Makanan Burung Kacer

4 min read

makanan burung kacer

Makanan Burung kacer – Sobat pecinta burung memiliki peliharaan burung kacer dirumah, akan tetapi burung kacer kalian tidak gacor?. Oleh karena itu kalian harus memberikan perawatan yang maksimal dan memberinya makanan terbaik.

Burung kacer adalah salah satu jenis burung kicau fighter yang pandai menirukan suara kicauan burung jenis lainnya. Selain itu burung kacer juga terkenal dengan suara kicaunya yang lantang dan volume suara yang keras.

Jenis burung kacer ini merupakan jenis burung kicau yang cukup banyak di gemari di kalangan sahabat kicau mania setelah burung murai. Ciri-ciri burung kacer yang paling khas yaitu warna hitam dan putih pada tubuhnya.

Mendapatkan burung Kacer yang gacor dan rajin bunyi tidaklah mudah. Karena membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam merawatnya. Salah satu faktor terpenting dalam merawat burung kacer adalah memperhatikan jenis makanan yang diberikan.

Pemberian makanan untuk burung kacer ini harus di perhatikan dan berikan pakan terbaik, supaya burung kacer terjaga kesehatannya dan menjadi gacor. Berikut rekomendasi makanan burung kacer terbaik supaya rajin gacor:

Rekomendasi Makanan Burung Kacer Gacor Terbaik

rekomendasi makanan burung kacer terbaik

Memberikan makanan untuk burung kacer tidak boleh asal-asalan. Apabila kalian memberikan pakan asal-asalan dapat mengganggu pertumbuhan dan dapat menyebabkan turunnya kualitas suara burung kacer.

Kalian juga harus rutin dalam memberikan makanan untuk burung kacer dan harus sesuai dengan porsi atau takaran yang telah kalian tetapkan. Rutinitas ini juga bisa membuat burung kacer lebih berkualitas dan memiliki harga jual tinggi.

Kami telah menggumpulkan informasi dari beberapa sumber tentang rekomendasi makanan burung kacer terbaik dan rajin gacor. Berikut jenis-jenis makanan burung kacer:

1. Serangga

serangga

Makanan favorit burung kacer yaitu serangga, pada habitatnya di alam burung ini sangat menyukai makanan serangga. Serangga sangat di sukai burung kacer karena mengandung protein tinggi.

Jenis-jenis serangga yang dapat kalian berikan untuk burung kacer seperti jangkrik, belalang, larva tawon, dan semut. Memberikan pakan serangga ini sangat baik untuk kesehatan burung dan meningkatkan kualitas suara atau kicauan burung kacer.

Saran untuk pemberian pakan serangga ini harus teratur dan sesuai dengan takaran. Kalian bisa memberikan serangga seperti jangkrik di pagi dan sore hari, dengan jumlah kira-kira 5 ekor dalam sekali penyajian.

2. Kroto

kroto
idntimes.com

Makanan yang mengandung protein tinggi dan juga makanan favorit burung kacer yaitu kroto atau telur semut rangrang merupakan salah satu makanan ektra bagi burung kacer yang sangat bermanfaat untuk merangsang kicauannya agar gacor.

Kroto ini merupakan makanan burung sangat banyak di berikan untuk semua jenis burung kicau termasuk burung kacer ini. Karena kroto sangat bermanfaat untuk merangsang suara burung dan tentunya membuat burung semakin sehat karena kandungan protein yang tinggi.

Saran pemberian pakan kroto yaitu cukup berikan dua kali selama seminggu agar tidak membuatnya gemuk dan sekaligus menghemat biaya. Kalian juga harus pahami stop pemberian pakan kroto menjelang 2 hari lomba.

3. Sayuran

sayuran
shopee.co.id

Selain pemberian makanan berprotein tinggi seperti serangga dan kroto, kalian juga dapat memberikan pakan tambahan berupa sayuran. Jenis-jenis sayuran yang dapat kalian berikan seperti selada, sawi, dan kangkung.

Kalian bisa memberikan sayuran tiap dua hari sekali sebagai variasi makanannya. Saran penyajian makanan nya kalian harus memotongnya kecil-kecil supaya dapat di konsumsi oleh burung kacer dengan baik.

Manfaat memberikan makanan sayuran untuk burung kacer yaitu membuat burung kacer terjaga kesehatannya, menambah nafsu makan burung, serta menambahkan variasi makanannya.

4. Buah-buahan

buah-buahan
grid.id

Buah-buahan bisa menjadi salah satu solusi makanan tambahan untuk burung Kacer. Jenis buah-buahan yang dapat kalian berikan untuk burung kacer seperti pisang, jeruk, pepaya, apel dan buah-buahan yang lainnya.

Pemberian pakan buah-buahan bisa kalian berikan secara bervariasi setiap harinya, alangakah lebih baiknya setiap beberapa minggu sekali saja agar burung Kacer juga tidak terlalu bosan dengan menu pokok hariannya.

Manfaat memberikan makanan buah-buahan untuk burung kacer yaitu dapat membantu kelancaran sistem pencernaan karena buah mengandung vitamin dan protein yang tinggi.

5. Ulat Hongkong

ulat hongkong
mediatani.co

Ulat Hongkong merupakan salah satu jenis makanan burung kacer yang mengandung protein tinggi. Ulat Hongkong ini cukup di sukai oleh burung kacer karena merupakan makanannya di alam bebas atau habitat aslinya.

Memberikan makanan ulat Hongkong untuk burung kacer ini sangat di sarankan karena ulat Hongkong mengandung protein dan kalori yang cukup bagus. Selain itu, yang perlu kalian perhatikan yaitu pemberian ulat Hongkong ini harus sesuai dengan takaran.

Pemberian ulat Hongkong tidak boleh berlebihan karena bersifat extra fooding atau makanan tambahan dan pakan ini dapat membuat hangat tubuh burung Kacer. Saran penyajian kalian bisa memberikan 6 ekor ulat Hongkong menjelang perlombaan.

6. Cacing

cacing tanah
omkicau.com

Cacing merupakan makanan burung kacer yang menyehatkan serta dapat meningkatkan tingkat birahi burung kacer. Pemberian pakan cacing ini sangat baik di berikan untuk burung kacer saat mendekati masa perkawinan.

Jenis cacing yang dapat kalian berikan untuk burung kacer adalah jenis cacing tanah. Cacing tanah ini sangat baik di berikan untuk burung karena mengandung protein tinggi.

Saran pemberian pakan cacing yaitu dua kali dalam seminggu sebagai kombinasi dari jenis pakan burung Kacer dan yang harus kalian perhatikan yaitu jangan berikan pakan cacing secara berlebihan karena dapat membuat burung kacer menjadi obesitas atau kegemukan.

7. Voer

voer burung
burunghobi.com

Voer merupakan salah satu makanan pokok atau utama bagi burung Kacer. kalian bisa memberi burung Kacer dengan menu makanan voer ini setiap hari. Voer ini terdapat beberapa gizi penting, seperti serat, mineral, dan protein yang sangat di butuhkan burung kacer.

Saran pemberian pakan voer, kalian cukup berikan 2 kali sehari saja. Alangkah baiknya sebelum di berikan untuk burung wadah makan burung di bersihkan terlebih dahalu, agar tidak bercampur dengan kuman dan kotoran burung.

Manfaat pemberian makanan voer untuk burung kacer yaitu gizi dan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh burung Kacer agar tetap sehat serta membantu pertumbuhan burung kacer.

8. Ikan

ikan
omkicau.com

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang dapat kalian berikan untuk burung kacer karena mengandung nutrisi yang sangat baik. Akan tetapi, pada habitat aslinya burung kacer tidak memakan ikan.

Pemberian pakan ikan bertujuan untuk menambah variasi menu makanan burung kacer supaya tidak bosan dengan menu hariannya dan dapat merangsang performa kicau burung saat stress.

Saran penyajian pakan ikan yaitu dengan cara potong kecil-kecil ikannya maupun kalian juga dapat memberikan jenis ikan yang berukuran mini atau kecil, supaya mempermudah burung kacer untuk memakannya.

9. Biji-bijian

biji-bijian makanan burung kacer
halodoc.com

Biji-bijian merupakan salah satu makanan tambahan untuk burung kacer. Sama halnya dengan jenis burung lain, Burung kacer juga menyukai biji-bijian karena dapat menambah asupan nutrisi mereka.

Burung kacer sejatinya memiliki paruh yang cukup besar sehingga dapat memakan biji-bijian yang berukuran cukup besar seperti biji jagung, beras, gandum dan kacang hijau.

10. Pakan Racikan

pakan racikan untuk burung kacer
fimela.com

Pakan racikan maksudnya adalah gabungan dari beberapa jenis pakan untuk burung kacer. Jenis pakan racikan seperti ini dianggap lebih bergizi karena mengandung nutrisi yang banyak serta berbeda yang berasal dari masing-masing jenis pakan.

Pakan racikan yang dapat kita berikan untuk burung kacer yaitu campuran dari apel, korto dan kuning telur puyuh. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan menggunakan ampas buah apel yang dicampur dengan kroto serta kuning telur puyuh tersebut. Saran waktu yang baik pemberian pakan racikan ini yaitu satu bulan sekali.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang telah membaca informasi makanan burung kacer gacor di atas. Semoga informasinya bermanfaat untuk kita semua.

Tidak lupa kami juga memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Kami juga mengingatkan untuk kalian semua sayangilah hewan peliharaan dan lingkungan serta alam di sekitar kalian. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.