10 Kuliner Khas Surakarta Terpopuler dan Legendaris

2 min read

assalamualaikum teman-teman selamat datang di artikel ini. Saya akan membahas 10 kuliner khas Surakarta atau kota Solo. mungkin kalian sudah tidak asing dengan kota Surakarta yang terkenal dengan budaya- budayanya, dan kulinernya yang sangat legendaris.

Banyak sekali kuliner khas Surakarta namun di artikel ini saya akan membagikan 10 kuliner khas Surakarta terpopuler untuk teman- teman ketahui,dan saat berkunjung ke kota Surakarta kalian juga bisa mencobanya.

1. Nasi Liwet

nasi liwet khas surakarta
Sumber Gambar: Asian Food Network

Nasi liwet adalah kuliner khas Surakarta yang sangat legendaris di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan asing. nasi liwet khas Surakarta ini sajian nasi putih yang di padukan dengan sayur labu siam, telur rebus, dan ayam kampung.

Nasi liwet khas Surakarta ini juga unik dalam penyajiannya, yaitu di sajikan menggunakan daun pisang untuk menambahkan cita rasa nasi liwet yang sangat enak, dan gurih. Jika kalian berkunjung ke kota Surakarta jangan lupa untuk menikmati nasi liwet khas Surakarta ya.

Baca juga:

2. Sate Buntel

sate buntel khas solo
Sumber Gambar: iNews

Sate buntel adalah makanan khas Surakarta yang memilki rasa sangat gurih dan enak. sate buntel khas Surakarta ini terbuat dari daging kambing yang sudah di haluskan lalu di bungkus dengan lapisan lemak tipis.

Sate buntel khas Surakarta ini memiliki ciri yang sangat khas yaitu bentuknya sangat besar, menggoda selera saat di bakar, dan di bumbui dengan olesan kecap. jika berkunjung ke kota Surakarta sate buntel ini juga bisa menjadi referensi kuliner untuk teman- teman coba.

3. Tengkleng

Sumber Gambar: Tribunnews.com

Tengkleng adalah makanan khas Surakarta yang berbahan dasar tulang kambing, yang di padukan dengan sup atau bumbu rempah. tengkleng memilki cita rasa yang sangat khas yaitu gurih dan mantap bikin nagih.

Tengkleng khas Surakarta ini mirip dengan gulai kambing namun, tengkleng sedikit berbeda yaitu kuah nya sedikit lebih encer dari pada gulai kambing. Jika teman- teman sedang berwisata ke kota Surakarta jangan sampai lupa untuk mencoba kuliner tengkleng ya.

4. Timlo

timlo khas solo
Sumber Gambar: Tastemade

Timlo adalah makanan khas Surakarta yang wajib kalian coba karena rasanya yang sangat enak dan gurih. timlo khas Surakarta ini biasa disajikan dengan mie soun, suwiran ayam, telur rebus kecap, potongan sosis solo, dan wortel, lalu di siramkan kuah kaldu.

Timlo khas Surakarta biasa di sajikan menggunakan lauk tambahan seperti hati ayam, dan telur dadar. Jika teman- teman berwisata ke kota surakarta jangan sampai lupa untuk mencobanya ya.

5. Tahu Kupat

Sumber Gambar: Makanan Orang Ndeso

Tahu kupat adalah makanan khas Surakarta yang sering saya jumpai jika berkunjung ke kota Surakarta. tahu kupat khas Surakarta ini sangat cocok sekali buat makan siang bahkan sarapan pagi. memiliki rasa yang sangat enak, gurih , dan pedas manis.

tahu kupat khas Surakarta ini berbahan dasar tahu goreng, ketupat, mie kuning, dan kacang, setelah itu di siram dengan kuah kecap pedas manis. jika teman-teman berkunjung di kota Surakarta wajib sekali untuk mencobanya.

6. Brambang Asem

brambang asem khas solo
Sumber Gambar: Majalah Resep

Brambang asem adalah makanan khas Surakarta yang sangat terkenal dengan keunikan khas tempo doloe. Brambang asem makanan yang terbuat dari ubi jalar yang di rebus, lalu di siram dengan sambal.

Jika teman- teman berkunjung ke kota Surakarta jangan lupa untuk mencicipi brambang asem. brambang asem juga biasa di sajiakan dengan lauk tambahan, seperti tempe gembus, yang terbuat dari ampas tahu, dan lauk tambahan lainya.

7. Sate Kere

sate kere khas surakarta
Sumber Gambar: iNews

Sate kere adalah makanan khas Surakarta yang berbahan dasar tempe gembus. Sate kere ini juga terkenal makanan yang sangat legendaris di kota Surakarta. sate kere memilki cita rasa yang sangat gurih dan nikmat.

Sate kere adalah makanan yang terkenal sangat mewah pada zaman dahulu di kota Surakarta. jika kalian berkunjung ke kota Surakarta jangan sampai lupa untuk mencobanya ya teman- teman.

8. Serabi

serabi khas solo
Sumber Gambar: Detik Food

Serabi adalah makanan khas Surakarta yang wajib kalian coba bila berkunjung di kota Surakarta. Serabi khas Surakarta ini berbentuk seperti kue, dan memiliki rasa yang sangat manis.

Serabi khas Surakarta ini juga memiliki banyak topping yang bervariasi karena semakin berkembangnya zaman, seperti coklat, keju, pisang, dll.

9. Intip

intip solo kuliner khas surakarta
Sumber Gambar: List Produsen Indonesia

Intip adalah oleh- oleh khas Surakarta yang wajib bawa pulang jika berkunjung ke kota Surakarta. intip khas Surakarta ini biasanya berbentuk bundar kecil sampai besar juga ada.

Intip khas Surakarta ini juga memilki berbagai macam rasa seperti manis, asin, pedes, dan gurih. Intip khas Surakarta ini terbuat dari kerak nasi, yang biasanya di tambahkan siraman gula jawa untuk rasa manis. intip ini sangat mudah di temukan juga saat teman-teman berwisata ke kota Surakarta.

10. Es Dawet Telasih

es dawet telasih kuliner khas surakarta
Sumber Gambar: Cookpad

Es dawet telasih adalah minuman kuliner khas Surakarta yang sangat menyegarkan dan mantap. Es dawet telasih juga sebagai kuliner yang di sukai oleh Presiden Jokowi loh teman- teman. jika kalian berkunjung ke kota Surakarta jangan sampai lupa ya untuk mencobanya.

Saya ucapkan terimaksih untuk teman- teman yang sudah berkunjung di artikel ini. pesan saya adalah lestarikan dan sosialisakian kuliner khas nusantara ini. jika teman- teman ingin request kuliner khas daerah kalian bisa tulis di kolom komentar ya. insyaallah nanti saya akan bahas di artikel selanjutnya, selamat memabaca. @roizzul.com

2 Replies to “10 Kuliner Khas Surakarta Terpopuler dan Legendaris”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.