Kerajinan dari Kain Flanel

9 min read

kerajinan dari kain flanel

Kerajinan dari Kain Flanel- Apakabar sahabat kreatif? kali ini kita akan membahas kerajinan dari kain flanel. Mungkin diantara kalian semua sudah tidak asing dengan kain flanel atau kain felt.

Kain flanel merupakan jenis kain yang terbuat dari bahan wol dengan proses tanpa tenun. Jika kalian anak band atau music pasti tau kain flanel ini, biasanya digunakan sebagai bahan peredam ruangan.

Manfaat kain flanel ini sangat banyak lohh, sahabat kreatif kalian dapat menggunakan kain ini menjadi sebuah kerajinan yang meniliki nilai seni dan juga memiliki nilai jual.

Banyak sekali penjelasan tentang kain flanel dan contoh kerajinan dari kain flanel. Apabila kalian ingin membuat kerajinan dari kain flanel ini silahkan baca artikel berikut ya.

Pengertian Kain Flanel

pengertian kain flanel
Bukalapak

Kain flanel termasuk ke dalam jenis kain berbahan serat wol yang di proses tanpa ditenun, melainkan melalui proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan berbagai macam tekstur dan jenis.

Dalam sejarahnya kain flanel sendiri sebenarnya sudah dikenal sejak lama lohh. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya bekas bekas penggunaan kain flanel di negara Turki yang di perkirakan berasal dari tahun 6500 M.

Penemuan kain flanel lainya ditemukan dengan jenis kain flanel yang diawetkan di sebuah makam di Siberia yang diduga berasal dari tahun 600 M. Legenda di Sumeria mengklaim bahwa pembuat kain flanel pertama kali yaitu oleh seseorang bernama Urnamman.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kain flanel ini sama seperti jenis kain lainnya, kain flanel ini diciptakan atau di produksi dalam berbagai macam variasi warna dan jenis tingkatan ketebalan yang berbeda- beda.

Apabila kalian sudah mengerti tentang pengertian dan sejarah kain flanel, kalian dapat membuat atau mengkreasikan kain flanel ini menjadi sebuah kerajinan yang unik dan menarik.

Contoh Kerajinan dari Kain Flanel

contoh kerajinan dari kain flanel

Kain flanel ini memang memiliki karakteristik yang istimewa jika di bandingkan dengan jenis bahan kain yang lainnya. Dengan keistimewaan kain flanel ini kalian dapat merubahnya menjadi sebuah karya yang tidak kalah istimewa juga.

Apabila Sahabat kreatif ingin membuat kerajinan dari kain flanel ini berikut contoh kerajinan dari kain flanel beserta dengan tutorial cara pembuatanya:

NoContoh Kerajinan dari Kain Flanel
1.kerajinan dari kain flanel tempat hp
2.kerajinan dari kain flanel bunga
3.Kerajinan dari kain flanel Gantungan kunci
4.Amplop Angpau
5.Boneka
6.Bantal Leher
7.Gelang
8.Ikat Rambut
9.Dompet
10.Tatakan Gelas
11.Boneka Jari
12.Penutup Kotak Tisu
13.Hiasan Bantal Kursi
14.Pelapis Mug
15.Pembatas Buku
16.Hiasan Gantung
17.Hiasan Kaos

1. kerajinan dari kain flanel tempat hp

tempat hp dari kain flanel
Bukalapak

Kerajinan dari kain flanel pertama yaitu tempat hp atau biasa di sebut dengan casing hp. Kalian bosan dengan bentuk tempat hp pada umumnya.

Kalian dapat menggunakan kain flanel ini sebagai referensi untuk mengubah tampilan hp kalian semakin unik dan menarik. Apabila kalian ingin membuatnya silahkan siapkan bahan dan alat-alat berikut:

Alat dan Bahan:

  • Kain flanel
  • Spidol
  • Kertas
  • Gunting
  • Jarum dan benang jahit

Cara Pembuatan:

  1. Langkah Pertama, kalian buat pola tempat hp atau casing hp sesuai yang kalian inginkan pada kertas menggunakan spidol. Pola casing hp bisa kalian gambar sendiri atau juga bisa kita unduh dari internet lalu kita print.
  2. Kemudian, kalian potong kain flanel menggunakan gunting. Usahakan kalian menggunting kain dengan rapi sesuai dengan pola yang kalian buat dan menyisakan sedikit bagian yang akan dijahit.
  3. Lalu, kalian jahit kain flanel bagian sisi sesuai pola yang sudah kalian potong dan tipe hp yang diinginkan.
  4. Langkah terakhir, kalian dapat menambahkan aksesoris seperti kancing dan tali supaya terlihat lebih menarik.
  5. Tempat hp dari kain flanel sudah siap digunakan.

2. kerajinan dari kain flanel bunga

bunga dari kain flanel
shopee

Kerajinan dari kain flanel kedua yaitu bunga. Hai kalian para perempuan pasti suka dengan bentuk bunga yang cantik lucu. Ternyata kalian dapat merubah kain flanel menjadi bunga cantik lohh.

Bunga dari kain flanel ini memiliki bentuk yang cantik dan tentunya berwarna sesuai yang kalian inginkan dan juga bisa dijadikan hiasan dirumah kalian. Apabila kalian ingin membuatnya silahkan siapkan alat dan bahan-bahan berikut:

Alat dan Bahan:

  • Kain flanel
  • Kertas
  • Spidol
  • Gunting
  • Jarum dan benang jahit
  • Lem tembak
  • Kawat
  • Solasi atau solatip

Cara Pembuatan:

  1. Langkah Pertama, Kalian buat pola bunga sesuai dengan keinginan kalian pada selembar kertas menggunakan spidol. Pola bunga bisa kita gambar manual atau sendiri dan juga bisa kita unduh dari internet lalu kita print.
  2. Kemudian, kalian potong kain flanel menggunakan gunting. Usahakan kalian menggunting kain dengan rapi sesuai pola dan menyisakan bagian yang akan dijahit atau ditempel.
  3. Lalu, kalian jahit pola kain flanel yang sudah kalian gunting pada bagian sisi hingga membentuk bunga.
  4. Setelah itu, tempelkan putik bunga dan kawat sebagai tangkai bunga menggunakan lem tembak, lalu tunggu hingga lem benar-benar kering.
  5. Terakhir, Kalian rangkai tangkai bunga dengan menyatukan kawatnya, lalu kita tutup tangkai dengan isolasi hias supaya terlihat rapi dan indah.
  6. bunga cantik dari kain flanel siap kalian hiasa dirumah maupun di kamar kalian.

Baca juga:

3. kerajinan dari kain flanel Gantungan kunci

gantungan kunci dari kain flanel

Kalian bosan dengan bentuk gantungan kunci motor atau mobil kalian dirumah. Supaya gantungan kunci kalian lebih unik dan menarik, kalian dapat menggunakan kain flanel untuk membuatnya.

Jika kalian tertarik ingin membuat gantungan kunci custom dari kain flanel ini, silahkan siapkan alat dan bahan berikut:

Alat dan Bahan:

  • Kain flanel
  • Kertas
  • Spidol
  • Kapas atau Dakron
  • Jarum dan benang jahit
  • Rantai gantungan kunci
  • Aksesoris tambahan

Cara Pembuatan:

  1. Langkah Pertama, kalian buat pola gantungan kunci sesuai yang diinginkan pada kertas menggunakan spidol. Pola gantungan kunci bisa kita gambar manual atau sendiri dan juga bisa kita unduh dari internet.
  2. Kemudian, kalian potong kain flanel menggunakan gunting. Usahakan kita menggunting kain dengan rapi dan menyisakan sedikit bagian yang akan dijahit.
  3. Lalu, kita jahit semua bagian sisi dan sisakan bagian yang ingin dibuka untuk memasukan kapas atau dakron.
  4. Setelah itu, kalian isi kapas atau dakron melalui bagian terbuka hingga gantungan kunci benar-benar padat merata sesuai dengan bentuknya.
  5. Selanjutnya, kita tutup bagian terbuka dengan cara menjahitnya, lalu kalian jahit rantai gantungan kunci serta kita pasang hook nya.
  6. Langkah terakhir, kalian bisa menambahkan aksesoris tambahan supaya terlihat lebih unik dan menarik.

4. Amplop Angpau

angpau dari kain flanel

Kalian tipe orang yang suka berbagi dengan sesama, pasti tidak asing dengan amplop dan angpau dong. Ternyata kalian bisa membeli bahkan membuat amplop dan angpau lucu ini dari kain flanel lohh.

Apabila kalian tidak ingin ribet bisa membeli angpau ini melalui online shop, jika kalian ingin berkreasi juga bisa dan mudah cara membuat angpau ini. Silahkan siapkan alat dan bahan berikut:

Alat dan Bahan:

  • Kain flanel
  • Kertas
  • Spidol
  • Gunting
  • Lem tembak

Cara Pembuatan:

  1. Langkah Pertama, kalian buat pola pada selembar kertas menggunakan spidol. Pola amplop bisa kita gambar sendiri atau juga bisa kita dwonload dari internet.
  2. Selanjutnya, kalian potong kain flanel menggunakan gunting. Usahakan kalian menggunting kain dengan rapi sesuai dengan pola dan menyisakan bagian yang akan direkatkan dengan lem tembak .
  3. Kemudian, kita rekatkan bagian sisi dan sisakan bagian yang ingin dibuka. Kita rekatkan dengan lem tembak secara rapi. Usahakan lem tidak menyentuh bagian kain yang lain agar hasilnya bersih dan rapi.
  4. Terakhir, angin-anginkan amplop sampai lem benar-benar mengering, dan kalian dapat menambahkan aksesoris agar terlihat lucu dan menarik.

5. Boneka

boneka dari kain flanel
wordpress.com

Boneka dari kain flanel sebuah kerajinan yang unik dan tentunya lucu. Kalian ingin membuat kerajinan ini untuk hadiah atau untuk tugas prakarya sangatlah cocok. Karena pembuatanya sangat mudah. Apabila kalian ingin membuatnya silahkan siapkan peralatan dan bahan berikut:

Alat dan Bahan:

  • Kain flanel
  • Spidol
  • Kertas karton
  • Jarum dan benang jahit
  • Dakron
  • Aksesoris tambahan

Cara Pembuatan:

  1. Langkah Pertama kalian buat pola boneka sesuai yang diinginkan pada kertas menggunakan spidol. Pola boneka bisa kalian gambar manual atau sendiri dan juga bisa kita unduh dari internet lalu kalian print.
  2. Selanjutnya, kalian potong kain flanel menggunakan gunting. Usahakan kalian menggunting kain dengan rapi dan menyisakan bagian yang akan dijahit.
  3. Kemudian, kalian jahit kain flanel bagian sisi dan sisakan bagian yang ingin dibuka untuk memasukan dakron.
  4. setelah itu, kalian isi dakron melalui bagian terbuka hingga boneka benar-benar padat merata.
  5. Terakhir, kita tutup bagian terbuka dengan cara menjahitnya, lalu kita jahit mata boneka dan tambahkan aksesoris tambahan.

6. Bantal Leher

bantal leher dari kain flanel
bahanboneka.com

Setelah boneka dari kain flanel ini ada bantal leher dari kain flanel. Bantal leher dari kain flanel ini dapat kalian gunakan saat travelling dan tentunya bisa kalian buat sendiri.

Apabila kalian ingin membuatnya kurang lebih caranya sama dengan membuat boneka. pembuatannya sangat mudah silahkan siapkan alat dan bahan berikut:

Alat dan bahan:

  • Kain flanel
  • Pola bantal
  • Jarum jahit
  • Benang jahit
  • Dakron

Cara Pembuatan:

  1. Langkah Pertama, kalian buat pola pada kertas menggunakan spidol. Pola bantal leher bisa kita gambar sendiri atau juga bisa kita unduh dari internet lalu kalian print.
  2. Selanjutnya, kalian potong kain flanel menggunakan gunting. Usahakan kalian menggunting kain dengan rapi dan menyisakan bagian yang akan dijahit menggunakan jarum dan benang jahit.
  3. Kemudian, kalian jahit bagian sisi dan sisakan bagian yang ingin dibuka untuk memasukan dakron.
  4. Lalu, kalian isi dakron melalui bagian terbuka hingga bantal leher benar-benar padat merata secara keseluruhan.
  5. Terakhir, kalian tutup bagian terbuka dengan cara menjahitnya dan juga kalian bisa menambahkan aksessoris tambahan sesuai dengan keinginan kalian.

7. Gelang

gelang dari kain flanel
selasar.com

Kalian suka menggunakan gelang, kerajinan gelang dari kain flanel ini salah satu referensi yang dapat kalian buat. cara pembuatannya cukup mudah, silahkan siapkan alat dan bahan berikut:

Alat dan bahan:

  • Kain flanel
  • Gunting
  • Kertas
  • karton
  • Pensil
  • Spidol
  • Lem tembak
  • Aksesoris tambahan

Cara Pembuatan:

  1. Pertama-tama, kalian buat pola gelang yang ingin kalian buat pada selembar kertas menggunakan pensil atau spidol.
  2. Selanjutnya, kalian potong kain flanel menggunakan gunting. Kalian usahakan menggunting kain dengan rapi dan menyisakan bagian yang akan dijahit.
  3. Kemudian, kalian rekatkan atau tempelkan bagian sisi gelang dengan diberi isian karton di dalamnya supaya rapi dan kuat.
  4. Terakhir, kalian tempelkan velcro pada bagian ujungnya, lalu kalian tempelkan boneka atau bunga flanel sebagai hiasan gelang dan juga bisa menambahkan aksesoris lainnya.
  5. Gelang dari kain flanel unik dan menarik siap di gunakan dan dijadikan kolesksi.

8. Ikat Rambut

ikat rambut dari flanel
Lazada

Ikat rambut dari kain flanel merupakan jenis kerajinan yang mudah ditemukan dan banyak digunakan oleh kaum hawa karena bentuknya yang unik dan lucu.

Ikat rambut dari kain flanel ini ternyata juga bisa kalian buat sendiri dan caranya sangat mudah silahkan persiapkan alat dan bahan berikut:

Alat dan Bahan:

  • Kain flanel
  • karet rambut
  • Dakron
  • Lem tembak

Cara Pembuatan:

  1. Langkah pertama, kalian buat pola pita rambut menggunakan spidol
  2. kemudian, potong pola pita rambut yang sudah kalian buat menggunakan gunting.
  3. Lalu, jahit bagian tepi dari pola yang sudah kalian buat dan jangan lupa sisakan sedikit lubang untuk memasukan dakron.
  4. Terakhir, jika sudah terisi dengan dakron, selanjutnya tempelkan hiasan pada karet rambut.
  5. Ikat rambut dari kain flanel siap di gunakan. dan selamat mencoba.

9. Dompet

dompet dari kain flanel
seruni.id

Dompet kalian bentuknya seperti itu-itu aja, kalian dapat mengkreasikan kain flanel menjadi sebuah dompet lucu dan menarik. Tertarik membuatnya silahkan simak cara berikut:

Alat dan Bahan:

  • Kain flanel
  • Resleting
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Kertas
  • Spidol

Cara Pembuatan:

  1. Langkah Pertama, kalian harus membuat pola dompet yang kalian inginkan pada selembar kertas menggunakan spidol. Pola dompet bisa kalian gambar manual atau juga bisa kita unduh dari internet kemudian kalian print.
  2. Selanjutnya, kalian potong kain flanel dengan menggunakan gunting. Usahakan kalian menggunting kain dengan rapi dan menyisakan bagian yang akan dijahit.
  3. Kemudian, kalian jahit bagian sisi dan sisakan bagian yang ingin dibuka untuk menempelkan resleting.
  4. Lalu, kita tempelkan resleting dan juga bisa kita jahit juga resleting pada bagian terbuka dengan menggunakan lem tembak dan juga benang jahit jika ingin hasil lebih kuat.
  5. Terakhir, kalian bisa tambahkan aksesoris tambahan supaya terlihat lebih cantik dan menarik.

10. Tatakan Gelas

tatakan gelas dari kain flanel
bobo.grid.id

Jika meja dirumah kalian terbuat dari keramik, apabila kalian minum menggunakan gelas kaca wajib menggunakan tatakan gelas dari kain flanel supaya gelas tidak tergelincir dan pecah.

Tatakan gelas dari kain flanel ini sangat bermanfaat sekali, Jika kalian ingin membuat tatakan gelas ini silahkan siapkan alat dan bahan berikut:

Alat dan Bahan:

  • Kain flanel
  • Benang jahit
  • Jarum jahit
  • Lem tembak

Cara Pembuatan:

  1. Langkah pertama, potong kain flanel sesuai yang kalian inginkan, bisa berbentuk lingkaran, kotak dan lainya.
  2. kemudian, gunting kain flanel sesuai dengan pola yang sudah kalian buat,
  3. lalu, jahit polanya secara rapi menggunakan jarum dan benang jahit, kalian juga bisa menggunakan lem tembak.
  4. Terakhir, kalian juga bisa menambahkan motif ikan, daun, dan lainya pada bagian atas.
  5. Selamat mencoba semoga kalian suka ya.

11. Boneka Jari

boneka jari
Tokopedia

Boneka jari dari kain flanel ini memiliki bentuk sangat lucu dan unik. Kalian dapat membuat boneka jari ini sesuai dengan bentuk yang kalian suka. pada biasanya boneka jari ini memiliki bentuk binatang.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu buat pola bianatang di kertas, lalu tempelkan pada kain flanel. Kemudian gunting dua helai kain sesuai pola dan tambhakan detail, seperti mata, telinga dan mulut pada salah satu kain.

Setelah itu, jahit kedua helai kain dengan menyisakan lubang pada bagian bawah sebagai tempat untuk memasukan jari. jika sudah jadi kalian dapat menggunakannya untuk bercerita.

12. Penutup Kotak Tisu

kotak tisu lucu

Kalian bosan dengan corak kotak tisu dirumah kalian. Kalian dapat mempercantiknya dengan membuat tutup atau covernya dari kain flanel.

Cara membuatnya yaitu, siapkan kota tisu yang sudah jadi, kain flanel bermacam warna,gunting, lem, jarum, dan benang. Langkah pembuatnya yaitu potong kain flanel sesuai ukuran kotak tisu, lalu tempelkan ke kota tisu menggunakan lem.

Kemudian jahit bagian pertemuan kain agar terlihat rapi dan menarik. Buat hiasan dari kain flanel yang berbeda warna dengan aneka bentuk sesuai selera, lalu tempelkan ke bagian samping dan atas kotak tisu. Kalian juga bisa menambahkan aksesoris tambahan supaya terlihat menarik.

13. Hiasan Bantal Kursi

hiasan bantal kursi
rukita.co

Sarung bantal dirumah kalian berwarna polos, kalian dapat menambahkan hiasan bantal dari kain flanel. Hiasan bantal dari kain flanel ini memiliki beberapa macam bentuk seperti kupu-kupu, burung hantu, dll.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu gunting kain flanel dengan mengikuti pola badan, sayap hewan kupu-kupu. kemudian tempelkan setiap bagian pola hingga membentuk kupu-kupu yang lengkap. lalu jahit semua pola supaya rapi dan kuat.

14. Pelapis Mug

pelapis mug dari kain flanel
Pinterest

Kalian sering panas saat menggunakan gelas mug. ada solusinya yaitu dengan menggunakan pelapis mug dari kain flanel. Selain sebagai pelapis supaya tidak panas manfaat lainya yaitu membuat mug lama terlihat seperti baru.

Cara membuatnya dengan cara Potong dua helai kain flanel ungu berbentuk persegi panjang dengan panjang dan lebar sesuai ukuran mug dan satu helai flanel biru berbentuk cangkir.

Kemudian Jahit kain berbentuk cangkir ke salah satu helai flanel ungu dan buatlah hiasan berupa nama. Lalu, Rekatan kedua kain persegi panjang dengan cara dijahit.

15. Pembatas Buku

pembatas buku
hipwee.com

Untuk kalian para pemabaca buku pasti kalian membutuhkan pembatas buku ini. Kali ini kalian dapat membuat pembatas buku unik dari kain flanel. Bentuk pembatas buku ini bisa kalian sesuaikan dengan keinginan kalian.

Cara membuatnya mudah yaitu dibuat dari dua lembar kain flanel aneka warna yang dijahit menyatu, lalu dihias dengan gambar hewan yang juga dibuat dari kain flanel. Di salah satu sisinya, ditambahkan pita dan bunga supaya terlihat lebih menarik.

16. Hiasan Gantung

hiasan gantung dari kain flanel

Kamar kalian sepi tidak ada hisannya?, kalian dapat membuat hiasan gantung ini sebagai referensi. Hiasan gantung ini sangat cocok untuk kamar anak-anak.

Cara membuatnya Potong kain flanel sesuai pola huruf dan karakter kartun kesukaan anak serta bentuk lainnya, masukkan bahan isian dakron, lalu jahit tepinya. Sambungkan setiap bentuk dengan benang.

17. Hiasan Kaos

hiasan kaos dari kain flanel
moondoggiesmusic.com

Kalian dirumah memiliki kaos polos, kalian dapat menambahkan hiasan dari kain flanel supaya terlihat lebih menarik dan lucu. Hiasannya bisa berupa bentuk karakter kesukaan bahkan nama kalian juga bisa.

Cara membuatnya Gunting kain flanel dengan bentuk huruf sesuai nama anak dan gambar karakter yang ingin dibuat. Selanjutnya, tempelkan potongan-potongan tersebut pada kaos polos dengan cara dijahit.

Manfaat Kerajinan dari Kain Flanel

Kain flanel sangat mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Selain untuk digunakan sendiri,kalian juga bisa menjadikan kerajinan tangan dari kain flanel ini sebagai sumber penghasilan tambahan. selain itu, Kerajinan kain flanel ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas diri.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang sudah mengunjungi website ini, semoga teman-teman terbantu jika ingin membuat kerajinan dari kain flanel.

Tidak lupa kami juga memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisan. Untuk teman-teman roizzul.com jangan lupa selalu asah kreatifitas kalian seperti membuat kerajinan dari kain flanel dan kerajinan yang lainya. “Se you”

Majas Klimaks

roizzul muslim
3 min read

Majas Depersonifikasi

roizzul muslim
3 min read

Majas Sinestesia

roizzul muslim
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.