Warna Pelangi Filosofi di Balik Kecantikanya

2 min read

Pelangi adalah suatu fenomena alam yang sangat cantik, dan kita terkagum-kagum saat melihat warna pelangi. Pelangi juga sering muncul saat setelah hujan reda. mari kita belajar bersama tentang warna pelangi dan filosofi di balik kecantikanya.

Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari yang dibelokkan. Saat matahari bersinar, cahaya berubah arah atau dibiaskan oleh titik udara di udara. Pembiasan cahaya ini akan membentuk beberapa warna yang terdiri dari, merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Cahaya ini akan menjauh dari partikel-partikel di udara. Ini adalah bentuk yang menyebabkan pelangi seperti busur melengkung.

Urutan Warna Pelangi

warna pelangi
Ilmunesia

Berdasarkan ilmu alam Warna pelangi terdiri dari 7 warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. biasanya cara kita menghafalkan warna pelangi menggunakan singkatan seperti MEJIKUHIBINIU. Mari kita bahas di bawah ini spektrum warna pelangi.

Merah

Warna merah merupakan warna pertama spektrum dengan gelombang paling panjang yaitu 625–740 nm.spektrum ini juga memiliki frekuensi paling rendah yaitu 405–480 THz. Dalam pelangi, warna merah mengalami efek pembiasan paling sedikit, karena di berada di paling pertama dan warnya terlihat sedikit samar-samar dari warna lain.

Jingga

Jingga merupakan warna kedua setelah merah yang umumnya terbentuk pada pelangi. Warna ini memiliki gelombang yang cukup panjang yaitu 590–625 nm, dan frekuensi yang cukup rendah yaitu 480–510 THz. warna jingga merupakan warna yang mengalami efek pembiasan kedua paling sedikit setelah warna merah.

Kuning

Kuning merupakan warna ketiga setelah warna jingga yang umumnya terbentuk pada pelangi. Warna ini memiliki panjang gelombang yang relatif panjang yaitu 565–590 nm, dan frekuensi yang relatif rendah yaitu 510–530 THz.

Hijau

Warna Hijau umumnya warna paling tengah yang muncul pada pelangi. Jika kita merujuk singkatan mejikuhibiniu maka memang benar bahwa hijau berada di paling tengah yaitu urutan nomer 4. Spektrum cahaya ini memiliki panjang gelombang 500–565 nm, dan frekuensi 530–600 THz.

Biru

Warna Biru adalah salah satu spektrum cahaya yang memiliki gelombang pendek pada pelangi. Warna ini memiliki panjang gelombang 450–485 nm, dan frekuensi sekitar 620–680 THz.

Nila

Nila atau indigo adalah warna kedua terakhir yang muncul pada pelangi. Warna ini memiliki panjang gelombang terpendek kedua setelah ungu yaitu sekitar 445 nm. warna nila atau indigo ini sangat sulit dibedakan dengan warna biru atau warna ungu.

Ungu

Warna ungu merupakan warna terakhir yang muncul di pelangi. Warna ini memiliki panjang gelombang paling pendek yaitu 380–450 nm, dan frekuensi tertinggi yaitu 680–790 THz. Sebagai gelombang pendek, spektrum ungu paling dipengaruhi oleh pembiasan dari butir-butir air di atmosfer.

Filosofi di Balik Kecantikan Pelangi

filosofi  pelangi
GORESAN KU

Filosofi di balik kecantikan pelangi, menurut Legenda kuno mengatakan bahwa Pelangi adalah selendang para bidadari yang terbentang dari surga ke bumi, karena para bidadari sedang ‘berkenan’ untuk mandi  di bumi.

Semua orang pasti pernah melihat pelangi, Dan semua pasti sepakat kalau Pelangi yang berwarna warni itu cantik, dan indah.Warna-warna pelangi mengajarkan pada kita agar selalu bersikap arif dalam menghadapi suatu perbedaan.

Bukankah pelangi tidak akan terlihat indah, dan cantik jika hanya terdiri satu warna ? Begitupun dengan manusia. Jika manusia ini hanya terdiri satu pemikiran saja, maka semua kehidupan akan berjalan monoton, kaku, dan biasa atau tidak ada keseruan dalam kehidupan.

Makna dari kisah atau filosofi di balik kecantikan pelangi adalah Biarpun kita hidup, dan diciptakan oleh tuhan berbeda-beda, dan mempunya pemikiran masing-masing, kita itu harus saling melengkapi agar tercipta kehidupan yang indah, seperti indahnya warna-warna pelangi.

Cara Mudah Menghafal Warna Pelangi

cara mudah menghafal warna pelangi
You Tube

Untuk teman-teman semuanya tidak usah bingung dalam menghafalkan urutan warna pelangi. Saya punya cara untuk menghafalnya dengan cara menggunakan singkatan yaitu MEJIKUHIBINIU ( merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu).

Untuk cara mudah menghafal warna rainbow atau pelangi dalam bahasa Inggris adalah menggunakan singkatan kata Roy G. Biv artinya ( red, orange, yellow, green, blue, indigo, dan violet).

Lagu Pelangi-Pelangi dan Lirik

Teman-teman mungkin sudah banyak yang tau lagu pelangi-pelangi. lagu pelangi-pelangi adalah lagu ciptaan AT Mahmud. kalian bisa menyakinya dengan menonton vidio di atas, dan saya akan membagikan lirik lagu pelangi-pelangi juga.

Lirik lagu pelangi-pelangi

Pelangi-pelangi, alangkah indahmu

Merah kuning hijau, dilangit yang biru

Pelukismu agung, siapa gerangan

Pelangi-pelangi, ciptaan Tuhan.

Saya ucapakan terimkasih untuk teman-teman yang sudah membaca artikel ini. jika ada kesalahan dan kekurangan mohon maaf, dan bisa di tegur melalaui kolom komentar. jangan lupa support terus roizzul.com dengan cara membaca dan share artikel ini ke teman-teman yang lain. terimakasih @roizzul.com

Majas Klimaks

roizzul muslim
3 min read

Majas Depersonifikasi

roizzul muslim
3 min read

Majas Sinestesia

roizzul muslim
4 min read

5 Replies to “Warna Pelangi Filosofi di Balik Kecantikanya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.