Makanan Burung Falk 

3 min read

makan burung falk agar cepat bertelur

Makanan Burung Falk– Burung falk merupakan jenis burung yang termasuk kedalam jenis burung paruh bengkok. Pada umumnya burung falk ini lebih dikenal dengan sebutan burung parkit australia.

Burung falk atau parkit australia ini cukup sulit dijumpai di Indonesia karena burung ini merupakan burung impor. Habitat burung falk yaitu berasal dari daerah semi kering Australia.

Burung falk atau cockatiel merupakan jenis burung yang sangat banyak peminat yang ingin membeli dan memeliharanya. karena burung falk ini memiliki ciri khas yaitu bentuk tubuh ramping, lucu, menggemaskan dan karakternya berani.

Untuk makanan pada habitatnya di alam liar burung falk memakan jenis biji-bijian seperti jagung dan padi. Apabila sobat burung tertarik untuk memelihara burung falk, alangkah baiknya kalian ketahui dahulu jenis makanan apa saja yang dapat kalian berikan untuk burung falk.

Sobat semua nya tidak perlu khawatir jika ingin memelihara burung falk. Karena kami akan memberikan tips makanan harian yang bagus untuk burung falk, ekstra fooding atau pakan tambahan yang dapat kalian berikan dan makanan burung falk agar cepat bertelur. Simak berikut informasinya.

Makanan Burung Falk (Parkit Australia) Bagus Untuk Harian

makanan harian burung falk
pexels.com

Pada dasarnya burung falk adalah burung paruh bengkok. Oleh karena itu sudah bisa kita pastikan kalau burung falk menyukai makanan jenis biji-bijian. Berikut jenis makanan biji-bijian yang dapat kalian berikan untuk burung falk.

1. Milet Merah dan Milet Putih

Sama halnya dengan burung lovebird. Burung falk atau parkit australia juga menyukai jenis makanan milet merah dan milet putih. Millet merupakan jenis makanan instan yang mengandung banyak protein dan mudah untuk kalian beli.

Cara memberikan makanan milet merah dan milet putih alangkah baiknya kalian campurkan menjadi satu dan aduk secara merata, kemudian baru kalian berikan untuk burung falk. Saran jika kalian membeli milet, pilihlah milet yang warnanya putih bersih, jika milet warnanya kekuningan itu biasanya memiliki kualitas yang kurang bagus.

Kalian harus memberikan pakan milet merah dan milet putih secara teratur. Agar burung falk selalu dalam kondisi yang sehat, stamina nya tetap terjaga dan terhindar dari penyakit.

2. Canary Seed

Biji kenari atau yang lebih umumnya disebut dengan canary seed merupakan jenis  makanan untuk burung kenari dan parkit, termasuk burung burung falk juga. Kandungan yang terdapat dalam makanan canary seed ini berupa lemak,protein, hidrat dan beberapa jenis zat yang dapat menyegarkan tubuh burung.

Memberikan makanan canary seed untuk burung falk sangat dianjurkan karena memiliki beberapa manfaat yaitu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi burung falk dengan baik, meningkatkan kualitas kicau burung falk dan membantu menjaga imunitas burung agar tidak mudah sakit. 

3. Pakan Premium

Apabila kalian ingin membuat burung falk menjadi burung yang memiliki kicauan yang indah dan merdu, kalian dapat memberinya pakan yang premium. Pakan premium ini merupakan jenis makanan instan yang didalamnya mengandung banyak bahan berkualitas, vitamin, mineral dan nutrisi. Sehingga sangat disarankan untuk di makan burung falk. 

Berikut rekomendasi jenis-jenis pakan premium untuk harian yang dapat kalian berikan untuk burung falk:

  • Exotic Nuts makanan burung kakatua macaw Afgrey Falk Nuri. Harga: Rp 140.000
  • Vitakraft makanan burung falk, parkit, lovebird. Harga: Rp 90.000
  • Hagen Tropican Lifetime Formula makanan burung medium. Harga: Rp 115.000

Manfaat pakan premium yaitu membuat burung falk aktif, menjaga sistem kekebalan tubuh burung, dan meningkatkan kualitas suaranya. Akan tetapi ada juga kekurangannya yaitu harga makanannya cukup mahal.

Racikan Pakan Tambahan Burung Falk

racikan pakan tambahan burung falk
jalaksuren.net

Selain makanan harian, kalian juga dapat memberikan racikan pakan tambahan untuk burung falk. Berikut jenis-jenis racikan pakan tambahan untuk burung falk agar meningkatkan nafsu makan burung falk dan menambah variasi menu makanan nya.

1. Sayuran Fresh

Selain makanan jenis biji-bijian dan makanan instan, ternyata burung falk atau parkit australia juga suka memakan sayuran. Jenis-jenis sayuran yang dapat kalian berikan untuk burung falk peliharaan yaitu daun kemangi, tauge, dan kangkung.

Kandungan gizi pada sayuran sangatlah baik untuk menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh burung falk. Saran penyajian berikan sayuran ini di setiap pagi hari sama halnya kalian memberikan pakan sayuran untuk burung kenari dan lovebird. 

2. Buah-Buahan Segar

Jenis makanan tambahan yang dapat kalian berikan untuk burung falk peliharaan yaitu buah-buahan segar. Kandungan Vitamin dan mineral pada buah-buahan segar ini sangat banyak sehingga bagus jika diberikan untuk burung falk agar daya tahan tubuhnya baik dan supaya burung tidak dehidrasi. 

Jenis-jenis buah segar yang dapat kalian berikan untuk burung falk yaitu pisang, apel, tomat, dan pepaya. Saran penyajiannya, berikan buah segar secara bergantian dengan pemberian sayuran fresh.

3. Jagung Manis

Makanan tambahan atau ekstra fooding untuk burung falk selain sayuran fresh dan buah-buahan segar, ternyata burung falk juga menyukai jagung manis. Manfaat jagung untuk burung berparuh bengkok sangatlah banyak dan tentunya bagus.

Beberapa manfaat jagung manis untuk burung falk yaitu kandungan vitamin, protein tinggi dan mineral sangat bagus untuk membantu burung falk agar lebih aktif dan tentunya menyehatkan. Saran pemberiannya, kalian dapat memberikan jagung manis setiap hari ya sobat.

Makanan Burung Falk Cepat Bertelur

makanan burung falk cepat bertelur
avesnesia.com

Jika sobat pecinta burung sedang menternakan burung falk atau parkit australia, kalian dapat memberikannya makanan yang bagus agar burung falk cepat bertelur. Berikut jenis makanannya yang dapat kalian berikan.

  • SUN atau bubur bayi yang di dalamnya mengandung banyak protein
  • Oatmeal
  • Roti gandum
  • Telur rebus
  • Nasi putih

Jenis-jenis makanan di atas bermanfaat untuk menjaga kesehatan burung falk ketika sedang memasuki masa kawinnya. Alangkah baiknya kalian berikan makanan di atas dengan cara digabungkan dengan sayur segar di setiap harinya.

Memberikan makanan diatas untuk burung falk yang sedang memasuki masa kawin tentu sangatlah baik. Karena ketika burung falk betina bertelur maka akan menghasilkan telur yang bagus dan maksimal. 

Makanan Burung Falk Anakan

makanan burung falk anakan
fjb.kaskus.co.id

Ketika burung falk atau parkit australia telah bertelur. Maka kalian harus mengetahui makanan apa saja yang harus kalian persiapkan dan berikan untuk anakan burung falk.

Berikut jenis makanan yang dapat kalian berikan.

  • SUN atau bubur bayi yang mengandung bahan organik
  • Nutribird A19 atau A21
  • Kaytee Exact

Hal yang harus kalian perhatikan jika memberikan makanan bubur bayi yaitu pastikan buburnya tidak mengandung pengawet dan pewarna buatan. Selain itu kalian pilih bubur yang original saja dan jangan mengandung perasa, seperti rasa bawang, alpukat, madu, garam, dan lainnya.

Cara lebih sehat dan amannya, Kalian membuatkan pakan lolohan sendiri. Kalian dapat membuat pakan lolohan sendiri menggunakan bahan roti gandum yang sudah dilembutkan dengan air dan kemudian tambahkan telur rebus, lalu aduk secara merata hingga menjadi halus. Kalian dapat memberikan pakan lolohan ini menggunakan spet.

Kesimpulan

Kami mengucapkan terimakasih kepada kalian semua yang telah membaca informasi tentang makanan burung gereja. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share informasi ini ke teman-teman yang lain.

Kami juga mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Tidak lupa juga kami mengingat untuk sobat-sobat semuanya agar selalu merawat hewan peliharaan dengan baik dan jagalah alam serta lingkungan sekitarnya. “Terimakasih”:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *