8 Kuliner Khas Bali yang Halal dan Enak

2 min read

Selamat membaca ya teman-teman. Bali yang terkenal dengan destinasi wisatanya yang saangat banyak dan indah-indah. selain tempat wisatanya yang banyak dan indah, Bali juga memilki kuliner khas yang beragam.

Pada artikel ini saya akan membagikan informasi tentang kuliner khas bali yang halal dan pastinya enak. Kenapa disini saya membahas kuliner khas bali yang halal?, karena banyak para wisatawan muslim yang request ke saya untuk membuatkan referensi tentang kuliner khas bali yang halal.

Bali memang identik dengan kuliner babinya. namun jika kita mau membaca artikel ini pasti akan tau kuliner khas bali yang halal dan pastinya enak. tenang saja untuk para wisatawan atau traveler muslim jika berkunjung ke pulau Dewata Bali.

1. Sate Lilit

sate lilit kuliner khas bali
Sumber Gambar: Kintamani.id

Sate lilit adalah kuliner khas Bali yang sangat legendaris dan terkenal di kalangan wisatawan. Sate lilit yang halal adalah yang berbahan dasar daging ayam, atau daging sapi. karena juga ada sate lilit di Bali yang tidak halal biasanya menggunakan daging babi, bahkan daging kura-kura juga.

Sate lilit khas Bali ini meiliki bentuk tusuk yang sangat unik dari pada sate pada umumnya, yaitu meimilki tusuk yang lebih besar dan biasanya menggunakan batang daun serai.

Jika kalian berkunjung ke pulau dewata bali jangan lupa untuk mencoba sate lilit halal di warung sate lilit Wardani. harga tidak menguras dompet, dan tentunya insyaallah halal.

Baca juga:

2. Bebek Betutu

Bebek betutu kuliner khas bali
Sumber Gambar: Lifsytle Okezone

Bebek betutu kuliner khas Bali berupa bebek utuh yang bagian dalam perutnya diisi dengan berbagai macam bumbu rempah-rempah. Bebek betutu khas Bali meilki citarasa yang sangat enak dan gurih, dari rempah-rempah yang di masukan ke dalam perut bebek.

Bebek betutu khas bali ini konon katanya adalah makanan kesukaan para raja di Bali. jika kalian berkunjung ke Pulau Dewata Bali wajib mencoba ayam betutu halal di di ayam betutu ibu Nia Denpasar.

3. Nasi Ayam Campur Bali

nasi ayam campur kuliner khas bali
Sumber Gambar: Pegipegi

Nasi ayam campur khas Bali adalah nasi yang bercampur dengan suwiran ayam, telur, sate lilit, dll. nasi campur ayam meimiliki rasa yang enak, gurih, dan komplit.

Tenang untuk teman-teman yang ingin mencoba nasi ayam campur halal di pulau dewata bali. tenang saya punya referensi tempat makan nasi ayam campur warung Wardani di Denpasar Bali.

4. Lawar

lawar kuliner khas bali
Sumber Gambar: Kintamani.id

Lawar adalah kuliner khas Bali yang terbuat dari macam-macam sayur seperti nangka muda, kacang panjang, dan parutan kelapa. lalu di campur dengan bumbu rempah khas Bali. pastikan jika memakan lawar yang halal adalah lawar ayam atau lawar kuwir (lawar yang berisikan daging entog).

lawar adalah kuliner khas Bali yang sangat cocok dengan lauk- lauk khas Bali. lauk yang biasa di sajikan bersama lawar seperti sate lilit, dan suwiran ayam. lawar khas Bali ini memilki rasa yang sangat enak, dan tentunya sangat gurih. jika kalian ke Bali wajib mencobanya di rumah makan lawar kuwir Pan Sinar.

5. Sate Plecing

sate plecing kuliner khas bali
Sumber Gambar: Tokopedia

Sate plecing adalah kuliner halal Bali yang sangat unik, sate pada umunya biasanya menggunakan bumbu kacang,namun sate ini menggunakan bumbu plecing. bumbu plecing ini terbuat dari cabai rawit, tomat, terasi, garam dan terkadang diberi perasan jeruk limau untuk menambah mantap.

Sate plecing khas Bali ini biasanya menggunakan daging ayam, atau ikan laut. bila kalian berkunjung ke pulau Dewata Bali jangan lupa untuk mencoba sate plecing halal di warung Rinjani.

6. Nasi Tepeng

nasi tepeng kuliner khas bali
Sumber Gambar; Kintamani.id

Nasi tepeng adalah kuliner halal khas Bali yang nasinya memiliki tekstur seperti bubur. nasi tepeng ini biasa disajikan dengan kacang panjang, parutan kelapa, nangka muda, sambal, dan terong. biasanya nasi tepeng ini ditambakan lauk seperti suwiran ayam goreng dan telur.

Nasi tepeng khas Bali ini disajikan dengan wadah daun untuk menambahkan rasa yang sangat khas. jika kalian sedang berwisata ke kota bali jangan lupa untuk mencoba nasi tepeng khas bali yang halal ya.

7. Ayam Betutu

ayam betutu khas bali
Sumber Gambar: Wira Water Sport Bali

Ayam Betutu adalah salah satu kuliner khas Bali yang banyak diminati oleh wisatawan muslim yang datang ke Bali. Ciri khas ayam betutu terletak pada rasanya yang cenderung pedas, gurih, dan enak, ayam betutu khas Bali ini juga kaya akan rempah-rempah.

Ayam betutu khas Bali adalah kuliner yang wajib kalian coba saat teman-teman sedang berwisata atau berkunjung ke Bali. kalian bisa mencoba ayam betutu halal di rumah makan Ibu Nia.

8. Rujuk Kuah Pindang dan Rujak Bulung

rujak bulung kuliner khas bali
Sumber Gambar: Twitter

Rujak kuah pindang khas Bali ini terbuat dari irisan mangga muda dengan kuah yang super pedas.  Tapi, apabila ingin lebih komplit teman-teman bisa menambah isian dengan berbagai macam buah, seperti bengkuang, kedondong atau rumput laut (rujak bulung).

Rujak kuah pindang dan rujak bulung ini sangat cocok untuk kalian coba saat berwisata ke pulau Dewata Bali, karena sangat pedas, dan segar banget teman-teman.

Terimakasih untuk teman-teman yang sudah membaca artikel ini. bila ada kesalahan mohon di maafkan,dan jika ada request bisa tulis di kolom komentar. support terus roizzul.com supaya semakin berkembang dan terus semangat dalam membagikan informasi kuliner khas Nusantara. @roizzul.com

One Reply to “8 Kuliner Khas Bali yang Halal dan Enak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.