Kerajinan dari Serat Alam

11 min read

kerajinan dari serat alam - roizzul.com

Kerajinan dari Serat Alam – Hai bagaimana kabarnya sahabat roizzul.com?. Semoga kalian semua sehat dan semangat dalam belajar ya. Kali ini kita akan membahas tentang kerajinan tangan Khas Indonesia yang bahan dasarnya dari alam, yaitu kerajinan dari serat alam.

Kerajinan dari serat alam adalah sebuah kerajinan yang dibuat menggunakan bahan dasar dari alam. Kerajinan dari serat alam ini juga memiliki sebuah keunikan dan manfaat yang sangat banyak.

Pemanfaatan serat alam dijadikan sebuah kerajinan merupakan sebuah nilai karya yang bagus, karena produk atau barang yang terbuat dari serat alam ini bisa di jadikan peluang bisnis dan produk dari bahan serat alam ini juga memiliki nilai jual yang cukup bagus.

Pembuatan kerajinan dari serat alam ini sangat cocok dengan masyarakat Indonesia, di karenakan kekayaan alam di Indonesia sangat melimpah, selain itu masyarakat di Indonesia juga memiliki seni kreatifitas yang tinggi.

Apabila sahabat semuanya ingin membuat kerajinan ini dan ingin belajar tentang apa itu serat alam?. Kalian bisa simak ulasan artikel di bawah ya. Semangat belajar dan selamat membaca.

Pengertian dan Definisi Serat Alam

kerajinan dari serat alam
gramedia.com

Pengertian serat alam dalam (Kamus Besar Bahasa Indonesia) KBBI adalah sebuah sel atau jaringan serupa benang atau pita panjang, berasal dari hewan atau tumbuhan (ulat, batang pisang, daun nanas, kulit kayu, dan lain sebagainya) digunakan untuk membuat kertas dan tekstil.

Penjelasannya serat alam merupakan suatu bahan gabungan dari berbagai potongan komponen kecil yang terbentuk hingga menjadi jaringan yang memanjang utuh. Yang akan di produksi oleh hewan, tumbuh-tumbuhan, dan benda mati.

Serat ini juga lebih banyak atau sering dipakai oleh manusia sebagai bahan untuk membuat berbagai macam hal, seperti kain, tali, kertas, dan juga kerajinan tangan. Contoh kerajinan limbah tekstil dari serat alam adalah jenis serat yang banyak di cari oleh masyarakat.

Sangat berbeda halnya dengan serat sintetis, serat ini juga bisa mengalami pelapukan. Serat alam ini juga memiliki beberapa macam jenis yaitu:

  • Serat tumbuhan atau serat pangan, pada umumnya tersusun dengan hemisululosa, selulosa dan juga mengandung lignin. Contohnya seperti kain katun dan rami. serat ini dapat digunakan untuk bahan dalam pembuatan kertas dan tekstil, serta penting juga sebagai nutrisi manusia.
  • Serat mineral, pada umumnya serat ini terbuat dari abestos. Abestos adalah salah satu jenis mineral alami yang terletak dalam bentuk jaringan panjang.
  • Serat hewan, umumnya serat ini tersusun atas protein tertentu. Contohnya serat dari bulu domba yang akan menjadi wol dan ulat yang akan menjadi sutra.
  • Serat kayu, asal serat yang ini adalah dari batang tumbuhan yang keras atau berkayu.

Dari contoh jenis-jenis serat diatas bisa diubah menjadi suatu karya seni berupa benda atau hiasan memiliki nilai seni tinggi dan menjadi sebuah barang yang memilik nilai jual. simak penjelasan dibawah:

Macam-Macam Serat Tumbuhan

macam-macam serat tumbuhan

Macam-macam serat tumbuhan itu ternyata ada banyak loh teman-teman. Apakah kalian tau apa saja macamnya?. Simak penjelasan berikut akan ada sekitar 5 macam serat tumbuhan yang akan kami bahas.

1. Serat Urena

Serat urena merupakan serat yang berasal dari tumbuhan urena lobata. Serat ini sangat banyak ditemukan di negara seperti Kongo, Madagaskar dan Brasil.

Ciri dari serat urena ini di tandai dengan warna putih dan menyerupai seperti krim berkilau. Tekstur serat ini halus, lembut dan fleksibel.

2. Serat Rosella

Serat Rosella adalah serat yang berasal dari tumbuhan yang bernama hibidcus sabdariffa atau yang biasanya di sebut dengan pohon rosella.

Serat rosella dapat kalian temukan di negara penghasil serat rosella seperti Indonesia, Bangladesh, India dan Filipina.

3. Serat Abaka

Serat Abaka merupakan salah satu serat yang berasal dari tumbuhan yakni serat abaka. Serat abaka ini dihasilkan dari daun tumbuhan yaitu Musa Textilis.

Daun tumbuhan Musa Textilis ini merupakan tumbuhan yang termasuk anggota tumbuhan pisang yang berasal dari Filipina.

4. Serat Sunn

Serat sunn ini adalah serat yang berasal dari batang tumbuhan yang bernama Crotalaria Juncea. Serat sunn ini memiliki ciri khas yaitu warnanya berkilau. Kalian dapat menemukan serat ini di daerah India dan Pakistan.

5. Serat Rami

Serat rami merupakan sebuah serat yang berasal dari batang tanaman yang bernama Boehmeria Nivea. Serat rami ini biasanya digunakan oleh masyarakat China sebagai bahan untuk membungkus mummy.

Sedangkan di Indonesia, serat rami ini mulai berkembang sejak zaman penjajahan belanda dahulu kala. Ciri serat ini mempunyai warna putih berkilau dan tahan terhadap bakteri dan jamur.

Manfaat dari serat rami yaitu biasanya dipakai untuk bahan pembuatan kanvas, tali temali dan jala. Selai itu, serat ini juga bisanya digunakan untuk bahan pembuatan kimono khas Jepang.

Teknik Pembuatan Kerajinan dari Serat Alam

teknik serat alam

Pembuatan kerajinan dari serat ini memiliki beberapa teknik yang dapat kalian terapkan saat membuat kerajinannya. Kerajinan dari serat alam termasuk kerajinan yang ramah lingkungan dikarenakan tergolong dari bahan organik atau mudah terurai.

Kerajinan dari serat alam ini sangat di sarakan untuk kalian buat dirumah untuk mengisi waktu luang dan menumbuhkan nilai kreatifitas diri. Sebelum membuat kerajinannya kalian harus tau teknik nya sebagai berikut.

1. Teknik Anyaman

Teknik anyaman atau menganyam adalah teknik membuat karya seni rupa dengan cara menumpang tindihkan secara menyilang bahan anyam yang berupa lungsi dan pakan.

Bahan- bahan anyaman dapat dibuat dari tumbuh-tumbuhan yang sudah di keringkan. Contohnya seperti rotan, akar, batang pisang kering, dan dedaunan yang dijadikan satu rumpun yang kuat.

2. Teknik Merajut

Teknik merajut dalam (bahasa Inggris: knitting tecnic) adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Teknik merajut ini dapt dilakukan menggunakan tangan maupun mesin.

Teknik dasar dalam merajut adalah tusuk atas dan tusuk bawah. Tusuk atas dilakukan dengan cara mengaitkan benang dari arah depan, sementara dari bawah adalah fungsinya mengait benang dari arah belakang. untuk hasilnya membentuk pola seperti huruf “v” yang saling tersambung.

3. Teknik Simpul

Simpul adalah sebuah bentuk ikatan pada tali atau benang, ikatan benang tersebut dapat memiliki manfaat atau dijadikan hiasan. Simpul dalam pembuatan kerajinan di kenal dengan istilah makrame.

Makrame adalah salah satu produk kerajinan yang berasal dari keahlian merangaki tali. Makrame berarti kerajinan simpul tali, dimana dengan keahlian menyimpul tali baik dua buah tali dan sebagainya sehingga menghasilkan sebuah karya kerajinan yang selain berfungsi sebagai benda pakai juga mempunyai nilai seni yang menarik.

4. Teknik Menjahit

Menjahit adalah sebuah pekerjaan menyambung kain dan bahan-bahan lain yang bisa bisa dilewati oleh jarum jahit dan benang. Teknik menjahit ini dapat dilakukan dengan tangan (manual) atau mesin jahit.

5. Teknik Menempel

Menempel adalah rancangan pembuatan karya seni rupa dengan cara melekatkan suatu bahan pada tempat tertentu yang diinginkan mengunakan lem atau bahan perekat lainya, baik dengan bahan yang sama, ataupun bahan yang berbeda.

Contoh Kerajinan dari Bahan Serat Alam

contoh kerajinan serat alam

Contoh kreativitas membuat kerajinan dari bahan serat alam. Bahan-bahan serat alam sangatlah cocok untuk membuat kerajinan di karenakan ramah lingkungan dan dapat di daur ulang.

Kali ini kami akan memberikan beberapa contoh kerajinan dari bahan serat alam yang dapat kalian buat sendiri, semoga dengan beberapa contoh berikut dapat membuka jendela kreativitas kalian semua. “Selamat membaca”.

1. Kerajinan Bunga dari Kulit Jagung

bunga dari kulit jagung
mudahdicari.com

Kerajinan bunga dari kulit jagung ini sangatlah unik dan tentunya ramah lingkungan. kerajinan ini menggunakan bahan bekas atau limbah alam dari tanaman jagung.

Pada umumnya tanaman jagung yang dimanfaatkan atau diambil hanyalah biji jagungnya. Kali ini kita akan memanfaatkan bagian daunnya untuk diubah menjadi sebuah karya yang unik.

Kita akan membuat kerajinan bunga dari kulit jagung yang unik dan menarik. Apabila kalian ingin membuatnya baca alat dan bahan yg harus di siapkan sebagai berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Kulit Jagung kering (yang berusia 3 bulan lebih)
  • Gunting
  • Lem
  • kawat
  • pewarna (wantex)
  • plastik warna
  • tempayan

Cara Pembuatan:

  1. pertama kalian harus pisahkan daun jagung dari bijinya lalu pilih daun berdasarkan lembaranya. Perlu di ingat, untuk lembaran pertama sampai dengan ketiga harus kalian pisahkan karena memiliki kualitas terbaik.
  2. Kemudian, kulit jagung yang sudah kalian pisahkan dan pilih harus kalian rebus. Apabila kalian ingin mewarnai kulit jagungnya kalian dapat menambahkan warna (wantex) saat direbus. Untuk waktu perebusan kurang lebih 1 jam.
  3. apabila sudah kalian rebus, langkah selanjutnya kalian harus menjemur daun jagung sampai benar-benar kering didalam ruangan atau tempat lainya akan tetapi jangan sampai terkena sinar matahari karena dapat membuat kulit jagung menjadi pecah-pecah.
  4. langkah selanjutnya, yaitu setrika kulit jagung menggunakan tingkat kepanasan yang sedang, supaya kulit tidak kusut, bisa menjadi kelopak bunga yang indah dan tidak mudah rusak.
  5. bentuklah pola yang ingin kalian buat, lalu potonglah menggunakan gunting.
  6. ketika pola sudah di potong, selanjutnya satukan atau rangkai semua pola membentuk bunga yang kalian inginkan.
  7. setelah bunga jadi, lalu beri batang dan tangkai dari kawat. hiasi tangkai kawat menggunakan floral tape supaya terlihat rapi.
  8. bunga dari kulit jagung yang sangat unik dapat kalian jadikan hiasan dirumah dan kamar, ataupun di jual.

2. Kerajinan Vas Bunga dari Sabut Kelapa

vas bunga dari sabut kelapa

Sabut kelapa adalah limbah alam dari buah kelapa yang dapat kalian ubah menjadi sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi dan nilai kreativitas.

Sabut kelapa ini sangat bermanfaat sekali di karenakan banyak pabrikan besar yang menggunakan sabut kelapa ini menjadi maha karya yang memiliki nilai cuan yang tinggi, contohnya menjadi bahan jok mobil dan plafon mobil.

Oleh karena itu kita akan menjadikan sabut kelapa menjadi barang yang bermanfaat yaitu pot atau vas bunga dari sabut kelapa. Apabila kalian ingin membuatnya silahkan siapkan perlengkapan berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Sabut kelapa yang sudah kering
  • Gunting
  • Pisau atau cutter
  • Golok atau pisau besar
  • Tali ijuk
  • Mesin bor
  • Spidol

Cara Pembuatan:

  1. Langkah pertama yaitu kalian harus memilih sabut kelapa dari kulit kelapa yang sudah mengering. Kamu bisa mengguanakan linggis untuk untuk menguliti kelapa agar kupasan sabutnya tetap terjalin.
  2. Langkah kedua, berilah tanda di bagian bawah dan atas pada setiap belahan menggunakan spidol. Pada bagian ini akan dibor untuk mengikat belahan sabut kelapa sekaligus untuk tali ikatan pot yang kamu buat.
  3. Selanjutnya bor sabut kelapa secara perlahan dan hati-hati supaya tidak pecah pada bagian yang telah kamu kasih tanda sebelumnya tadi.
  4. Kemudian,kalian ikat tali ijuk pada setiap lubang sabut kelapa agar setiap belahan sabut bisa menyatu. Buatlah ikatan mulai dari luar dan menyilang ke arah dalam supaya ikatan antara belahan sabut kelapa menjadi kuat.
  5. Apabila ikatan dalam sudah terbentuk, sekarang silang ikatan pada bagian luar.
  6. Lakukan langkah nomer 5 tersebut pada semua belahan sabut kelapa sehingga terbentuk satu ikatan kuat dan kulit kelapa yang terpancung di bagian atas.
  7. Vas bunga dari sabut kelapa siap kalian gunakan untuk menanam bunga kesayangan dan juga bisa dijual lohh.

3. Kerajinan Tempat pensil dari Pelepah Pisang

tempat pensil dari pelepah pisang

Kerajinan pelepah pisang ini yaitu tempat pensil dari pelepah pisang yang unik dan alami. Kerajinan ini sangat cocok sekali untuk referensi membuat kerajinan prakarya karena mudah. Berikut cara pembuatanya dan alat-alat untuk membuat tempat pensil dari pelepah pisang:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Pelepah pisang kering
  • Gunting
  • Kertas karton
  • Lem
  • Biji-bijian
  • Cutter
  • Dll.

Cara Pembuatan:

  1. Langkah pertama, teman-teman harus mempersiapkan seuluruh peralatannya. setelah semua siap ambil kertas karton dan bentuk kertas karton sesuai dengan keinginan kalian. bisa berbentuk kotak atau tabung.
  2. Langkah kedua yaitu tempelkan pelepah pisang ke kertas karton yang sudah berbentuk tabung atau kotak.
  3. Selanjutnya teman-teman juga bisa menambahkan hiasan pada tempat pensil menggunakan biji-bijian dan aksesoris lainya.
  4. Terakhir yaitu kalian bisa menambahkan warna juga sesuka kalian. mudah kan teman-teman dalam membuat kerajinan tempat pensil dari pelepah pisang ini.

4. Kerajinan Tas Unik dari Serat Alam Eceng Gondok

kerajinan tas dari eceng gondok
Tokopedia

Siapa sangka tas unik dan cantik diatas terbuat dari eceng gondok. Banyak orang menganggap eceng gondok adalah tanaman air yang mengganggu lingkungan. Siapa sangka ternyata tanaman eceng gondok dapat diubah menjadi sebuah kerajinan unik.

Tanaman eceng gondok ini juga bisa menjadi peluang usaha apabila kita mau mengolahnya menjadi sebuah karya. Contoh produk dari eceng gondok yang memiliki nilai jual tinggi yaitu seperti tas anyaman.

Apabila teman-teman dirumah ingin mengasah kreativitas, kalian bisa membuat kerajinan tas unik ini dari eceng gondok. Jika tertarik membuatnya silahkan persiapkan alat dan bahan-bahan berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Eceng gondok
  • Jarum
  • Benang jahit
  • Gunting
  • Air
  • Wadah atau baskom
  • Cutter atau pisau
  • Penggiling

Cara pembuatan:

  1. pertama, Silahkan kalian Pilih eceng gondok yang berukuran panjang sekitar 60 cm.
  2. Kemudian keringkan eceng gondok tersebut di bawah sinar matahari secara langsung selama 1 minggu dan pastikan sampai benar-benar sudah kering.
  3. Lalu ambil eceng gondok jika sudah benar-benar kering, kemudian basahi eceng gondok sampai benar basah. Kalian usahakan agar air masuk hingga ke dalam pori-pori eceng gondoknya.
  4. Selanjutnya tipiskan eceng gondok dengan cara diletakkan atau di jepit di bawah kayu, lalu tarik eceng gondok secara perlahan-lahan. Ulangi langkah ini sampai eceng gondok benar-benar menjadi tipis.
  5. Berikutnya, anyam eceng gondok sehingga membentuk anyaman yang lebar dan rapih.
  6. Sebelum memotong dan membentuk anyaman yang telah kalian buat, maka kalian wajib membuat polanya terlebih dahulu. Buatlah pola tas sesuai dengan yang kalian inginkan.
  7. Kemudian gunting lembaran eceng gondok sesuai pola yang kalian gambar.
  8. Jahit eceng gondok dengan menggunakan benang jahit serta mengikuti polanya.
  9. Sekarang, buatlah cangklongan atau gantungan pada tas dengan mengambil 3 buah eceng gondok lalu Kepang eceng gondok sampai ujung.
  10. Setelah itu, jadikan satu antara tas dengan cangklongan atau gantungan menggunakan benang jahit.
  11. Terakhir, kalian dapat menambahkan aksesoris atau pernak-pernik untuk membuatnya terlihat lebih indah dan menarik.

5. Kerajinan Tas Lucu dari Daun Pandan

tas unik dari daun pandan
lemkertas.com

Pada umumnya daun pandan dimanfaatkan sebagai bahan penyedap masakan, karena memiliki aroma yang sedap dan khas. Selain memiliki aroma khas, daun pandan ternyata bisa diubah menjadi sebuah kerajinan unik lohh.

Manfaat daun pandan ini sangat lah banyak yaitu bermanfaat sebagai bumbu penyedap aroma masakan dan bagus untuk kesehatan. Selain itu daun pandan juga bisa diubah menjadi produk kreatif yang memiliki nilai jual.

Contoh kerajinan dari daun pandan yang memiliki nilai kreatifitas dan nilai jual seperti tas, tikar, sandal, dan dompet. Apabila kalian ingin membuat tas lucu dari daun pandan silahkan siapkan bahan dan alat berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Daun pandan
  • Pewarna
  • Gunting
  • Air
  • cutter

Cara Pembuatan:

  1. Langkah Pertama, terlebih dahulu bersihkan daun pandan yang sudah kalian panen atau petik dan buanglah semua duri-durinya.
  2. Kemudian, potonglah daun pandan sesuai dengan ukuran anyamannya, yakni sekitar 1 cm -3 cm.
  3. Setelah itu, rebus potongan-potongan tersebut kurang lebih selama 30 menit. Proses perebusan ini nantinya bertujuan untuk menghilangkan getah yang ada pada daun pandan.
  4. Selanjutnya, kalian keringkan daun pandan dan taruh di tempat yang sejuk dan teduh sehingga tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. apabila daun terkena sinar matahari, maka akan menyebabkan daun menggulung dan rusak.
  5. Berikutnya, diamkan selama kurang lebih 6 jam. Lalu lemaskan daun tersebut dan rendam di air biasa hingga selama 4 jam.
  6. Kemudian, jemurlah daun pandan di bawah sinar matahari sampai berwarna keputihan.
  7. Beri warna daun pandan sesuai dengan warna kesukaan kalian.
  8. Lalu anyam daun pandan sesuai dengan pola tas ataupun sandal yang telah Anda tentukan.
  9. Terakhir silahkan Anda tambahkan aksesoris atau pernak-pernik untuk memperindah.
  10. Tas lucu dari daun pandan siap di gunakan ataupun di jual menjadi ladang bisnis.

6. Kerajinan Serat Alam Souvenir dari Tanah Liat

souvenir dari tanah liat
Tokopedia

Setelah tadi membahas kerajinan dari serat alam yang dari tumbuhan, kali ini serat alam dari tanah yaitu tanah liat. Tanah liat pada umumnya digunakan untuk membuat bata dan genteng.

Saat ini kita akan mengubah tanah liat menjadi sebuah karya yang bisa menjadi ladang ekonomi dan bisnis. Apabila kalian tertarik membuat souvenir dari tanah liat silahkan siapkan bahan dan alat-alat berikut:

Alat dan Bahan-bahan:

  • Tanah liat
  • Taplak plastik bermotif
  • Tusuk gigi
  • Tutup kaleng biskuit
  • Gantungan kunci
  • Gunting
  • Mangkuk

Cara Pembuatan:

  1. Langkah pertama, yang kalian harus lakukan yaitu dengan menyiapkan adonan tanah liat dan pipihkan atau gepengkan sampai membentuk pola lingkaran.
  2. Kemudian, tempelkan taplak yang bermotif tadi di atas tanah liat lalu tekan agar menghasilkan motif yang unik dan seusai pada tanah liat.
  3. Setelah, adonan tanah liat mempunyai motif di ukiran pinggirnya, kemudian kalian buatlah 2 lubang kecil pada pinggiran lainnya.
  4. Setelah itu, gunakan mangkuk kecil dan letakkan adonan tanah liat tadi ke dalam mangkuk.
  5. Lapisi semua bagian mangkuk dengan tanah liat hingga menutupi seluruh bagian mangkuk. Maka akan terlihat hasil mangkuk tersebut terbuat dari tanah liat.
  6. Untuk hasil yang lebih indah dan menarik kalian dapat menambahkan pewarna cat melalui kerajinan dari serat alam ini.
  7. Terakhir, kalian bisa tambahkan aksesoris lainnya supaya terlihat lebih indah dan menarik.

7. Kerajinan Tembikar

kerajinan tembikar
Wikipedia

Kerajinan dari serat alam yang terakhir adalah tembikar. Tembikar merupakan sebuah kerajinan yang dapat kalian buat sendiri. Untuk membuat kerajinan tembikar ini terbilang cukup mudah.

Mungkin kerajinan tembikar ini sudah tidak asing dikarenakan pasti banyak kalian temukan di sekitar rumah kalian. Contoh kerajinan yang dapat dibuat dari serat alam tanah:

  • Celengan
  • Layah
  • Piring
  • Kendi
  • Pot
  • Anglo
  • Kuali
  • vas bunga
  • Gerabah hiasan.

Apabila kalian ingin membuat contoh kerajinan tembikar dari tanah liat seperti contoh diatas, berikut langkah-langkah pembuatannya:

1. Pemilihan dan Pengambilan tanah liat

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yakni dengan memilih dan mengambil tanah liat untuk pembuatan kerajinan tembikar.

Caranya yaitu dengan menggali tanah liat secara langsung ke dalam tanah yang memang banyak mengandung tanah liat serta memiliki kualitas terbaik.

Ciri-ciri tanah liat yang memiliki kualitas bagus biasanya memiliki warna merah coklat atau putih kecoklatan. Jika, tanah liat yang sudah kalian gali tersebut bisa diletakkan di suatu tempat untuk proses tahapan berikutnya.

2. Persiapan Pemrosesan tanah liat

Tanah liat yang telah kalian kumpulkan selanjutnya disiram dengan menggunakan air sampai basahnya secara merata. Kemudian diamkan hingga selama 1-2 hari. Setelah itu, Kalian wajib menggiling tanah liat agar menjadi lebih rekat.

Untuk cara penggilingan manual dilakukan dengan cara diinjak-injak hingga tanah liat menjadi ulet dan halus.Sedangkan untuk yang cara mekanis atau otomatis dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling khusus.

Jika kalian ingin hasil yang terbaik maka cara yang harus di pilih adalah cara yang manual. Karena kita bisa menyesuaikan dengan keinginan kita.

3. Proses Pembentukan

Ketika proses persiapan dan penggilingan tanah liat sudah selesai, langkah selanjunya yaitu memasuki proses pembentukan tanah liatnya. Kalian harus menentukan model apa yang akan kalian buat dari tanah liat.

Apabila model atau bentuknya sudah kalian tentukan maka kalian akan mengetahui berapa jumlah tanah liat yang akan kalian gunakan, dan banyak ragam model atau bentuk serta desain yang dapat dihasilkan dari bahan tanah liat ini karena teksturnya memang mudah untuk dibentuk.

Pada umumnya para pengrajin gerabah menggunakan kedua tangannya dalam membentuk tanah liat. Sedangkan kedua kakinya digunakan untuk memutar perbot (alat pemutar).Kekompakan gerak dan konsentrasi penuh sangat diperlukan dalam proses pembentukan ini.

4. Penjemuran

Setelah melalui proses pembetukan, langkah selanjutnya adalah proses penjemuran. Sebelum di jemur biasanya kerajinan gerabah ini dihaluskan atau di poles menggunakan air supaya halus dan rapi.

Kemudian setelah di poles atau di haluskan langkah selanjutnya yaitu di ukir sesuai dengan pola yang kalian buat. Barulah kemudian gerabah di jemur sampai kering.

5. Pembakaran

Setelah gerabah di jemur sampai benar-benar kering langkah selanjutnya yaitu gerabah tersebut kemudian dibakar dalam tungku selama beberapa jam supaya teksturnya menjadi keras.

Proses pembakaran ini dilakukan bertujuan agar gerabah betul-betul mengeras serta tidak mudah pecah ketika sudah jadi.

Untuk bahan-bahan bakar yang digunakan pada proses pembakaran ini contoh seperti :

  • Jerami kering
  • Daun kelapa kering
  • Kayu bakar
  • Sabut kelapa

6. Penyempurnaan

Proses terakhir yaitu penyempurnaan atau finishing, pada tahap ini gerabah sudah bisa dicat dengan menggunakan cat khusus agar terlihat menarik dan lebih Indah, sehingga memiliki nilai seni dan nilai jual yang tinggi.

Manfaat Kerajinan dari Serat Alam

manfaat kerajinan dari serat alam
anantakendek.com

Manfaat kerajinan dari serat alam ini sangatlah banyak, yaitu kita dapat memanfaatkan hasil alam dengan baik dan dapat berkarya mengasah kreatifitas kita menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Selain itu sepatutnya kita bangga dan bersyukur jadi warga Indonesia yang turut dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Semoga dengan adanya kerajinan ini bisa menambah inovasi baru lagi tentunya.

Penutup

Kami tim roizzul.com mengucapkan terimakasih banyak, semoga artikel yang kita buat bermanfaat untuk kalian semua, dan semoga contoh kerajinan diatas menambahkan kreatifitas kalian semua. Kami tidak lupa juga memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata. “Sampai jumpa di artikel lainya”

Majas Klimaks

roizzul muslim
3 min read

Majas Depersonifikasi

roizzul muslim
3 min read

Majas Sinestesia

roizzul muslim
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.