Makanan Burung Gereja

4 min read

makanan burung gereja

Makanan Burung Gereja– Sobat pecinta burung pasti banyak yang sudah mengetahui burung gereja ini. Burung gereja adalah jenis burung kecil lucu yang hidupnya selalu berkelompok.

Kalian dapat menemukan kawanan burung gereja ini di daerah perkotaan. Burung gereja ini termasuk burung liar yang persebarannya cukup banyak di Indonesia, Akan tetapi habitat asli burung gereja ini berasal dari daerah dataran Afrika, Eropa, dan Asia.

Ciri-ciri burung gereja yaitu memiliki tubuh yang kecil mungil, tubuhnya berwarna abstrak coklat dan abu-abu, ekornya pendek, dan paruhnya kecil mirip dengan burung kenari.

Apabila sobat pecinta burung ingin memiliki burung gereja kalian dapat membelinya di toko burung atau mencari dan menangkapnya sendiri. Akan tetapi jika kalian memiliki burung gereja, kalian harus mengetahui macam-macam jenis makanannya. 

Sobat pecinta burung tidak perlu khawatir jika ingin memelihara burung gereja, kami akan membagikan tips mudah merawat burung gereja serta akan membagikan macam-macam jenis makanan burung gereja agar selalu sehat sebagai berikut.

Macam-Macam Jenis Makanan Burung Gereja

macam-macam jenis makanan burung gereja
hargaburung.id

Pada umumnya di alam burung gereja memakan padi. Akan tetapi jika kalian memelihara burung gereja, kalian dapat memberinya makanan yang bergizi agar mempercepat pertumbuhannya dan menjaga kesehatan si burung. Berikut macam-macam jenis makanan yang dapat kalian berikan. 

1. Beras Putih

makanan burung gereja
republika.co

Jenis makanan pertama yang dapat kalian berikan untuk burung gereja yaitu beras putih. Jika kalian mendapatkan atau membeli burung gereja pasti oleh penjualnya akan di berikan pakan beras putih. 

Beras putih ini sangat cocok kalian berikan untuk burung gereja karena barangnya mudah didapatkan dan beras putih ini merupakan makanan favorit burung gereja. Saran penyajian, kalian dapat memberikan beras putih ini dengan takaran secukupnya saja.

2. Beras Merah

makanan burung gereja
aladokter.com

Bukan hanya beras putih saja yang dapat kalian berikan untuk burung gereja. Beras merah juga dapat kalian berikan untuk burung gereja, karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk membantu masa pertumbuhan burung gereja.

Selain membantu pertumbuhan burung gereja, kandungan gizi pada beras merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan burung gereja. Untuk kandungan nutrisi beras merah bermanfaat menambahkan stamina burung gereja.

Saran penyajian pakan beras merah untuk anakan burung gereja alangkah baiknya kalian tumbuk atau haluskan terlebih dahulu, agar mempermudah anakan burung saat memakannya. Untuk burung gereja dewasa kalian dapat berikan beras merah ini secukupnya saja.

3. Jagung

jagung makanan burung
idozone.id

Selain beras, jagung adalah jenis biji-bijian yang dapat kalian berikan untuk burung gereja. Jagung ini sangat cocok diberikan untuk burung gereja karena memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan burung gereja untuk membantu proses pertumbuhannya.

Saran penyajian pakan jagung untuk burung gereja alangkah baiknya kalian tumbuk terlebih dahulu agar ukurannya menjadi lebih kecil. Jika pemberian pakan jagung ini tidak ditumbuk terlebih dahulu maka tidak akan bisa dimakan oleh burung gereja karena ukuran paruhnya yang kecil.

4. Padi

padi makanan burung gereja
ilmubudidaya.com

Padi merupakan makanan favorit burung gereja. Kalian pasti akan banyak menemukan burung gereja ini sedang memakan padi di sawah para petani. Kenapa padi menjadi makanan favorit burung gereja?.

Karena padi mengandung banyak sumber protein yang sangat banyak dan padi juga mengandung karbohidrat yang sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan burung gereja. Saran penyajian pakan padi berikan sesuai dengan takaran dan secukupnya.

5. Serangga

ulat hongkong unggulan
utusan.com

Selain jenis makanan biji-bijian, burung gereja ternyata juga memakan serangga. Banyak orang yang memelihara burung gereja dan mereka memberinya makan serangga karena kandungan nutrisinya sangat banyak.

Kandungan nutrisi pada serangga ini sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan burung gereja agar cepat besar dan menjaga daya tahan tubuh burung gereja agar tidak mudah sakit.

Jenis-jenis serangga yang dapat kalian berikan untuk burung gereja yaitu seperti jangkrik, belalang, ulat hongkong  dan juga kroto. Saran penyajian pakan serangga kalian dapat memberikannya dua kali saja dalam seminggu dan jangan terlalu sering karena dapat membahayakan kesehatan burung.

6. Voer

voer burung gereja

Jika kalian tidak mau ribet, voer merupakan jenis makanan burung gereja yang instan. Voer ini memiliki racikan bahan yang berkualitas yang sangat baik untuk tumbuh kembang burung gereja. Selain itu, voer ini mudah di dapat di toko burung dan harganya terjangkau.

Alangkah baiknya kalian berikan burung gereja makanan voer secara bertahap, karena pada umumnya jenis burung pemakan biji-bijian seperti burung gereja ini lumayan sulit makan voer dan bahkan ada yang tidak suka makan voer.

7. Milet

milet burung

Selain voer, makanan instan yang dapat kalian beli di toko pakan burung yaitu milet. Jenis milet yang dapat kalian berikan untuk burung gereja ada dua macam jenis yaitu milet merah dan milet putih.

Akan tetapi burung gereja lebih suka makan milet putih daripada milet merah. Jenis milet putih yang bagus untuk burung gereja yang berwarna putih bersih. Apabila ada milet yang warnanya agak kekuningan itu biasanya memiliki kualitas yang kurang bagus.

8. Sayuran Segar

sayuran untuk burung
honestdocs.id

Selain makanan dari biji-bijian dan makanan instan, ternyata burung gereja juga memakan sayuran loh. Jenis-jenis sayuran yang dapat kalian berikan untuk burung gereja peliharaan yaitu kangkung, kol dan sawi.

Kandungan gizi pada sayuran ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan burung gereja. Saran penyajian berikan sayuran ini di setiap pagi hari sama halnya kalian memberikan pakan sayuran untuk burung kenari dan lovebird. 

9. Buah-Buahan Segar

buah-buahan segar
klikdokter.com

Jenis makanan terakhir yang dapat kalian berikan untuk burung gereja peliharaan yaitu buah-buahan segar. Kandungan mineral pada buah-buahan segar ini sangat banyak sehingga bagus jika diberikan untuk burung gereja agar tidak dehidrasi.

Jenis-jenis buah segar yang dapat kalian berikan untuk burung gereja yaitu pisang, apel, tomat, dan pepaya. Saran penyajiannya berikan buah segar secara bergantian dengan pemberian sayuran segar.

Cara Mudah Menjinakan Anakan Burung Gereja

Cara Mudah Menjinakan Anakan Burung Gereja
kabarterbaru.co

Apabila sobat pecinta burung menemukan anakan burung gereja yang ditinggalkan oleh indukannya. Kalian dapat merawat anakan burung gereja itu dengan cara-cara berikut, agar anakan burung gereja menjadi jinak atau nurut.

1. Pastikan Burung Tidak Memiliki Induk

pertama-tama kalian harus memastikan anakan burung gereja tersebut telah ditinggalkan oleh induknya. Jika masih ada induknya alangkah baiknya kalian kembalikan ke tempat semula, supaya anakan burung gereja di rawat oleh indukannya sendiri.

2. Berikan Sangkar Yang Aman dan Nyaman.

Jika memang anakan burung gereja tidak memiliki indukan. Kalian dapat memindahkannya ke dalam sangkar atau kandang yang aman dan nyaman. Dimasukkan ke dalam sangkar ini bertujuan supaya anakan burung gereja aman dari serangan predator.

Alangkah baiknya jika kalian pindahkan anakan burung gereja ke dalam kandang, berikan alas kain atau jerami supaya suhu tubuh anakan burung gereja tetap stabil dan tentunya membuat nyaman.

3. Berikan Makanan Menggunakan Tangan

Cara ketiga yaitu kalian berikan makan anakan burung gereja menggunakan tangan. Memberikan makan menggunakan tangan ini adalah cara yang sangat efektif untuk membuat anakan burung menjadi jinak atau nurut.

Bisa membuat jinak anakan burung karena adanya kontak fisik antara kita dan burung, sama halnya anakan burung yang diberikan makanan oleh induknya. sebaiknya kalian cuci tangan terlebih dahulu ketika akan memberikan makan burung menggunakan tangan. 

Supaya anakan burung gereja terhindar dari kuman atau virus dari tubuh kita yang dapat membahayakan kesehatan dan tumbuh kembang anakan burung gereja.

4. Mengelus Burung Gereja

Cara terakhir yaitu mengelus atau memperlakukan burung gereja dengan baik supaya anakan burung gereja menjadi jinak. Manfaat mengelus burung yaitu membuat burung menjadi lebih tenang dan mudah mengenali pemiliknya.

Caranya cukup mudah, keluarkan burung gereja dari dalam sangkar dan pegang menggunakan tangan kiri kita. Kemudian selanjutnya kita bisa mengelus-elus kepala burung secara perlahan dan tenang.

Tips Merawat Burung Gereja Supaya Rajin Gacor

Tips Merawat Burung Gereja Supaya Rajin Gacor
grid.id

Tips membuat burung gereja menjadi rajin gacor yaitu cukup mudah. Kalian masukan burung gereja di dalam kandang, lalu kerodong kandangnya, tempatkan di tempat yang sepi dan nyalakan mp3 atau music box sebagai alat pemasteran.

Sebenarnya pada umumnya burung gereja tidak ada yang di jadikan burung kicau. Akan tetapi burung gereja pada umumnya dijadikan sebagai burung untuk masteran burung kicau seperti murai, pentet, kacer, dan jenis burung kicau lainnya.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada kalian semua yang telah membaca informasi tentang makanan burung gereja. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share informasi ini ke teman-teman yang lain.

Kami juga mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Tidak lupa juga kami mengingat untuk sobat-sobat semuanya agar selalu merawat hewan peliharaan dengan baik dan jagalah alam serta lingkungan sekitarnya. “Terimakasih”:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *