Cara Meloloh Anak Lovebird Dengan Mudah Dijamin Sehat

3 min read

cara meloloh anakan lovebird dengan mudah di jamin sehat

Sobat pecinta burung di rumah sedang menternakan burung lovebird. Selain belajar menjodohkan burung lovebird, kalian juga harus tau cara meloloh anakan lovebird dengan mudah dijamin sehat.

Pada umumnya teknik meloloh ini dilakukan pada saat burung lovebird masih anakan. Meloloh adalah sebutan cara memberikan pakan kepada anakan burung dengan tangan.

Cara meloloh ini banyak di gunakan oleh peternak burung lovebird untuk memberikan pakan yang tepat dengan nutrisi anakan burung. Cara ini banyak di lakukan oleh peternak ketika indukan burung tidak dapat memberi makan kepada anaknya.

Selain itu, manfaat meloloh anakan burung anakan loverbird ini sangat banyak. Salah satunya yaitu membuat anakan burung lovebird menjadi lebih jinak dan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Setelah mengetahui apa itu teknik meloloh dan manfaat-manfaat meloloh anakan burung lovebird. Berikut kami telah menyajikan informasi untuk kalian tentang cara meloloh anakan lovebird yang benar.

Alat- Alat Untuk Meloloh Anakan Lovebird

alat untuk meloloh anakan lovebird

Sebelum masuk ke cara meloloh anakan lovebird, alangkah baiknya kalian harus persiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk meloloh anakan burung lovebird. Jenis alat-alat untuk meloloh anakan lovebird sebagai berikut:

1. Alat Suntik/ Alat Spet

alat suntik atau alat spet burung

Alat suntik atau alat spet ini di fungsikan untuk tempat penyimpanan adonan lolohan dan sebagai alat untuk meloloh anakan lovebird. Alat ini banyak di gunakan oleh peternak karena terjamin lebih mudah dan aman.

Akan tetapi masih banyak juga peternak lovebird yang menggunakan media atau alat lain seperti sendok atau botol bekas cuka. Jika kalian menggunakan alat suntik pastikan bagian ujungnya terdapat karet pentil, supaya mempermudah proses pelolohan.

2. Mangkuk Atau Wadah Pakan

mangkuk burung cantik

Mangkuk atau wadah pakan dipergunakan sebagai media atau alat untuk mencampurkan bahan-bahan adonan makanan lolohan anakan lovebird. Usahakan kalian menggunakan mangkuk yang terbuat dari kaca supaya lebih tahan terhadap suhu panas.

Selain itu, kalian harus pastikan mangkuk wadah pakannya dalam keadaan yang bersih supaya anakan burung lovebird tidak keracunan bekas adonan lolohan sebelumnya.

3. Termometer

termometer burung

Termometer digunakan untuk mengukur suhu adonan makanan yang akan diberikan ke anakan lovebird, ini sebenarnya optional, kalian bisa menggunakan atau tidak tergantung kebutuhan.

Kalian harus Pastikan suhu makanan yang akan di berikan untuk anakan lovebird dalam keadaan yang sudah dingin, Jika adonan lolohan masih terlalu hangat tidak baik dan dapat membuat panas kerongkongan serta tembolok anakan lovebird.

4. Inkubator

inkubator untuk burung

Inkubator ini digunakan untuk menjadi tempat pengembangan atau pertumbuhan anaka lovebird. Fungsi Inkubator yaitu memberikan kondisi suhu, kelembapan, dan kondisi lingkungan lain yang optimal yang diperlukan untuk anakan lovebird.

5. Tisu Dan Kain

tisu dan kain- roizzul.com

Tisu dan kain digunakan sebagai alas ketika proses pemberian makanan sedang dilakukan dan tisu juga digunakan untuk membersihkan badan anakan lovebird dari adonan lolohan yang tumpah.

Cara Meloloh Anakan Lovebird Aman dan Benar

Cara Meloloh Anakan Lovebird  Aman dan Benar

Sebelum meloloh anakan burung lovebird yang baru menetas, Alangkah baiknya kalian siapkan bahan-bahan makanan atau adonan lolohan terlebih dahulu, kemudian ikuti langkah berikut:

1. Persiapkan Adonan Lolohan

Hal pertama yang harus di siapkan saat akan meloloh anakan lovebir yaitu adonan makanannya atau adonan lolohan. Bahan-bahannya yaitu 2 bungkus bubur bayi beras merah ukuran 120 gram, 1 bungkus bubur bayi kacang hijau 120 gram, dan 1 bungkus pakan burung fancy rumput laut 450 gram.

Disaat mencampurkan semua bahan pastikan adonan jangan terlalu encer dan jangan terlalu panas. Perbandingan air hangat dan adonan yang dianjurkan adalah 2 : 1, serta air hangatnya suhunya berkisaran 38 sampai 40 derajat celcius.

2. Buat Jadwal Pemberian Pakan

Langkah kedua yaitu kalian buatlah jadwal pemberian pakan lovebird pada pagi, siang, dan sore. Usahakan memberikan pakan pada jam yang sama setiap harinya supaya tumbuh kembang anakan lovebird baik dan sehat.

Supaya sobat pecinta burung tidak bingung kami telah membuatkan jadwal lolohan anakan lovebird sebagai berikut:

  • Anakan lovebird baru menetas kalian bisa memberinya pakan lolohan sebanyak 4-5 kali dalam sehari. Untuk waktunya kalian bisa berikan setiap 5 jam sekali, dimulai dari jam 5 pagi sampai jam makan malam jam 9 malam.
  • Anakan lovebird usia 2 minggu kalian bisa memberinya pakan lolohan sebanyak 5-6 kali dam sehari. Untuk waktunya kalian bisa berikan di setiap jam 6 pagi, Jam 11 pagi, Jam 4 sore, dan terakhir jam 9 malam.
  • Anakan lovebird usia 1 bulan kalian bisa memberikannya pakan lolohan sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Untuk waktunya kalian bisa berikan di setiap jam 7 pagi, jam 12, dan jam 8 malam.

Tips: Apabila sobat pecinta burung sedang meloloh anakan lovebird yang masih ber umur 0 atau 1 hari, Hal yang harus kalian pahami yaitu harus telaten dan hati-hati. Karena anakan lovebird masih terlalu kecil dan cukup sulit untuk melolohnya.

3. Siapkan Alat-Alat Yang bersih dan Aman

Kalian harus pastikan alat-alat seperti spet, sendok, dan wadah pakan yang akan digunakan dalam keadaan yang bersih serta aman untuk si burung.

Jika alat-alat tidak bersih sangatlah berbahaya untuk si burung karena dapat menyebabkan adanya penyakit dari kotoran pada alat dan kuman atau bakteri yang berada di dalam alat yang kotor.

Apabila kalian menggunakan alat spet, alangkah baiknya kalian berikan karet pentil pada ujungnya supaya mempermudah saat meloloh anakan lovebird dan terjamin lebih aman.

4. Cara Aman Meloloh Anakan Lovebird

Kami di sini menganjurkan untuk kalian semua menggunakan alat spet burung atau alat suntikan sebagai media untuk meloloh anakan lovebird. Cara-cara amannya sebagai berikut:

  1. langkah pertama masukkan adonan lolohan kedalam spet atau alat suntikan.
  2. Kemudian masukkan ujung spet ke dalam paruh burung dengan sedikit penekanan yang cepat agar anakan dapat menelan mengikuti refleks alaminya.
  3. Jika sudah masuk ke dalam paruh burung, lalu Tekan spet secara hati-hati dan sesuaikan dengan ritme burung menelan makannya. Jangan terlalu cepat atau tergesa-gesa saat menekan spet, agar tidak mengakibatkan tersedak atau bahkan melukai kerongkongan anakan lovebird.
  4. Jika sudah selesai melolohnya, kemudian kalian bersihkan bekas-bekas makanan yang berada di bagian paruh burungnya.

5. Tempatkan Anakan Lovebird di Dalam Inkubator

Setelah anakan lovebird di berikan makan atau di loloh, alangkah baiknya kalian simpan anakan burung lovebird ini di dalam inkubator dengan suhu berkisar 32 hingga 35 derajat Celcius, dengan kelembapan 70% hingga 85%. Untuk mengeceknya kalian bisa menggunakan termometer.

Racikan Adonan makanan Lolohan Anakan Lovebird

Racikan Adonan makanan Lolohan Anakan Lovebird

Racikan adonan lolohan anakan burung lovebird ini cukup simpel dan mudah karena menggunakan bahan-bahan yang cepat saji. Kelebihan menggunakan bahan-bahan makanan cepat saji yaitu kandungan vitamin dan nutrisinya sangat lengkap.

Selain itu, menggunakan bahan-bahan makanan cepat saji ini cukup simpel dan mempermudah peternak burung lovebird. Berikut beberapa jenis bahan cepat saji yang dapat di jadikan adonan lolohan untuk anakan burung lovebird:

  • 2 bungkus bubur bayi beras merah, masing-masing berat kemasan 120 gram.
  • 1 bungkus bubur bayi kacang hijau, berat kemasan nya 120 gram.
  • 1 bungkus pakan burung fancy rumput laut dengan berat 450 gram.
  • 1 bungkus pakan burung classic rumput laut dengan berat 400 gram.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang telah membaca informasi tentang cara meloloh anakan lovebird. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa share informasi ini ke sobat pecinta burung yang lain.

Tak lupa kami juga memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Kami juga berpesan untuk para sobat pecinta burung, sayangilah semua jenis hewan dan rawatlah alam serta lingkungan sekitar kita. “Terimakasih” 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *