Cara Merawat Burung Cililin

4 min read

cara merawat burung cililin

Cara Merawat Burung Cililin – Hai, sobat pecinta burung, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara merawat burung cililin yang tepat dan supaya burung rajin bunyi.

Burung cililin ini terkenal dengan suaranya yang tajam dan merdu seperti burung murai batu dan kacer. Akan tetapi untuk perawatannya burung ini tidak mudah dan harus maksimal karena burung cililin mudah stres.

Burung cililin memiliki nama latin Platylophus galericulatus ini memiliki karakteristik yaitu tidak tahan dengan cuaca yang panas dan lebih suka ditempat yang teduh. Untuk harganya burung ini terbilang tidak murah, yaitu di jual berkisar antara 1,5 – 2,5 juta rupiah.

Burung cililin termasuk dalam keluarga gagak-gagakan, Burung cililin ini memiliki kondisi fisik yang paling lemah, rawan stress dibandingkan jenis burung gagak-gagakan lainnya dan burung ini mudah mati apabila perawatanya tidak tepat.

Setelah kita mengetahui bahwa perawatan burung cililin tidak mudah dan harus tepat dalam perawatannya. Berikut kami telah membagikan tips perwatan harian burung cililin yang tepat dan supaya rajin bunyi untuk sobat pecinta burung.

Tips Perawatan Harian Burung Cililin Yang Tepat Supaya Rajin Bunyi

tips perawatan harian burung cililin yang tepat supaya rajin bunyi
jalaksuren.net

Sangat jelas dan pokok yang harus diperhatikan saat memelihara burung cililin yaitu perawatan hariannya. Langkah awal yang harus kalian pahami dalam merawat burung cililin adalah pahami karakter burung dan pahami favorit makanannya.

Burung cililin terkenal dengan burung yang besifat aktif, sehingga burung ini membutuhkan perawatan yang ekstra dan tidak lupa juga kalian harus berikan pakan yang mengandung gizi serta nutrisi yang baik.

Selain itu, burung cililin ini mudah stres apabila memasuki masa mabung nya. Oleh karena itu kami akan membagikan tips perawatan harian burung cililin yang tepat supaya rajin bunyi sebagai berikut.

1. Menjaga Kebersihan

Tips pertama yang harus kalian lakukan yaitu menjaga kebersihan kandang atau sangkar. Menjaga kebersihan sangkar ini bertujuan untuk menjaga kesehatan burung supaya terhindar dari kuman dan bakteri.

Alangkah baiknya setiap satu minggu sekali kalian bersihkan sangkar atau kandang dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan khusus burung, bertujuan untuk memusnahkan hama dan parasit yang ada di dalam kandang.

2. Pengembunan atau Diangin-aginkan

Tips kedua yaitu pengembunan, Untuk burung cililin kalian dapat mengembunkan burungnya sekitar jam 5 pagi atau setelah sholat shubuh. Tujuan di embunkan yaitu memberikan efek segar dan sejuk untuk pernafasan si burung.

Selain pengembunan, burung cililin juga harus di angin-anginkan apabila burung setelah selesai di mandikan. Saat burung di angin-anginkan kalian juga dapat memberikan pakan tambahan atau ekstra fooding seperti kroto.

3. Penjemuran dan Pemandian

Tips ketiga yaitu penjemuran, Alangkah baiknya kalian jemur burung cililin sekedarnya saja dan lakukan penjemuran di jam-jam pagi yaitu sekitar pukul 06.00 -07.00.

Hal yang perlu di ingat jangan lakukan penjemuran melebihi waktu di atas karena burung cililin tidak tahan dengan panas. Tujuan burung cililin di angin-anginkan yaitu supaya mendapatkan provitamin D dari sinar matahari pagi.

Untuk tips pemandian alangkah baiknya kalian siapkan sangkar khusus supaya burung mandi sendiri seperti burung murai dan kacer. Tips ini bertujuan supaya burung tidak mudah sters.

4. Pemberian Pakan dan Vitamin

Tips yang harus kalian sangat perhatikan yaitu pemberian pakan, karena pemberian pakan ini adalah kunci supaya burung cililin rajin bunyi dan tetap sehat tentunya.

Kalian dapat memberikan pakan EF atau pakan tambahan serangga seperti jangkrik setelah burung beres dimandikan, kasih sebanyak 5 ekor saja, dan sore harinya kembali kalian berikan 5 jangkrik lagi, untuk pemberian keroto segar kalian boleh 2 hari sekali atau 3 kali dalam 1 minggu.

Selain pemberian pakan kalian juga harus memberikan vitamin untuk burung cililin. Pemberian vitamin ini bertujuan untuk menjaga burung agar tetap sehat dan aktif. Kalian dapat memberikan vitamin seperti BirdVit 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

5. Pemasteran dan Pengkrodongan

Supaya burung cililin rajin bunyi dan gacor kalian dapat melakukan tips pemasteran di sore harinya sekitar pukul 17.30 WIB menjelang masuk waktu maghrib, alangkah baiknya sangkar burung harus di kerodong dan ditempatkan di tempat tenang dan nyaman.

Kalian dapat melakukan pemasteran menggunakan musik box atau alat pemutar audio mp3 dan yang perlu di perhatikan yaitu volume suaranya jangan terlalu keras, karena dapat menyebabkan burung cililin menjadi stres.

Beberapa Masalah Dalam Perawatan Burung Cililin

Beberapa Masalah Dalam Perawatan Burung Cililin
burungcantik.com

Dalam merawat burung cililin tentu kalian akan mendapati beberapa masalah, karena sudah jelas perawatan burung cililin ini cukup sulit dan tidak mudah.

Namun kalian jangan khawatir dengan masalah yang kalian hadapi saat merawat burung cililin ini, karena pada dasarnya setiap ada permasalahan pasti ada penyelesaian dan jalan keluarnya.

Berikut beberapa masalah yang banyak dialami oleh para sobat pecinta burung saat memelihara burung cililin.

1. Burung Cililin Tidak Mau Makan Voer

Kalian jangan pernah anggap remeh jika sebelumnya burung cililin nge-voer total dan tiba-tiba tidak mau makan voer. Pasti ada masalah dengan burung tersebut, berikut beberapa kemungkinan yang menyebabkan burung cililin tidak mau makan voer.

  • Burung Stress. Burung yang baru dibeli dan melakukan perjalanan lama biasanya akan mengalami stress. Alangkah baiknya kalian pisah kan burung dengan burung jenis lainnya di tempat yang sunyi dan nyaman. Tak lupa lakukan juga adaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Burung Tidak Nyaman Dengan Tempat Baru. Ada kemungkinan burung tidak nyaman dengan lokasi sekitarnya, oleh karena itu kalian harus carikan tempat di mana burung merasa nyaman dan bisa kembali makan.
  • Beda merk voer. Setiap voer memiliki kandungan dan rasa yang berbeda-beda. Alangkah baiknya kalian berikan voer untuk burung cililin satu merk aja dan jangan suka di ganti-ganti.

Solusi untuk burung cililin apabila tidak mau memakan voer yang sudah kalian berikan. Kalian dapat menambahkan voer dengan kroto, supaya menambahkan nafsu makan burung cililin untuk memakan voer lagi.

2. Burung Cililin Macet Bunyi

Burung cililin macet bunyi pada umumnya di sebabkan oleh adanya gangguan pernafasan dan atau karena burung sedang stres. Apabila burung tidak terlihat mengalami kesakitan, maka dapat di pastikan bahwa burung sedang sters.

Solusi yang dapat kalian ambil apabila burung cililin macet bunyi karena burung sedang stres yaitu dengan mengkrodong burung dan pindahkan ke tempat yang nyaman dan sepi.

3. Burung Mati Akibat Penjemuran Yang Terlalu Lama

Karakteristik asli burung cililin adalah burung yang tidak menyukai cuaca yang panas. Oleh karena itu kalian jangan terlalu lama dalam menjemur burung cililin. Lakukan penjemuran kurang lebih 1 jam dan lakukan penjemuran di pagi hari.

Jenis Makanan Burung Cililin Agar Cepat Gacor

kacer.co.id

Salah satu aspek yang paling penting supaya burung gacor ialah tercukupinya nutrisi yang diperlukan. Maksudnya, kita harus memberikan makanan yang bagus serta baik untuk burung kesayangan kita.

Satu hal yang wajib Kalian berikan untuk burung cililin yaitu makanan yang masih fresh, bersih, serta natural buat cililin. Berikut beberapa contoh jenis makanan segar dan baik untuk burung cililin agar cepat gacor.

  1. Kroto
  2. Jangkrik
  3. Ulat
  4. Cicak
  5. Telur Rebus
  6. Voer

Itulah jenis makanan burung cililin agar cepat gacor. Untuk pemberian pakannya alangkah baiknya perhatikan takarannya dan jangan berlebihan.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang sudah membaca artikel diatas. Semoga materi cara merawat burung cililin di atas dapat membantu kalian dalam merawat burung cililin kesayangan kalian di rumah.

Kami juga mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya, Tak lupa kami mengingatkan untuk kita semua, sayangilah hewan dan rawatlah alam sekitar supaya tetap terjaga serta damai hidup berdampingan. “Terimakasih” 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *