Cara Mengatasi Murai Ngelowo dan Penyebabnya

3 min read

cara mengatasi murai ngelowo dan penyebabnya

Cara Mengatasi Murai Ngelowo – Penyebab burung murai ngelowo salah satunya yaitu di akibatkan mental burung murai jatuh ketika bertemu dengan burung murai lain yang usianya lebih matang dan powernya keras.

Burung Murai merupakan jenis burung fighter dengan mental petarung yang tinggi seperti burung fighter lainnya. Tentunya ketika burung murai memiliki mental yang optimal, maka biasanya memiliki kemampuan berkicau yang cukup bagus.

Apabila burung murai memiliki mental yang belum matang atau belom optimal dan kondisi burung murai sedang menurun mereka akan ngelowo atau ngebatman.

Kondisi ngelowo merupakan kondisi dimana burung murai membuka sayapnya ketika melihat burung murai lainnya, dan hal tersebut biasanya di ikuti dengan perilaku lainnya, seperti naik turun tangkringan dan mengeluarkan suara ngeriwik atau kecil.

Kondisi burung murai sedang ngelowo, sangatlah membuat pemilik atau sahabat kicau mania kecewa, karena kondisi burung murai ngelowo atau ngebatman dapat menurunkan kualitas burung itu.

Oleh karena itu kami telah menyiapkan tips mencegah dan cara untuk mengatasi burung murai agar tidak ngelowo. Akan tetapi alangkah baiknya kalian baca terlebih dahulu penyebab burung murai ngelowo sebagai berikut.

Penyebab Burung Murai Ngelowo

Penyebab Burung Murai Ngelowo
omkicau.com

Pada dasarnya kondisi burung murai ngelowo atau ngebatman adalah karakter alami burung murai. Akan tetapi juga ada penyebab- penyebab lainya yang dapat membuat burung murai ngelowo dan menurunkan kualitasnya.

Berikut beberapa penyebab yang dapat membuat burung murai ngelowo atau ngebatman:

  1. Burung Murai Over Birahi disebabkan salah pola perawatan atau kesalahan perawat yang tidak dapat memantau perkembangan burung Murai miliknya. 
  2. Burung Murai Down/kalah mental disebabkan karena si burung murai masih terlalu muda yang dipaksakan ikut dalam lomba (fight), karena pada dasarnya si burung mengenal sistem senioritas.
  3. Burung Baru selesai mabung disebabkan kondisi fisik yang belum siap 100% serta libidonya yang belum naik, hal ini dapat terlihat dengan sikapnya yang galak, dapat menyebabkan burung Murai berperilaku ngelowo atau ngebatman.
  4. Burung Murai Terlalu Berlebihan saat dijemur disebabkan lokasi gantangan membuat si burung tidak nyaman dan akhirnya membuat burung berperilaku ngelowo.
  5. Burung Murai Terlalu Jinak Disebabkan si burung terlalu jinak, tandanya saat didekati orang ekornya dinaikan, dada dibusungkan, dan suara tidak berfariativ.

Apabila sahabat kicau mania sudah mengetahui penyebab-penyebab burung murai ngelowo, maka langkah selanjutnya yaitu bagaimana cara atau tips mencegah burung murai ngelowo. Berikut tipsnya.

Tips Mencegah Burung Murai Ngelowo

Tips Mencegah Burung Murai Ngelowo
hmetro.com.my

Tips mencegah burung murai agar tidak ngelowo supaya burung murai bisa tampil dengan bagus serta maksimal saat mengikuti perlombaan. Berikut tips pencegahannya:

  • Jangan paksakan burung murai yang masih berusia muda, karena kemungkinan besar dia akan ngelowo saat di lombakan di akibatkan mentalnya yang belum siap.
  • Kurangi pemberian pakan ekstrafooding atau EF seperti ulat hongkong dan jangkrik.
  • Jangan berlebihan saat dijemur karena segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, termasuk saat burung Murai dijemur.
  • Jangan paksakan burung murai yang proses mabungya belum selesai karena dalam kondisi seperti itu stamina dan mentalnya belum siap.

Cara Mengatasi Murai Ngelowo

cara mengatasi burung murai ngelowo

Cara mengatasi burung murai ngelowo atau ngebatman kurang lebih ada 4 cara umum yang dapat kalian terapkan untuk burung murai kesayangan kalian yang ngelowo. Berikut cara-caranya:

1. Merubah Lokasi Gantangan

Kalian dapat menerapkan cara ini apabila ternyata penyebab burung murai ngelowo adalah gantangannya. Karena memang ada kondisi dimana burung murai bersikap demikian sebagai respon ketidaknyamanan atas tempat gantangan yang ditempatinya.

2. Berikan Perawatan Yang Tepat dan Benar

Cara yang cukup efektif untuk mengatasi burung murai yang ngelowo yaitu dengan memberikan perawan yang tepat dan benar. Jangan berikan ekstrafooding seperti ulat hongkong dan jangkrik secara berlebihan.

Apabila kalian memberikan perawatan yang asal-asalan akan membuat burung murai bersifat semaunya dan dapat bisa menjadi salah satu faktor penyebab burung ngelowo.

3. Melemparkan Ekstra Fooding atau EF dan Kurangi Pemberian EF

Cara melemparkan ekstra fooding atau ef ini di nilai cukup efektif apabila burung murai yang ngelowo terlalu jinak. Tujuan pemberian ekstra fooding atau EF dengan cara dilempar ini, dimaksudkan supaya burung murai mau mengejarnya dan agar burung tidak manja.

Selain itu, kalian juga harus mengurangi pemberian ekstra fooding seperti jangkrik dan ulat hongkong. Karena pemberian EF secara berlebihan tidak baik untuk burung murai.

4. Membiarkannya Melalui Proses Secara Alami

Kalian juga dapat membiarkan burung murai melakukan proses alaminya, akan tetapi bila membiarkannya melalui proses alaminya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pada intinya jangan paksa burung untuk terus fight, karena banyak juga orang yang terus mengikutkan burung fight bertujuan untuk membantu perontokan bulunya. menurut kami cara itu cukup kurang bijak ya.

Cara Mengatasi Burung Murai yang Ngelowo Karena Kalah Mental

Cara Mengatasi Burung Murai yang Ngelowo Karena Kalah Mental
petpintar.com

Salah satu penyebab yang sering membuat burung murai ngelowo yaitu burung kalah mental dengan burung murai jenis lainnya yang memiliki mental bagus dan usianya lebih matang.

Alangkah baiknya apabila kalian memiliki burung murai jangan terburu-buru untuk mengikutkan lomba. Karena pada dasarnya burung itu termasuk makhluk yang mengenal istilah senioritas

Cara mengatasi burung murai yang ngelowo karena kalah mental:

  1. Untuk memulihkan stamina burung murai, kalian bisa memberinya kuning telur ayam setiap seminggu sekali.
  2. Burung murai yang kalah tarung seperti ini sebaiknya kalian asingkan terlebih dulu dan jauhkan dari tempat keramaian selama beberapa saat.
  3. Atur supaya burung ini tidak melihat burung murai lainnya hingga kondisi mentalnya kembali pulih seperti sedia kala.
  4. Saran untuk burung murai yang akan di ikutkan lomba, tunggulah sebentar sampai usia si burung cukup matang dan mentalnya juga kuat.

Cara Mengatasi Burung Murai yang Ngelowo Karena Masih Berada dalam Kondisi Mabung

Cara Mengatasi Burung Murai yang Ngelowo Karena Masih Berada dalam Kondisi Mabung
hewanesia.com

Mabung adalah kondisi dimana bulu-bulu tua yang terdapat pada burung dan unggas rontok secara periodik. Perlu diketahui bahwasanya burung murai yang sedang berada ddalam kondisi tersebut, kondisi mental dan fisiknya masih belum stabil.

Apabila burung murai sedang berada dalam kondisi mabung alangkah baiknya kalian jangan memaksakan burung untuk mengikuti perlombaan atau bertarung terlebih dahulu.

Cara mengatasi burung murai yang ngelowo karena masih berada dalam kondisi mabung:

  1. Tunggu kurang lebih 2 bulan untuk burung murai memulihkan dirinya setelah dalam kondisi mabung.
  2. Jika burung murai masih dalam kondisi mabung jangan dipaksakan untuk fight, pasti dia akan ngelowo karena mental dan staminanya belom stabil.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sahabat kicau mania dan sobat pecinta burung yang telah membaca artikel diatas, semoga cara dan tips diatas dapat membantu mengatasi burung murai ngelowo dan jangan lupa share artikel ini biar bermanfaat untuk yang lain juga.

Tak lupa pula kami memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Pesan dari kami sayangilah hewan dan rawatlah dengan baik. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *