dengan baik dan penuh dengan ketulusan. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.