Kerajinan dari Bambu

9 min read

contoh kerajinan dari bambu

Kerajinan dari Bambu – Siapa sih diantara kalian semua yang tidak tau tanaman bambu?. Bambu adalah tanaman yang sangat banyak sekali manfaatnya. Apabila kita kreatif bambu bisa disulap menjadi kerajinan yang unik lohh.

Bambu sangatlah cocok untuk bahan dasar membuat kerajinan karena memiliki material yang mudah di ubah-ubah dan memiliki tekstur lentur, kuat. Kerajinan dari bambu ini juga memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi.

Banyak kerajinan yang dibuat dari bambu memiliki bentuk unik serta menarik. Apabila kalian ingin membuat kerajinan dari bambu kalian bisa baca artikel ini sampai akhir ya.

Kenapa Memilih Bambu Sebagai Bahan Kerajinan?

bambu
kompas.com

Bambu merupakan salah satu jenis tanaman yang terkenal dan banyak di temukan di Indonesia. Dalam kehidupan masyarakat desa, bambu memiliki perang yang sangat penting, terutama untuk bahan bangunan.

Tidak hanya dapat dijadikan sebagai bahan dasar bangunan rumah, bambu juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain itu bambu juga bisa diubah menjadi sebuah karya yang memiliki nilai jual.

Kelebihan tanaman bambu yaitu batangnya kuat dan lentur tidak mudah patah. tidak heran jika bambu sangat cocok untuk bahan membuat kerajinan tangan dan sangat banyak sekali kerajinan yang dapat dibuat dari bambu.

Teknik Membuat Kerajinan dari Bambu

Dalam pembuatan kerajinan dari bambu ada teknik yang harus diterapkan. Bambu termasuk dalam kategori kerajinan bahan keras, berikut teknik yang dapat kalian gunakan saat membuat kerajinan dari bambu:

1. Teknik Ukir

ukir bambu
tirto.id

Teknik pertama dalam pembuatan kerajinan dari bambu yaitu teknik ukir. Teknik ukir ini dilakukan dengan cara memahat,menggoreskan, mencungkil bagian bambu hingga membentuk pola yang di inginkan.

2. Teknik Anyam

menganyam bambu
ceritaihsan.com

Teknik kedua ini sangatlah sering digunakan saat membuat kerajinan dari bambu yaitu teknik anyam. Teknik anyam ini bisa di aplikasikan pada bambu ketika bambu sudah di belah menjadi potongan kecil dan tipis.

3. Teknik Pahat

memahat bambu
ruparupa.com

Teknik kerajinan dari bambu yang terakhir adalah teknik pahat, teknik ini dilakukan dengan cara mengurangi atau membuang beberapa bagian pada bahan dasar untuk dibentuk menjadi sebuah pola.

Pda umumnya teknik jenis ini menggunakan alat bantu seperti palu, pahatan, kikir, ataupun mesin otomatis untuk kemudian diaplikasikan pada kerajinan dengan bahan dasar bambu dan juga kayu.

Contoh Kerajinan dari Bambu

contoh kerajinan dari bambu

Siapa sangka bambu bisa diubah menjadi kerajinan yang unik dan menarik. Bambu juga ternyata salah satu bahan dasar membuat kerajinan yang banyak di gemari masyarakat lokal bahkan sampai mancanegara.

Kerajinan dari bambu memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Apabila kalian ingin membuat kerajinan dari bambu berikut contoh kerajinan dari bambu dan cara pembuatanya:

1. Lampu Hias

lampu dari bambu
tokomesin.com

Lampu hias dari bambu ini memiliki nilai unsur estetika yang bagus. Sangat cocok untuk menerangi rumah dan cafe supaya terkesan klasic dan keren. Apabila kalian ingin membuatnya silahkan siapkan alat dan bahan-bahan berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Batang bambu 1-3 meter
  • Lampu irit daya 5 watt bersama dengan warna cocok selera kalian(merah, kuning, putih, biru, dll)
  • Kabel lampu secukupnya
  • Kuas cat
  • Cat warna yang cocok dengan selera kalian atau gunakan pelitur kalau kalian ingin warna bambu natural
  • Cat clear
  • Semen
  • Amplas
  • Gunting
  • Cutter/ pisau
  • Gergaji
  • Alat Pahat

Cara Pembuatan:

  1. Pertama kali, Potong bambu yang sudah disiapkan se-panjang 1,5 meter atau bisa mengatur selera kamu. Pastikan bambu yang kalian pilih adalah bambu kering yang masih kuat dan berdiameter tidak cukup lebih 10 cm.
  2. lalu, Amplas permukaan bambu sampai halus dan sisiknya hilang, lalu cat total permukaan bambu atau bisa juga anda manfaatkan pelitur. Setelah itu menanti sampai cat kering.
  3. Apabila cat sudah terasa kering, Kalian bisa mulai gergaji bambu pada bagian bawah ruas bambu untuk jadi tatakan lampu bambu kamu.
  4. Kemudian, gergaji juga bagian atas bambu untuk keluarnya sinar lampu.
  5. Setelah itu, Lubangi bagian sedang dari ruas bambu bagian bawah lampu-mu untuk lubang masuk kabel.
  6. Dengan manfaatkan alat pahat dan gergaji, berikan lebih dari satu lubang bersama dengan ukuran yang bervariasi di batang lampu bambu mu untuk area keluarnya cahaya dan terlihat ada variasinya.
  7. Amplas lagi bagian lampu yang terbuka agar halus dan rapih.
  8. Gunakan semen untuk membuat dudukan atau tumouan lampu bambu agar mampu berdiri tegak dan agar tidak mudah terguling.
  9. Tinggi dudukan kurang lebih 7-10 cm. Anda bisa untuk gunakan ukuran ember kecil atau bisa juga menggunakan kaleng bekas cat untuk cetakan semen.
  10. Cat/pelitur lagi lampu bambu kalian selanjutnya dudukannya agar tampilan lampu hias lebih menarik.
  11. Pasang lampu di lampu hias dari bambu kalian ,selanjutnya pasang instalasi kabelnya.
  12. Terakhir, Letakkan lampu dari bambu di tempat yang kalian sukai dan nyalakan lampu dan menikmati aesteic nya kamar kalian.

2. Lonceng Angin

lonceng  angin bambu
radium.co.id

Lonceng angin dari bambu ini memiliki ciri khas yang tradisional. Banyak masyarakat yang menggunakan lonceng ini di depan rumah. Apabila tertiup angin lonceng ini akan memunculkan suara yang nyaring.

Ternyata mendengar suara lonceng angin dari bambu juga dipercaya dapat menenangkan hati dan fikiran-fikiran yang mengganggu aktivitas. Umunya lonceng angin ini banyak digunakan oleh masyarakat desa.

Apabila kalian ingin membuat lonceng angin dari bahan bambu ini silahkan siapkan alat dan bahan-bahan berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Bambu mini / kecil
  • Batok kelapa
  • Gergaji
  • Amplas
  • Tali
  • Gunting
  • Cutter
  • Pisau
  • Bor listrik
  • Cat pelitur

Cara Pembuatan:

  1. Pertama-tama, kalian siapakan bambu dengan ukuran sedang atau mini. Pastikan bambu yang di gunakan bagus dan kuat serta tidak mengalami retak pada bagian batangnya.
  2. Lalu, Potong bambu dengan ukuran kurang lebih 15 sampai 17 cm sebanyak 5 buah bambu.
  3. Kemudian, buat bambu dengan ukuran 7 cm sebanyak 5 buah yang akan dimasukkan ke tiap bambu berbentuk stick kecil yang akan berfungsi sebagai ‘jangkar’ individual.
  4. Jika sudah, Bersihkan bagian dalam bambu mulai dari serat pada bambu, kamu bisa membersihkannya menggunakan pisau kecil atau cutter.
  5. Setelah itu, pada bagian bawah bambu bentuk dengan pola melengkung dengan jarak 8 cm dari atas bambu. Setelah itu amplas bambu sampai halus.
  6. Beri lubang pada bagian atas bambu untuk memasukkan tali, lubangi bambu menggunakan bor listrik.
  7. Setelah itu, belah batok kelapa menjadi setengah lingkaran dan amplas batok kelapa hingga halus.
  8. Kemudian, Jangan lupa berikan lubang pada bagian pinggir batok kelapa, bisa kalian sesuaikan dengan jumlah lubang tali pada setiap bambu.
  9. Pada bagian ini, satukan bambu dengan batok kelapa dengan cara ikat setiap bambu menggunakan tali kemudian sambungkan dengan batok kelapa.
  10. Apabila sudah, masukkan tali yang tadi ke lubang batok kelapa kemudian tarik ke atas. Dan buat simpul tali agar menyatukan lonceng angin dan kemudian kunci talian.
  11. Terakhir dalam membuat lonceng angin dari bambu yaitu, kamu bisa memberikan warna alami menggunakan pelitur supaya mendapatkan hasil yang lebih estetic dan clasic.

3. Vas Bunga dari Bambu

vas bunga dari bambu
99.co

Mungkin kalian semua tidak menyangka bahwa bambu bisa diubah menjadi vas bunga cantik dan menarik. Apabila kalian ingin membuat vas bunga dari bambu silahkan siapkan alat dan bahan-bahan berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Bambu tua atau bambu kering
  • Gergaji
  • Amplas
  • Cutter
  • slotip bening
  • Gunting
  • Pilok atau cat warna

Cara Pembuatan:

  1. Tahap pertama dalam pembuatan vas bunga dari bambu yaitu potong bambu miring pada bagian atas. Kemudian gosok bambu dengan kertas gosok atau amplas sampai bambu berubah warna menjadi cream dan menjadi bersih.
  2. Kemudian Setelah itu kalian balut bambu dengan slotip bening, hingga seluruh bambu tertutupi. Dan gambar motif yang kalian inginkan.
  3. Jika gambar sudah selesai, ukir bambu menggunakan silet atau cutter sesuai dengan motif yang sudah kalian gambar tadi.
  4. Lalu, warnai bambu menggunakan piloks ataupun cat warna yang sudah disiapkan. Dan tunggu catnya hingga kering.
  5. Tahap terakhir, kemudian setelah kering, lepas slotip dari bambu. Vas bunga dari bambu cantik dan menarik siap digunakan sebagai pajangan di rumah dan kamar kalian.

4. Air Mancur dari Bambu

air mancur dari bambu
blogspot.com

Lagi-lagi bambu bisa disulap menjadi sebuah kerajinan yang sangat unik yaitu air mancur dari bambu. Mungkin jika kalian berkunjung di daerah pedesaan pasti banyak menemukan air terjun dari bambu ini.

Manfaat dari air terjun ini menambahkan kesan sejuk dan alami pada lingkungan sekitar rumah. Apabila kalian ingin membuat air terjun dari bambu ini versi mini silahkan siapkan peralatan berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Batang bambu dengan diameter 5-7 cm sepanjang 1 – 1,3 m
  • Tiang bambu (untuk penyangga) dengan diameter 1-2 cm sepanjang 40-50 cm
  • Tali ijuk aren secukupnya (untuk pengikat)
  • Pipa PVC dengan diameter 5-7 cm
  • Pompa air listrik (untuk mengalirkan air)
  • Variasi tambahan seperti batu-batuan kecil, dll.

Cara Pembuatan:

  1. Peringatan tidak ada keharusan dalam memilih jenis bambu yang digunakan bisa menggunakan bambu hitam, wulung, ater atau jenis lain.
  2. Langkah pertama, potonglah bambu dengan diameter ukuran antara 5 sampai 7 cm sepanjang 60-70 cm sebanyak 4 buah dan sepanjang 45 sampai 55 cm sebanyak 2 buah. Kalian Pastikan bahwa bagian atas dan bawah dari batang bambu yang akan digunakan sebagai tiang ini tertutup oleh ruas.
  3. Kemudian, potonglah bambu dengan diameter 1 sampai 2 cm sepanjang 40 dan 50 cm sebagai bambu penyangga.
  4. Lalu, potonglah bambu dengan diameter 5-7 cm sebagai buluh air dengan panjang 1 meter dan 1,3 meter. Jangan lupa juga pada salah satu ujung dari tiap bambu potong secara menyilang seperti bentuk bambu runcing.
  5. Setelah itu bambu yang akan digunakan sebagai buluh air dengan ukuran 1m, selanjutnya kita akan lubangi ruas-ruas yang ada di dalam batang bambu nya, sehingga bisa di lewati air. Termasuk juga pada bagian akhir dari ruasnya, sehingga dapat disambung dengan pipa PVC.
  6. Sementara pada bambu buluh air yang berukuran 1,3 m, kamu bisa melubangi ruas-ruasnya sehingga nanti akan dijadikan untuk menampung air, tapi pada bagian dasarnya jangan lubangi ruas pada batang bambu.
  7. Kemudian ambil dua potongan bambu panjang dengan panjang 60-70 cm yang dibuat sebagai tiang, kemudian buat lubang menembus sampai dengan pada posisi 15-20 cm dihitung dari bagian teratas bambu. Kalian juga bisa sesuaikan besar lubang dengan diameter dari bambu untuk penyangga.
  8. Untuk ukuran lubang yang digunakan sebagai buluh air harus sedikit lebih besar dari diameter bambu penyangga, sehingga air bisa bergerak bebas di dalam bambu dan mengalir keluar.
  9. Langkah terakhir yaitu pasang bambu dan pompa air ditempat yang sudah direncankan.
  10. Air terjun dari bambu siap menambah sejuk suasana lingkungan kalian.

5. Tempat Pensil dari Bambu

tempat pensil dari bambu
blogspot.com

Teman-teman dirumah memiliki pensil dan bolpoin yang banyak, supaya tidak berantakan. Kalian dapat menggunakan bambu untuk diubah menjadi tempat pensil yang lucu dan menarik.

Tempat pensil dari bambu ini terbilang mudah dalam pembuatannya. Apabila kalian ingin membuat tempat pensil dari bambu ini silahkan siapkan peralatan dan bahan-bahan berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Bambu yang sudah kering
  • Penggaris
  • Bolpoin
  • Gergaji
  • Pisau / cutter
  • Amplas
  • Lem Fox
  • Cat warna atau Plitur kayu

Cara pembuatan:

  1. Langkah pertama, ambil sebatang bambu lslu haluskan tiap bakunya atau ring nya menggunakan pisau atau cutter
  2. Kemudian, potonglah bambu dengan ukuran ketinggian 20 cm,akan tetapi harus di ingat untuk pemotongan harus berada diatas buku bambu (di ukur dari buku bambu pertama)
  3. Lalu, haluskan seluruh anggota potongan menggunakan pisau atau amplas
  4. Jika sudah, beri dan buat pola yang akan dililit tali,Selanjutnya tambahkan lem sebagai media perekat
  5. Setelah itu lilitkan talinya dengan bambu, kemudian tunggu beberapa menit sampai benar-benar kering
  6. Langkah terakhir, agar tampilan tempat pensil dari bambu terlihat lebih menarik kalian dapat menggunakan cat warna atau plitur kayu
  7. Tempat pensil unik dan menarik dari bambu siap untuk kalian gunakan.

Baca Juga:

6. Gelas dari Bambu

gelas
bp-guide.id

Kalian bosan menggunakan gelas menggunakan bahan kaca, kalian dapat merasakan sensasi minum menggunakan gelas dari bambu. Jika kalian ingin membuat gelas dari bambu silahkan siapkan perlatan dan bahan berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Bambu
  • Gergaji
  • Plitur
  • Pisau
  • Cat warna
  • Amplas

Cara Pembuatanya:

  1. Langkah pertama, Kalian bisa ambil bambu yang sudah tua kemudian keringkan atau di jemur dibawah sinar matahari.
  2. Langkah ke selanjutnya adalah ambil bambu yang sudah dijemur selama beberapa hari, dan kalian pastikan bahwa bambu selanjutnya tidak rusak dan mengempes sebab terlalu muda.
  3. Kemudian, ambil anggota pada bagian bawah bambu yang terdapat kukunya atau biasa disebut bersama cincin pemisah bambu.
  4. Lalu, potong bambu bersama ukuran gelas yang ingin kalian buat, menjadi ukur tingginya lebih-lebih dahulu. Setelah dipotong, kalian akan beroleh bambu yang nyaris sama bersama gelas.
  5. Jika sudah membentuk gelas kemudian kalian amplas atau haluskan anggota luar bambu sehingga kalian bisa mengecatnya dengan rapi nantinya.
  6. Apabila kalian sudah kira-kira telah halus, kalian bisa membuat ukiran bambu dengan bentuk yang kalian inginkan, jikalau beri ukiran bunga di sampingnya, atau kalian bisa memberikan ukiran di anggota mulut bambu tersebut.
  7. Setelah selesai, kalian bisa langsung untuk mengambil cat dan buat pola atau gambar apapun sesuai dengan kreatifitas yang kalian inginkan
  8. kalian bisa juga membuat pola atau memberikan gambar seperti mata, hidung, sampai alis di anggota tengah gelas mugg jika sebenarnya kalian idamkan menghiasnya menjadi lebih lucu dan menarik.
  9. Untuk anggota didalamnya termasuk perlu anda haluskan supaya menjadi lebih indah dan bersih.
  10. Terakhir Jika gelas mug sudah siap, kalian mampu manfaatkan nya sebagai hiasan di rumah atau kalian dapat menjualnya di toko oleh-oleh. Selain itu mug atau gelas dari bambu ini termasuk mampu kalian manfaatkan sebagai alat minum anda.

Macam-macam Kerajinan dari Anyaman Bambu

macam-macam kerajinan dari bambu

Kerajinan dari bambu sangatlah banyak bentuk dan macam-macamnya. Bambu merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh subur di Indonesia. Tanaman bambu ini memiliki beragam kegunaan.

Tanaman bambu sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat desa atau pelosok, yaitu dimanfaat sebagai bahan membuat kerajinan dan bahan untuk membangun rumah. Berikut macam-macam kerajinan dari anyaman bambu:

1. Lampu Anyam dari Bambu

lampu anyam
lemkayu.net

Lampu dari anyaman bambu ini memiliki bentuk yang unik dan tradisional. Kerajinan lampu ini banyak diminati oleh banyak orang selain itu pemasaran atau penjualan kerajinan ini sudah tembus di pasar internasional atau luar negri.

Fungsi lampu dari anyaman bambu selain untuk menerangi ruangan, bentuk dari lampu ini akan menambah ruangan kalian menjadi lebih keren dan berkesan dekoratif tradisional.

Bentuk lampu dari anyaman bambu ini memiliki dua jenis, yaitu jenis lampu tidur dan jenis lampu gantung. . Akan tetapi jenis lampu tidur lebih banyak diminati karena mudah di pindahkan kemana-mana dan fleksibel.

2. Topi Anyam

topi anyam
wordpress.com

Topi anyam dari bambu adalah sebuah kerajinan yang sangat iconik dikalangan para petani. Topi anyam dari bambu ini dikenal dengan sebutan capil atau caping.

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju topi dari bambu ini tidak hanya digunakan oleh petani. Karena topi ini memiliki banyak bentuk yang keren dan modis seperti topi pantai.

Keunikan topi anyam dari bambu ini membuat topi ini banyak diminati oleh para pelancong, karena memiliki bentuk yang bagus dan unik bila digunakan sebagai properti foto.

Kelebihan topi anyam dari bambu ini bahannya yang terbuat dari bahan alami membuat para penggunanya tidak merasa kepanasan meski berada di bawah terik matahari.

3. Tas dan Keranjang

tas anyam
Tokopedia

Tas dan keranjang dari anyaman bambu merupakan salah satu dari 5 kerajinan yang dapat dibuat dengan anyaman bambu. Tas bambu sudah lama dikenal oleh masyarakat dan biasa digunakan untuk membawa barang belanjaan dari pasar.

Seiring perkembangan Zaman yang semakin maju, kini bentuk tas jinjing dari bambu hadir dengan berbagai motif dan warna-warni yang menarik. Selain itu tas bambu ini memiliki banyak desain yang kekinian.

Meski terbuat dari material yang keras, namun dengan keahlian para penganyam, tas ini menjadi nyaman untuk dipakai dan jenis tas ini tentunya ramah lingkungan. Karena bahan terbuat dari alam.

4. Langit-langit Anyam dari Bambu

langit atau plafon
rumahunik.com

Memang zaman sekarang terkenal dengan bentuk langit- langit dari bahan gpsum dan pvc. Akan tetapi bentuk langit-langit dari anyaman bambu ini juga tidak kalah keren lohh.

Selain itu dengan pewarnaan yang natural, kehadiran anyaman bambu sebagai langit-langit akan memberikan suasana yang menyegarkan dan asri seperti di pedesaan.

Kalian dapat membeli kerajinan ini di pengrajinnya langsung dan biasanya untuk hasil kerajinan jenis ini dijual dengan harga per meter, sehingga semakin banyak yang dibutuhkan, maka harganya semakin mahal.

Manfaat Kerajinan dari Bambu

Bambu dikenal memiliki daya tahan terhadap serangga dan kelembapan, juga sangat ramah lingkungan, sehingga layak dijadikan sebagai bahan pembuatan kerajinan. Banyak kerajinan yang bisa dihasilkan dari bahan bambu, seperti kipas, hiasan dinding, gantungan kunci, hiasan meja, dan sebagainya

Selain itu manfaat kerajinan dari bambu ini menambahkan dan menumbuhkan jiwa kreatifitas teman-teman semua. Semoga dengan contoh kerajinan di atas kita dapat memanfaatkan hasil alam dengan sebaik-baiknya dan tanpa merusak lingkungan sekitar.

Penutup

Kami mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan membantu teman-teman menumbuhkan kreatifitas dalam membuat kerajinan dari bambu.

Kami tidak lupa juga memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata. Kami juga berpesan kepada teman-teman untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan manfaatkan hasil alam menjadi sebuah kerajinan yang unik dan tentunya tidak merusak lingkungan.

Majas Klimaks

roizzul muslim
3 min read

Majas Depersonifikasi

roizzul muslim
3 min read

Majas Sinestesia

roizzul muslim
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.