Warna Dan Jenis Burung LoveBird

6 min read

warna dan jenis burung lovebird

Hallo, Teman-teman roizzul.com, pada artikel ini kita akan membahas warna dan jenis burung lovebird. Ternyata burung lovebird atau burung cinta ini memiliki banyak warna dan jenis yang beragam loh, teman-teman.

Burung cinta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lovebird merupakan salah satu jenis atau keturunan burung maccau atau beo yang masuk dalam jenis burung paruh bengkok atau parbeng.

Burung lovebird atau burung cinta ini berasal dari Negara Afrika. Sebutan Lovebird merupakan salah satu dari jenis burung yang masuk dalam spesies genus Agapornis. Apa itu Agapornis?. Agapornis adalah bahasa dari Bahasa yunani yaitu “agape” yang artinya cinta, dan “ornis” yang artinya burung, jadi Agapornis adalah burung cinta.

Burung lovebird adalah burung yang terkenal dengan sifat tidak bisa hidup Individual. Burung lovebird juga terkenal burung yang memiliki warna cantik, dan suara kicauannya yang sangat khas.

Macam-Macam Warna dan Jenis Burung LoveBird

Macam-macam warna dan jenis burung love bird
Google x roizzul.com

Penggemar burung cantik ini semakin meningkat dari waktu ke waktu, hingga beberapa tahun ini banyak bermunculan komunitas pecinta burung Lovebird. Seiring dengan perkembangan zaman burung lovebird ini memiliki beberapa jenis,dan warna yang sangat banyak karena campur tangan manusia.

Berikut macam-macam warna, dan jenis burung lovebird yang ada di dunia versi roizzul.com:

Lovebird Fischer (Agapornis Fischeri)

 burung Lovebird Fischer
www.cleanipedia.com

Nama burung lovebird Fischer ini diambil dari nama seorang penjajah asal Jerman yaitu Gustav Fischer. Burung lovebird Fischer ini ditemukan pada abad ke-19. Jenis Lovebird Fischer memiliki warna hijau pada bagian dada, sayap, dan punggung.

Ciri fisik yang terlihat pada Lovebird Fischer ini adalah paruhnya berwarna merah bersih, untuk bagian wajah warnanya orange, bagian sayap dan punggung berwarna hijau tua, dan warna dadanya berwarna hijau cerah.

Lovebird Topeng (Agapornis Personata)

burung Lovebird Topeng (Agapornis Personata)
AGAPORNIS INDONESIA

Lovebird topeng ini sering ditemukan di sekitar daerah Tanzania, Burundi, dan Kenya. Burung lovebird topeng (Agapornis Personata) ini memiliki panjang tubuh sekitar 14 cm. Alasan mengapa jenis Lovebird ini disebut Lovebird Topeng adalah karenanya adanya pupil coklat yang membuatnya seperti menggunakan kacamata.

Ciri fisik yang terlihat pada lovebird topeng ini adalah warna paruhnya merah, wajahnya berwarna hitam gelap, leher berwarna kuning ke emasan, dan bagian sayap dengan tubuh berwarna hijau pekat atau hijau gelap.

LOVEBIRD MUKA SALEM (AGAPORNIS ROSEICOLLIS)

burung LOVEBIRD MUKA SALEM (AGAPORNIS ROSEICOLLIS)
GemarBurung.com

Jenis burung Lovebird muka salem (AGAPORNIS ROSEICOLLIS) banyak ditemukan di daerah gurun Namibia, Barat daya Afrika Selatan, burung lovebird muka salem ini memiliki panjang tubuh sekitar 15 cm.

Ciri fisik yang terlihat pada lovebird muka salem adalah warna paruhnya berwarna putih tulang atau warna gading, warna mukanya berwarna merah muda atau pink, dan seluruh bagian dada, sayap, punggung berwarna hijau.

LOVEBIRD MUKA MERAH (AGAPORNIS PULLARIUS)

burung LOVEBIRD MUKA MERAH (AGAPORNIS PULLARIUS)
Catatan Burung

Burung lovebird muka merah (AGAPORNIS PULLARIUS) ini memiliki ciri khas yaitu muka berwarna merah. Namun tidak semua jenis burung Lovebird Muka Merah memiliki warna merah, sebab betina lovebird Muka Merah memiliki warna muka orange.

Lovebird muka merah ini berasal dari Afrika dan memiliki panjang tubuh sekitar 15cm. Ciri fisik yang terlihat pada burung lovebird muka merah adalah untuk jantan muka berwarna merah, untuk betina muka berwarna orange, bagian ekor sedikit ada bulu berwarna orange, dan bagian sayap, dada, pungggung berwarna hijau.

LOVEBIRD MADAGASKAR (AGAPORNIS CANUS)

burung LOVEBIRD MADAGASKAR (AGAPORNIS CANUS)
Hobi Burung

Burung Lovebird MADAGASKAR (AGAPORNIS CANUS) ini sangat unik yaitu merupakan spesies terkecil dibandingkan dengan ras yang lainya. Hanya memiliki panjang tubuh sekitar 13cm, dan meiliki berat tubuh hanya sekitar 30-36 gram.

Ciri fisik yang identik pada burung lovebird madagaskar adalah kepalanya yang berwarna abu-abu, paruhnya berwarna putih bersih, dadanya berwarna hijau terang, dan sayang dengan punggungnya berwarna hijau pekat, atau hijau gelap.

LOVEBIRD BERKERAH HITAM (AGAPORNIS SWINDERNIANUS)

burung LOVEBIRD BERKERAH HITAM (AGAPORNIS SWINDERNIANUS)
Mascotas

Burung lovebird berkerah hitam atau biasa dikenal dengan ras Swindern memiliki panjang tubuh sekitar 13,5 cm. Burung lovebird berkerah hitam (AGAPORNIS SWINDERNIANUS) ini memiliki panjang tubuh yang hampir mirip dengan burung lovebird madagaskar.

Ciri fisik yang dapat kita lihat pada burung lovebird berkerah hitam adalah paruhnya berwarna hitam, punggung dan sayap berwarna hijau pekat, dada berwarna hijau kekuningan, dan ciri yang paling khas yaitu memiliki kerah hitam pada lehernya.

LOVEBIRD ABISINIA (AGAPORNIS TARANTA)

burung LOVEBIRD ABISINIA (AGAPORNIS TARANTA)
GemarBurung.com

Burung lovebird abisinia ini adalah jenis burung lovebird terbesar, memiliki tubuh yang gemuk, dan memiliki panjang tubuh 16cm-16,5cm. Burung lovebird abisinia ini berasal dari daerah Ethiopia, dan Eritrea yang berada di benua afrika.

Ciri fisik yang dapat dilihat pada burung lovebird abisinia adalah hampir seluruh tubuhnya berwarna hijau, paruhnya berwarna merah, dan yang paling khas dari burung lovebird ini yaitu memiliki sayap berwarna hitam.

LOVEBIRD NYASA (AGAPORNIS LILIANAE)

burung LOVEBIRD NYASA (AGAPORNIS LILIANAE)
Satrianesia

Jenis burung Lovebird Nyasa atau yang sering disebut lilian Lovebird ini memilki bentuk, dan warna yang hampir sama dengan lovebird Fischer. Burung lovebird nyasa ini memiliki panjang tubuh 13cm, dan burung lovebird nyasa ini adalah jenis burung yang banyak ditemukan di sekitar Tanzania, Zimbabwe, Malawi, Mozambik, dan Zambia.

Ciri fisik pada burung lovebird nyasa ini mirip dengan burung lovebird fischer yaitu paruhnya berwarna merah bersih, untuk bagian wajah warnanya orange, bagian sayap dan punggung berwarna hijau tua, dan warna dadanya berwarna hijau cerah.

LOVEBIRD ALBINO

burung LOVEBIRD ALBINO
Burungnya.com

Burung lovebird albino merupakan burung lovebird yang memiliki kelainan pada pigmen kulit, sehingga seluruh tubuhnya berwarna putih dari kepala sampai kaki, dan yang beda hanya paruh yang berwarna orange.

Lovebird albino ini juga memiliki 2 jenis yaitu lovebird albino mata hitam, dan lovebird albino mata merah. yang membedakan dari 2 jenis tersebut adalah adalah di bagian matanya.

LOVEBIRD BATMAN

lovebird batman
Burungmaster.com

Burung lovebird batman adalah burung lovebird yang memiliki warna tubuh hitam. Burung lovebird batman Sama dengan tokoh film yaitu batman yang memiliki kostum berwarna hitam.

Ciri fisik yang dapat dilihat pada burung lovebird batman adalah warna kepala, sayap, dan punggung berwarna hitam pekat, untuk dadanya berwarna hitam ke abu-abuan, dan warna paruhnya putih kemerah-merahan.

LOVEBIRD MERAH

LOVEBIRD merah
You Tube

Burung lovebird merah adalah jenis burung lovebird yang paling langka. Untuk keberadaan burung lovebird merah ini juga masih di pertanyakan. Burung lovebird merah ini memiliki bentuk mirip dengan burung kasturi, dan macau, tapi burung lovebird merah ini memiliki tubuh lebih kecil.

LOVEBIRD LUTINO

lovebird lutino
Google

Burung lovebird lutino ini sangat cocok untuk dijadikan burung peliharaan, karena burung lovebird lutino terkenal burung yang aktif. Lovebird lutino ini memiliki panjang tubuh 16cm-18cm, dan tergolong burung lovebird yang memiliki harga jual yang lumayan tinggi.

Ciri fisik yang terlihat pada burung lovebird lutino yaitu warna muka sampai leher berwarna merah ke orenan, dan warna dada, punggung, sayap berwarna khas yaitu warna kuning cerah.

LOVEBIRD COBALT

LOVEBIRD COBALT
KursRupiah.net

Burung lovebird cobalt merupakan ras lovebird yang memiliki bulu berwarna biru tosca, seperti warna langit yang terlihat cerah. Dari variasi jenis Beberapa varian jenis yang sering ditemui yakni cobalt personata, dan cobal fischeri.

Ciri fisik yang terlihat pada burung lovebird cobalt yaitu paruh, dan leher berwarna putih, kepala berwarna hitam, dan warna dada, punggung, sayap berwarna biru tosca atau biru langit cerah.

LOVEBIRD MANGSI

lovebird mangsi
Sukses Perawatan

Burung lovebird mangsi adalah burung lovebird yang mirip dengan burung lovebird violet. Warna burung lovebird mangsi ini berwarna biru keunguan atau warna biru samudra.

Ciri fisk yang terlihat pada burung lovebird mangsi yaitu paruhnya berwarna kuning, kepala berwarna hitam, leher berwarna abu-abu, dan bagian dada, sayap, dan punggung berwarna biru keunguan atau biru samudra.

Burung LoveBird Harga Paling Mahal

Burung LoveBird Harga Paling Mahal
Depositphotos x roizzul.com

Burung lovebird dikenal sebagai burung yang selalu hidup berdampingan, dan saling menyayangi satu dengan lainya. Beberapa kisah mengatakan, burung lovebird ini hanya memiliki satu kekasih sepanjang hidupnya. Pada artikel di bawah ini kami akan membahas harga burung lovebird termahal versi roizzul.com.

LOVEBIRD HALFSIDER

burung lovebird halfsider
Burungnya.com

Burung lovebird halfsider ini merupakan burung lovebird yang memiliki warna tubuh yang unik. Warna tubuh yang unik pada lovebird ini merupakan mutasi lovebird paruh merah dan paruh putih. Karena warna burung lovebird ini memiliki warna unik sehingga memiliki harga jual tinggi yaitu sekitar 2,5jt – 10jt.

Ciri fisik yang terlihat pada lovebird halfsider adalah memiliki warna paruh merah, dan warna tubuh yang sangat unik yaitu warna biru, hijau, orange, dan kuning.

LOVEBIRD VIOLET

burung lovebird violet
GDM Agri

Jenis burung lovebird violet memiliki ciri yang sama dengan lovebird biru cobalt dan lovebird biru mangsi. Tetapi harga lovebird violet ini lebih mahal dibandingkan kedua burung tersebut, yaitu harga anakanya sekitar 150k – 300k, untuk harga dewasanya sekitar 400k – 700k.

Ciri burung lovebird violet ini adalah memiliki paruh bengkok berwarna putih, kepala berwarna abu-abu, dan warna dada, punggung, dengan sayap berwarna biru terang.

LOVEBIRD BLOROK

burung lovebird blorok
GemarBurung.com

Warna unik pada Lovebird Blorok adalah gradasi warna yang tersusun tidak rata sehingga terlihat sangat unik. Gradasi warna pada lovebird blorok tidak hanya terdiri dari satu warna saja, karena keunikanya ini tidak kaget jika burung ini memiliki nilai jual yang lumayan mahal,yaitu kisaran harga 800k- 2jt.

Ciri fisik lovebird blorok ini adalah memiliki paruh bengkok mungil berwarna orange, kepala berwarna kuning keputihan, dan yang paling unik yaitu bagian badan yang memiliki warna gradasi.

LOVEBIRD ALBINO MATA MERAH

burung lovebird mata merah
Bebeja.com

Burung lovebird albino ini memiliki 2 jenis yaitu albino mata merah dan albino mata hitam, namun disini yang meiliki harga jual yang cukup mahal adalah albino mata merah. Albino mata merah ini meiliki harga jual kisaran 2jt-4,5jt.

Ciri fisik pada albino mata merah adalah meiliki paruh bengkok berwarna kuning bersih, warna seluruh tubuhnya berwarna putih, dan ciri yang paling khas adalah mata berwarna merah jernih.

LOVEBIRD OLIVE

burung lovebird olive
Dunia Bisnis

Jenis burung lovebird olive dari hasil rekayasa genetika, burung ini memiliki bulu yang begitu unik khas ras olive. Umumnya Lovebird olive memiliki paduan warna hijau gelap dan kuning cerah. Burung lovebird olive ini juga meiliki harga jual yang cukup tinggi yaitu kisaran 400k -800k.

Ciri fisik burung lovebird olive adalah memiliki paruh bengkok berwarna merah, muka berwarna hitam, leher, dada berwarna kuning cerah, dan yang paling khas yaitu warna sayap,dan warna punggung yang berwarna hijau pekat atau hijau minyak zaitun.

Burung LoveBird Dengan Warna Tercantik

Burung LoveBird Dengan Warna Tercantik

Burung lovebird memiliki warna dan jenis sangat banyak. Dari berbagai macam-macam warna burung lovebird yang sangat banyak kali ini roizzul.com akan membagikan macam warna burung lovebird yang memiliki warna tercantik. Berikut macam-macam warna tercantik burung lovebird.:

LOVEBIRD WARNA PASTEL

lovebird warna pastel
Burung Cantik

LOVEBIRD BIOLA

lovebird biola parblue
Jalak Suren Net

LOVEBIRD BLOROK MERAH

lovebird blorok merah
Google

LOVEBIRD BLOROK PIED

lovebird blorok pied
Jalak Suren Net

LOVEBIRD MUKA MERAH BADAN KUNING

LOVEBIRD MUKA MERAH
Yahoo Berita

Penutup

Kami ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat, dan menambah ilmu teman-teman tentang warna dan jenis burung lovebird. Kami juga berpesan sayangilah hewan, tumbuhan, dan alam. Jika dalam artikel ini ada kesalahan kata mohon di maafkan. @roizzul.com

Baca juga artikel tentang:

One Reply to “Warna Dan Jenis Burung LoveBird”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *