Cara Merawat Burung Blackthroat

3 min read

cara merawat burung blackthroat

Cara Merawat Burung Blackthroat- Hai sobat pecinta burung bagaimana kabar kalian?, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tips merawat burung blackthroat. Sobat semuanya mungkin sudah tidak asing lagi dengan burung blackthroat ini. 

Karena burung blackthroat ini memiliki keistimewaan yaitu suara kicaunya yang merdu dan unik, sehingga burung ini sangat cocok untuk menjadi masteran burung kenari dan kacer.

Burung blackthroat ini adalah merupakan salah satu burung impor yang berasal dari Afrika. Bentuk fisik burung blackthroat ini mirip dengan burung kenari, akan tetapi untuk ukurannya burung ini lebih kecil dari burung kenari.

Apabila kalian ingin memiliki burung blackthroat ini, tentu untuk harganya tidak murah. Karena burung ini cukup sulit di temukan di pasaran dan untuk membelinya kalian import dari habitat atau daerah asalnya.

Jika sobat pecinta burung sudah ada yang memiliki burung blackthroat ini. kalian dapat menerapkan cara-cara merawat burung blackthroat supaya rajin bunyi dan gacor sebagai berikut.

Cara Merawat Burung Blackthroat Supaya Rajin Bunyi dan Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Blackthroat Supaya Rajin Bunyi dan Cepat Gacor
pawanghewan.co

Cara merawat burung blackthroat supaya rajin bunyi dan gacor sebenar hampir mirip dengan cara merawat burung kenari. Akan tetapi setiap burung memiliki cara-cara khusus agar menjadi gacor, berikut cara efektif yang dapat kalian terapkan untuk burung blackthroat kesayangan.

1. Pastikan Burung Blackthroat Berkelamin Jantan

Cara yang paling penting dan utama yaitu kalian harus memastikan bahwa burung blackthroat kalian berkelamin jantan. Kenapa kok harus burung blackthroat jantan sih?, karena burung blackthroat jantan memiliki suara kicau yang merdu, bervariasi dan lebih lantang dari blackthroat betina.

Secara umumnya ciri fisik burung blackthroat jantan yaitu memiliki corak trotol atau bercak hitam yang terdapat pada bagian leher serta warna corak trotolnya lebih pekat daripada burung blackthroat betina.

2. Pengembunan atau Diangin-anginkan

Cara kedua yaitu pengembunan atau diangin-aginkankan. Manfaat melakukan pengembunan pada burung blackthroat yaitu agar burung menghirup udara segar yang dapat menyehatkan pernafasan burung dan dapat merangsang burung blackthroat supaya berkicau.

Cara pengembunan atau diangin-anginkan alangkah baiknya kalian lakukan pada waktu pagi hari di saat setelah kalian melaksanakan sholat shubuh atau kurang lebih sekitar pukul 05.00 WIB. Untuk durasinya kurang lebih 1-2 jam.

3. Memandikan Burung dan Penjemuran

Cara yang ketiga yaitu memandikan burung dan penjemuran. Pada saat memandikan burung blackthroat kalian dapat menggunakan dua cara yaitu dengan cara disemprot atau kalian masuk ke dalam keramba mandi burung.

Kalian dapat memandikan burung blackthroat ini pada pagi hari ketika matahari sudah mulai meninggi atau sekitar pukul 08.00 – 09.00 pagi. Jika telah selesai memandikan kalian dapat menjemur burung blackthroat kurang lebih 1 jam saja atau ketika bulu burung sudah terlihat kering.

4. Bersihkan Kandang atau Sangkar

Hal yang tidak boleh dilupakan jika memelihara burung yaitu harus selalu menjaga kebersihan kandang atau sangkar. Kebersihan sangat mempengaruhi kualitas burung, jika kandang kotor dapat menyebabkan burung stres dan rentan terserang penyakit.

Alangka baik saat burung telah selesai dimandikan kalian bersihkan kandangnya dan tempat makanan si burung, agar terhindar dari bakteri berbahaya dari kotorannya. Pada dasarnya burung blackthroat ini menyukai area kandang yang bersih dan nyaman. 

5. Pemberian Pakan Harian

Pemberian makanan yang berprotein tinggi dan bergizi tentu sangat baik untuk menunjang pertumbuhan burung blackthroat. Makanan utama burung blackthroat adalah jenis biji-bijian seperti Canary seed dan Milet.

Untuk lebih mudahnya kalian juga dapat memberikan pakan instan yang di jual di toko burung. Selain itu kalian juga dapat memberikannya pakan tambahan atau ekstra fooding berupa sayuran segar.

Macam-macam ekstra fooding (EF) yang dapat kalian berikan untuk burung blackthroat seperti sawi putih dan telur puyuh rebus. Saran pemberian ekstra fooding yaitu dua kali saja dalam satu minggu.

6. Berikan Vitamin dan Suplemen

Untuk menunjang pertumbuhan dan menjaga daya tahan tubuh burung blackthroat, kalian dapat memberikannya vitamin. Jika ingin membuat burung blackthroat gacor dan rajin bunyi kalian dapat memberikan nya suplemen.

Kalian dapat membeli vitamin dan suplemen burung blackthroat ini di toko burung terdekat. Saran pemberian vitamin dan suplemen itu satu kali saja dalam satu minggu.

7. Pemasteran Burung Secara Rutin

Jika ingin membuat burung blackthroat menjadi gacor dan rajin bunyi, cara pemasteran ini lah jangan sampai terlewatkan. Karena pemasteran ini sangat bermanfaat untuk merangsang burung blackthroat agar berkicau.

Cara pemasteran burung blackthroat:

  1. Tempatkan burung blackthroat di tempat yang teduh dan tenang.
  2. Lalu, pastikan kandang atau sangkar dalam keadaan dikerodong.
  3. Kemudian putarkan audio suara atau mp3 suara burung blackthroat yang telah jadi atau sudah gacor.

Kalian bisa lakukan pemasteran ini dengan durasi kurang lebih 1 jam saja dan jangan terlalu lama karena dapat menyebabkan burung stres.

Cara Merawat Burung Blackthroat Lagi Mabung

Cara Merawat Burung Blackthroat Lagi Mabung
id.wikipedia.org

Ketika burung blackthroat yang sedang memasuki masa mabung nya, sangat butuh perawatan yang cukup ekstra. Selain perawatan yang ekstra, burung blackthroat juga membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk membantu perontokan dan pertumbuhan bulu tubuhnya.

Ciri-ciri burung blackthroat sedang memasuki masa mabung nya yaitu ditandai dengan mulai banyak bulu yang rontok di bagian tubuhnya. Tapi tidak perlu khawatir jika burung blackthroat kalian sedang mabung, karena kami akan membagikan cara efektif merawat burung blackthroat ketika sedang mabung.

1. Berikan Makanan Bergizi

Ketika burung blackthroat sudah masuk ke proses mabungnya kalian harus memberikannya makanan yang bergizi dan untuk porsinya di lebihkan dari pakan hariannya. Kalian juga bisa memberikan milet sebagai penunjang protein burung blackthroat.

Kalian juga dapat memberikan ekstra fooding seperti asinan dan tulangan. Manfaat asinan ini sangat bagus karena mengandung kalsium yang dapat menguatkan helai-helai bulu burung blackthroat.

Cara memberikan asinan ini cukup mudah, yaitu cukup gantung saja pada kandang atau sangkar burung. Selain asinan kalian juga dapat memberikan pakan tambahan seperti canary seeds dan jenis lainnya untuk menunjang nutrisi burung blackthroat.

2. Berikan Minuman dan Tambahan Vitamin 

Jika memberikan air minum untuk burung yang paling bagus dan direkomendasikan yaitu menggunakan air mineral atau air yang sudah dimasak terlebih dahulu. Tujuan memberikan air yang sudah dimasak yaitu agar kandungan mikroba di dalam air tersebut mati.

Selain itu, manfaat memberikan air yang sudah dimasak terlebih dahulu yaitu untuk menjaga pencernaan burung. Kemudian kalian juga dapat memberikan vitamin pada air minum burung itu, untuk membantu mempercepat proses mabungnya.

Kalian dapat membeli vitamin burung blackthroat di toko burung terdekat atau membelinya di toko online. Cara atau takaran penggunaannya disesuaikan dengan komposisi pada saran penyajian vitamin tersebut.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung semua yang telah membaca informasi diatas. Semoga cara-cara merawat burung blackthroat diatas dapat membantu dan mempermudah kita dalam merawat burung blackthroat.

Kami juga mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Tak lupa juga kami mengingatkan untuk kita semua agar selalu mencintai serta merawat hewan peliharaan secara baik dan tulus. “Terimakasih”:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *