Cara Menjodohkan Murai Batu

5 min read

cara menjodohkan murai batu

Cara Menjodohkan Murai Batu- Dapat menjodohkan burung murai batu merupakan impian banyak peternak burung, karena ternak burung murai memiliki potensi bisnis yang bagus.

Selain memiliki potensi bisnis yang bagus. Burung murai batu juga terkenal dengan suara kicaunya yang merdu dan gacor. Sehingga banyak para sahabat kicau mania yang memelihara burung murai batu ini.

Jika sobat pecinta burung ingin memiliki burung murai batu yang bagus dan gacor, kalian dapat menjodohkan indukan burung murai batu yang jawara.

Menjodohkan dan menternakan burung murai batu tidak lah mudah. Apabila kalian ingin menjodohkan burung murai batu membutuhkan proses yang cukup panjang dan cara-cara khusus yang dapat kalian terapkan.

Berikut kami akan memberikan informasi yang dapat kalian terapkan tentang cara ampuh menjodohkan murai batu dan tips menaikan birahi murai batu.

Tips Menaikkan Birahi Murai Batu

tips menaikkan birahi murai batu

Sebelum kalian tau tips menaikkan birahi murai batu, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu ciri-ciri murai batu yang sedang birahi. Berikut ciri-ciri burung murai batu birahi:

  1. Kicauan burung murai batu gacor
  2. Burung murai batu jantan akan sering berbunyi ketika birahi
  3. Burung murai batu betina,ketika naik birahi mereka akan menyusun sarang.

Itulah ciri-ciri umum ketika murai batu sedang birahi. Jika kalian sudah mengetahui ciri-ciri murai batu birahi, langkah selanjutnya yaitu lakukan perawatan dengan baik serta kalian dapat menaikan birahi murai batu.

Untuk menaikkan birahi murai batu kalian tidak perlu mengetahui karakter setiap masing-masing burung murai batu. Karena pola perawatan menaikan birahi murai batu relatif semua nya sama, simak berikut informasinya.

1. Berikan Ekstra Fooding

Langkah awal kalian harus perhatikan jadwal pemberian EF atau ekstra fooding. Karena pemberian EF dapat mempengaruhi murai batu dalam mendapatkan masa birahi.

Jenis-jenis EF atau ekstra fooding yang dapat kalian berikan untuk burung murai batu, seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat kandang, dan cacing.

Dalam pemberian EF untuk burung murai batu sesuaikan dengan takarannya dan jangan berlebihan. Karena beresiko membuat burung murai batu berlemak sehingga dapat mempersulit murai batu mendapatkan masa birahinya.

Tips Pemberian EF untuk murai batu agar cepat birahi bisa disesuaikan dengan perawatan harian.Pada umumnya, peternak menaikkan porsi EF sedikit lebih banyak dari porsi harian.

Contoh pada harian biasa burung murai batu di berikan EF berupa jangkrik 5 ekor pagi dan 5 ekor pada sore hari. Jika ingin menaikan birahinya kalian dapat menambahkan 2 kali dari harian biasanya.

2. Atur Jadwal Mandi dan Penjemuran

Setelah mengatur jadwal pemberian ekstra fooding, langkah selanjutnya yaitu kalian juga harus mengatur jadwal mandi dan penjemuran burung murai batu.

Pada saat perawatan burung murai supaya cepat birahi, sebenar nya mandi bukanlah hal yang wajib. Jika memandikan murai batu dengan menggunakan alat semprot itu juga dapat menurunkan birahi murai batu.

Alangkah baiknya jika kalian ingin meningkatkan birahi murai batu, kalian dapat memandikan murai batu minimal seminggu sekali dengan cara dimasukkan ke dalam keramba, supaya burung mandi sendiri.

Untuk tips penjemuran kalian dapat menjemur burung murai batu setiap hari pada saat sinar matahari masih tidak terlalu panas bertujuan untuk mempercepat birahi murai batu.

Kalian dapat menjemur burung murai batu dengan waktu kurang lebih 1 jam sampai 2 jam tergantung treatment kalian kepada burung. Penjemuran ini sangat penting untuk murai batu karena dapat menaikkan hormon testosteron yang berfungsi untuk mendongkrak birahi kawin. 

3. Hindari Pengembunan

Tips terakhir yang harus kalian hindari jika ingin membuat burung murai menjadi birahi yaitu pengembunan. Mengembunkan burung murai batu di pagi hari ketika udara masih dingin akan susah untuk murai batu menjadi birahi.

Alangkah baiknya kalian hindari pengembunan jika ingin meningkatkan birahi murai batu, dan sebaiknya kalian keluarkan serta lepas kerodong murai batu pada saat matahari terbit dan cuaca atau udaranya sudah cukup hangat.

Teknik Menjodohkan Murai Batu

teknik menjodohkan murai batu

Perlu kalian ketahui menjodohkan burung murai batu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena burung murai batu memiliki karakter fighter atau petarung sehingga cukup sulit untuk menjodohkannya.

Kalian harus benar-benar mempersiapkan burung murai batu yang siap kawin. Jika kalian menjodohkan murai batu disaat waktu dan kondisi yang tidak tepat, dapat membahayakan burung murai batu karena mereka akan saling serang dan fatalnya murai jantan dapat membunuh betinanya.

Oleh karena kalian harus sangat selektif memilih burung murai yang akan di jodohkan. Berikut kami membagikan teknik menjodohkan burung murai batu sesuai dengan tempatnya.

1. Teknik Menjodohkan Murai Batu Dengan Tempel Sangkar

teknik menjodohkan murai batu dengan tempel sangkar

Teknik pertama yaitu menjodohkan murai batu dengan sistem tempel sangkar. Sistem tempel sangkar ini adalah teknik penjodohan burung murai yang sering digunakan para peternak dan tentunya teknik ini cukup mudah.

Meskipun teknik tempel sangkar ini cukup mudah, akan tetapi juga masih banyak peternak murai batu pemula yang gagal. Karena faktor dalam prakteknya kurang sabar.

Kesalahan yang sering dilakukan peternak pemula yaitu terlalu terburu-buru memasukkan murai batu jantan ke sangkar murai batu betina, sehingga menyebabkan burung murai batu jantan dan betina bertengkar.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir kesalahan dalam menjodohkan murai batu dengan teknik tempel sangkar. Kami akan membagikan cara menjodohkan murai batu dengan teknik atau sistem tempel sangkar yang baik dan benar sebagai berikut.

  1. Pertama kalian harus pastikan jika burung murai batu yang akan kalian jodohkan telah berumur lebih dari 1 tahun.
  2. Pastikan burung murai yang akan kalian jodohkan telah memasuki masa birahi nya, pada umumnya murai batu birahi ditandai dengan burung sering berkicau.
  3. Kemudian kalian dekatkan atau tempelkan sangkar murai batu jantan dan murai batu betina, serta usahakan posisi tangkringannya sejajar.
  4. Lalu amati perilaku kedua burung murai batu, jika murai batu berjodoh pada umumnya ditandai dengan tidurnya yang berdekatan pada saat malam hari.
  5. Jika burung murai batu sudah terlihat berjodoh kalian jangan tergesa-gesa untuk menggabungkannya dalam  satu sangkar. biarkan proses tempel sangkar ini berlangsung kurang lebih 1-2 minggu.
  6. Apabila proses di atas semua telah berjalan lancar dan murai batu terlihat sudah sangat birahi, kalian dapat menggabungkannya dalam 1 kandang atau sangkar.

2. Teknik Menjodohkan Murai Batu Dalam Keramba

teknik menjodohkan murai batu dalam keramba

Teknik kedua ini yaitu menjodohkan murai baru di dalam keramba. Teknik menjodohkan murai di dalam keramba ini terbilang cara yang unik. Karena kalian akan menyatukan burung murai batu supaya mandi bareng.

Akan tetapi teknik ini dapat kalian lakukan apabila burung murai batu telah melewati teknik yang pertama yaitu teknik tempel sangkar. Jika tidak melewati seleksi teknik pertama maka dapat dipastikan murai batu jantan dan betina akan bertengkar.

Jenis sangkar keramba yang dapat kalian gunakan yaitu yang menggunakan bahan kayu dan alumunium. Selain itu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu berikan air mandi yang cukup supaya murai batu jantan dan betina dapat mandi bersama.

Apabila murai batu jantan dan murai batu betina sudah masuk ke dalam keramba, kami harap kalian selalu pantau proses perjodohan mereka.Jika burung murai bertengkar segera dipisahkan supaya tidak berakibat fatal.

3. Teknik Menjodohkan Murai Batu Dengan Kandang Sekat

HiNyong

Teknik ketiga yaitu menjodohkan burung murai batu dengan kandang sekat. Teknik ini secara prinsip dan cara hampir sama dengan menggunakan teknik sangkar tempel.

Akan tetapi cara ini banyak digunakan oleh para peternak murai batu yang sudah suhu, karena menghemat tempat dan cukup efisien. Model kandang sekat ini pada umumnya berbentuk 1 kandang besar dan setiap bagian tengahnya di pisahkan atau di batasi menggunakan kawat ram.

4. Teknik Menjodohkan Murai Batu di Dalam Kandang Penangkaran

Teknik Menjodohkan Murai Batu di Dalam Kandang Penangkaran
KebumenHow

Teknik terakhir yaitu menjodohkan murai batu di dalam kandang penangkaran. Teknik ini termasuk cara yang paling efektif dan bagus untuk menjodohkan burung murai batu.

Sejauh ini sangat banyak peternak burung murai batu yang menggunakan teknik ini. Karena teknik menjodohkan murai batu di dalam kandang penangkaran ini banyak berhasilnya.

Caranya yaitu kalian masukan burung murai batu jantan yang berada di dalam sangkar ke dalam kandang penangkaran yang terdapat murai batu betina. Pantau terus proses perjodohannya.

Apabila murai batu betina sudah memberikan kode dengan mengepakkan sayapnya dan mulai membuat sarang maka dapat dipastikan bahwa mereka berjodoh. Akan tetapi kalian jangan terburu-buru untuk menggabungkannya.

Cara Menjodohkan Murai Batu Agar Cepat  Berjodoh

Cara Menjodohkan Murai Batu Agar Cepat  Berjodoh
birdsny.com

Jika sobat pecinta burung telah menemukan teknik menjodohkan burung murai batu dengan tepat. Langkah selanjutnya yaitu kalian harus mengetahui beberapa cara menjodohkan murai batu agar cepat berjodoh.

Cara- cara menjodohkan murai batu yang akan kami bagikan untuk sobat pecinta burung, juga dapat mencegah terjadinya pertengkaran antar murai batu jantan dan murai batu betina. Berikut cara-caranya.

1. Pastikan Burung Murai Sudah Birahi

Kunci utama kesuksesan menjodohkan burung murai batu yaitu memastikan burung murai batu jantan dan murai batu betina telah sama-sama birahi. Jika burung sama-sama birahi maka akan mempercepat proses perjodohannya.

Burung murai batu jantan dan murai batu betina yang sedang birahi ditandai dengan burung sering berkicau atau gacor.

2. Kenalkan dengan Tempel Sangkar

Jika burung murai batu jantan dan murai betina sudah sama-sama birahi, alangkah baiknya kalian jangan terburu-buru untuk menyatukannya dalam satu kandang.

Alangkah baiknya kalian kenalkan terlebih dahulu dengan menggunakan teknik tempel sangkar. Disaat sedang menjodohkan murai batu dengan teknik tempel sangkar sebaiknya kalian pantau di saat proses perjodohannya.

3. Pantau Burung Murai Yang Telah Dijodohkan 

Apabila burung murai batu jantan dan murai batu betina sudah dimasukkan ke dalam satu kandang, langkah yang wajib kalian lakukan yaitu selalu pantau keadaan burungnya.

Jika kalian melihat burung murai batu jantan menyerang murai batu betina, sebaiknya kalian pisahkan. Apabila tidak dipisahkan dapat berakibat fatal dan membahayakan nyawa murai batu betina.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang telah membaca informasi tentang cara menjodohkan murai batu. Semoga cara-cara diatas bermanfaat dan dapat membangkitkan semangat untuk mengembangbiakkan burung murai batu.

Kami juga mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Tak lupa juga kami mengingatkan untuk kita semua agar selalu mencintai hewan dan menjaga alam sekitarnya supaya tetap alami. “Terimakasih” 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *