Makanan burung kemade

3 min read

Makanan burung kemade

Makanan burung kemade– Sobat pecinta burung ada yang belum mengetahui tentang burung kemade?. Pada umumnya burung kemade ini lebih banyak dikenal dengan nama burung cabe-cabean.

Burung kemade ini memiliki ciri khas yaitu ukuran tubuhnya yang kecil. Untuk habitatnya kalian dapat menemukan burung kemade di daerah pedesaan yang terdapat banyak pohon mangganya.

Makanan burung kemade di alam liar adalah jenis buah-buahan dan serangga kecil. Jenis buah-buahan yang disukai oleh burung kemade yaitu yang mengandung banyak air, contohnya seperti buah jambu biji dan jambu air.

Keunikan burung kemade yaitu memiliki warna bulu yang cantik dan bentuk tubuhnya unik. Selain itu burung kemade banyak digemari karena memiliki suara kicauan yang khas dan volume suaranya lebih keras dari pada burung pleci.

Untuk sobat pecinta burung tidak perlu khawatir apabila ingin merawat burung kemade. Karena kami akan membagikan jenis-jenis makanan burung kemade yang dapat kalian berikan untuk pakan kesehariannya sebagai berikut.

Jenis-Jenis Makanan Burung Kemade

makanan burung kemade anakan
omkicau.id

Pada habitat aslinya burung kemade adalah jenis burung pemakan buah-buahan. Akan tetapi jika sobat semuanya ingin merawat burung kemade, kalian dapat memberikan jenis-jenis makanan sebagai berikut.

1. Buah-buahan Segar

jenis-jenis makanan burung kemade
klikdokter.com

Jenis makanan paling utama yang wajib kalian berikan untuk burung kemade adalah buah-buahan. Jenis buah-buahan segar yang disukai oleh burung kemade yaitu yang banyak mengandung mineral atau air.

Jenis- jenis buah-buahan segar yang dapat kalian berikan untuk burung kemade:

  1. Jambu Biji
  2. Jambu Air
  3. Apel 
  4. Pear
  5. Pepaya
  6. Pisang
  7. Dan jenis buah segar lainnya.

Cara pemberian buah-buahan segar yaitu bersihkan terlebih dahulu buahnya menggunakan air mengalir, agar terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit gangguan pencernaan pada burung kemade.

Langkah selanjutnya ketika burung kemade sudah selesai makan buah-buahannya, alangkah baiknya kalian segera bersihkan kandang burungnya agar terhindar dari kuman dan agar burung kemade nyaman berada di kandang yang bersih.

2. Serangga Kecil

jenis-jenis makanan burung kemade
idntimes.com

Makanan alami burung kemade ternyata tidak hanya buah-buahan saja, akan tetapi burung ini juga memakan jenis serangga kecil. Jenis-jenis serangga yang dapat kalian berikan untuk burung kemade seperti ulat hongkong, jangkrik, dan kroto atau larva semut.

Jenis serangga kecil ini sangat bagus diberikan untuk burung kemade karena mengandung protein tinggi yang bagus untuk metabolisme dan menjaga daya tahan tubuhnya dari gangguan penyakit yang disebabkan dari virus dan bakteri atau dari udara serta suhu sekitar lingkungannya.

Sebaiknya pemberian pakan serangga kecil untuk burung kemade berikan secukupnya saja dan jangan berlebihan. Lebih tepatnya serangga kecil dijadikan sebagai pakan tambahan atau EF saja. .

3. Voer Burung

jenis-jenis makanan burung kemade

Voer burung adalah jenis makanan instan olahan pabrik yang dapat kalian berikan untuk burung kemade. Voer burung merupakan salah satu jenis yang termasuk makanan pokok burung kemade.

Voer sangat bagus untuk dijadikan makanan utama burung kemade karena kandungannya yang sangat komplit. Di dalam voer burung mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan membantu mempercepat tumbuh kembang burung kemade.  

Terkadang ada burung kemade yang belum mau memakan voer karena pada habitat aslinya makanan anakan burung kemade yaitu buah-buahan dan serangga kecil. Solusinya yaitu kalian harus melatihnya terlebih dahulu. Berikut cara melatih burung kemade makan voer yang dapat kalian terapkan.

Cara melatih burung Kemade makan voer

Cara melatih burung Kemade makan voer
kicaumania.net

Apabila selama ini burung kemade peliharaan kalian, hanya kalian berikan makanan buah-buahan dan serangga saja. Cobalah mulai melatih burung kemade kalian untuk memakan makanan instan seperti voer.

Pemberian pakan voer ini bertujuan untuk mempermudah kalian dalam merawat burung kemade dan  membiasakan burung kemade agar makan voer. Jika burung kemade tidak mau makan voer maka akan sulit dalam perawatannya dan burung rentan mati.

Apabila sobat pecinta burung memiliki burung kemade akan tetapi belum mau makan voer, cobalah cara- cara berikut. Semoga dapat membantu mengatasi masalah kalian dalam merawat burung kemade ini.

1. Siapakan Buah Pisang Yang Sudah Matang

Cara yang pertama, kalian harus menyiapkan bahan yaitu buah pisang yang sudah matang. Untuk jenis buah pisang yang disarankan adalah pisang kepok atau jenis pisang yang kalian berikan setiap harinya juga bisa.

Jika buah pisang sudah siap, lalu kalian campurkan buah pisang kedalam adonan voer yang sudah dicairkan menggunakan air. Kemudian kalian aduk voer dan pisang sampai halus, setelah halus letakkan adonan di wadah pakan burung.

Ketika pakan sudah diberikan, kalian wajib memantau burung kemade kurang lebih 1 minggu dan pastikan dalam 1 minggu itu berikan pakan yang sama atau jangan di ganti. Apabila burung kemade tidak menyukai cara itu kalian dapat menggantinya dengan cara yang kedua, sebagai berikut.

2. Campurkan Voer Dengan Air

Cara yang kedua ini adalah cara yang cukup umum digunakan oleh para sobat pecinta burung. Karena cara yang kedua ini cukup mudah dan simpel, yaitu kalian cukup mencampurkan voer dan air hangat, lalu aduk hingga halus.

Apabila burung kemade masih tidak mau memakan voer menggunakan cara yang kedua ini. kalian dapat memeriksakan burung ke dokter hewan atau cara alternatifnya kalian harus memberikan pakan sesuai denga pakan di alamnya atau habitat aslinya.

Manfaat Makanan Voer Untuk Burung Kemade

Manfaat Makanan Voer Untuk Burung Kemade
pleci.id

Wajib kalian ketahui, supaya burung Kemade peliharaan kalian kondisi tubuhnya selalu sehat, maka penuhi asupan gizinya. Setiap hari burung kemade memerlukan asupan makanan yang terdapat banyak kandungan air, mineral, vitamin, protein dan juga nutrisi.

Untuk menunjang kebutuhan gizi burung kemade kalian dapat memberikan pakan seperti voer. Makanan voer ini sangat banyak mengandung manfaat untuk burung kemade.

Manfaat voer untuk burung kemade:

  1. Memenuhi asupan makanan yang dibutuhkan oleh burung kemade.
  2. Mempermudah pemilik burung  dalam merawat burung kemade.
  3. Membantu menjaga stamina tubuh burung kemade.
  4. Dapat mempercepat pertumbuhan burung kemade.

Itulah manfaat voer untuk burung kemade. Sebaiknya saat memberikan pakan voer untuk burung kemade kalian juga memberinya pakan tambahan berupa serangga kecil dan buah-buahan segar.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada sobat pecinta burung yang telah membaca informasi tentang makanan burung kemade di atas. Semoga informasinya bermanfaat untuk kita semua.

Tidak lupa kami juga mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Kami juga mengingatkan untuk kalian semua sayangilah semua jenis hewan dan rawatlah lingkungan serta alam di sekitar kalian. “Terimakasih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *