Kerajinan dari Limbah Jerami

6 min read

kerajinan dari limbah jerami -roizzul.com

Kerajinan dari Limbah Jerami- Apasih jerami itu?. Jerami adalah hasil samping usaha pertanian berupa tangkai dan batang tanaman seperti pandi dan gandum yang telah kering, setelah biji-bijiannya dipisahkan. Wikipedia.

Limbah jerami di negara Indonesia yang sering kita jumpai yaitu limbah pertanian padi. Limbah jerami ini sangat mudah kalian temukan di daerah persawahan, terutama pada musim panen padi tiba.

Pada umumnya limbah jerami ini banyak terbuang begitu saja, bahkan juga dibakar. Akan tetapi para petani sesekali memanfaatkan jerami ini untuk membuat atap rumah-rumahan sawah mereka.

Padahal limbah jerami ini bisa kalian kreasikan menjadi sebuah produk atau kerajinan yang unik dan memiliki nilai lebih di bidang ekonomi kreatif.

Pemanfaatan Limbah Jerami

pemanfaatan limbah jerami

Pemanfaatan limbah jerami ini ternyata sangat banyak. Berikut contoh-contoh pemanfaatan limbah jerami menjadi suatu hal yang bermanfaat:

1. Pedagang Telur dan Buah

pedagang telur dan buah ini biasanya memanfaatkan jerami ini sebagai alas, supaya barang dagangan mereka tidak rusak dalam perjalanan karena diakibat goncangan saat perjalanan.

2. Peternak

Peternak hewan sapi pada umumnya memanfaatkan jerami ini sebagai pakan ternak meraka. Manfaat jerami sebagai pakan ternak yaitu produktivitas ternak akan meningkat, dengan amoniaisasi jerami padi, daya cerna akan meningkat, sehingga pertumbuhan ternak akan lebih baik.

3. Pengrajin Kreatif

Pengrajin kreatif biasa memanfaatkan jerami ini sebagai bahan untuk membuat sebuah kerajinan yang unik dan memiliki nilai jual ekonomi kreatif.

Bahan Membuat Produk Kerajinan dari Limbah Jerami

bahan membuat kerajinan dari limbah jerami

Bahan untuk membuat produk kerajinan dari limbah jerami yaitu yang paling utama jerami yang sudah kering dan bersih dari lumpur-lumpur sawah.

Selain itu kalian juga harus menyesuaikan jerami dengan bahan lainnya. Seperti lem, cat clear, cat plitur, dan lain sebagainya.

Alat Untuk Membuat Kerajinan dari Limbah Jerami

alat untuk membuat kerajinan dari limbah jerami- roizzul.com

Alat untuk membuatan kerajinan dari limbah jerami mudah didapat, di antaranya gunting, lem tembak, dan pisau atau cutter.

Berbekal keterampilan, kreativitas, dan hanya menggunakan alat sederhana, produk kerajinan dari limbah jerami ini dapat diolah menjadi berbagai bentuk seperti hiasan dinding, bunga, bingkai foto, dan wadah serbaguna, dan wadah pensil.

Selain bahan dasar jerami, ada pula yang memanfaatkan limbah lain untuk memberi aksen pada produk kerajinan yang dibuat agar nampak lebih memiliki nilai ekonomis.

Produk Kerajinan dari Limbah Jerami

Limbah jerami yang tadinya terbuang sia-sia kini bisa menjadi sebuah produk yang unik dan dapat kalian gunakan seperti:

  • Hiasan dinding
  • Bingkai foto atau pigura
  • Wadah Pensil
  • Wadah serbaguna
  • Sapu
  • Sandal
  • dan masih banyak lagi.

Contoh Kerajinan dari Limbah Jerami

Kami disini akan memberikan contoh kerajinan dari limbah jerami yang dapat kalian buat dirumah. Berikut contohnya:

NoContoh Kerajinan dari Limbah Jerami
1.Kerajinan Bunga dari Limbah Jerami
2.Kerajinan Sandal dari Limbah Jerami
3.Kerajinan Box Telur dari Limbah Jerami
4.Kerajinan Tas dari Limbah Jerami
5.Kerajinan Tempat Pensil dari Limbah Jerami
6.Kerajinan Kotak Tisu dari Limbah Jerami
7.Kerajinan Bingkai Foto dari Limbah Jerami
8.Kerajinan Sapu dari Limbah Jerami

1. Kerajinan Bunga dari Limbah Jerami

bunga jerami
pixabay

Kerajinan bunga dari limbah jerami adalah kerajinan tangan yang unik dan menarik. Apabila kalian ingin memiliki hiasan meja, kalian dapat membuat kerajinan bunga dari jerami ini.

Biarpun bunga ini terbuat dari jerami, akan tetapi tidak kalah cantik dan menarik dari jenis bunga yang asli lohh. Kalian juga bisa membuat kerajinan ini sendiri lalu di jual.

Baca Juga:

2. Kerajinan Sandal dari Limbah Jerami

kerajinan sandal dari limbah jerami
blogspot.com

Kerajinan sandal dari limbah jerami ini sangat lah unik dan menarik. Bentuk sandal dari jerami sangat beragam, semakin unik model atau bentuk dari sandal ini maka akan semakin banyak peminatnya.

Jika kalian pernah mengetahui film-film ninja jepang zaman dahulu. Mereka menggunakan sandal jerami ini yang terlihat unik dan keren.

Jenis sandal dari jerami ini memang ketahanan dan kekuatannya mungkin tidak seperti sandal-sandal jaman sekarang, namun aroma khas tradisionalnya sangat kental dan melekat.

Mungkin dilingkungan sekitar rumah kalian terdapat limbah jerami ini, kalian dapat mengkreasikan menjadi sandal tradisional. Berikut cara pembuatannya:

Cara Pembuatan:

  1. Langkah pertama, kumpulkan limbah jerami dengan jumlah yang cukup dan ukurannya masih utuh dan tidak rusak.
  2. Kemudian, bersihkan jerami hingga benar-benar bersih, lalu keringkan di bawah sinar matahari. Lakukan pengeringan hingga jerami dirasa berubah teksturnya menjadi sedikit lebih kaku atau kering.
  3. Selanjutnya, tentukan pola sandal yang akan kalian buat. Dalam hal ini, lakukan pengukuran sandal sesuai dengan ukuran kaki kalian. Kalian bisa menggunakan sandal keseharian yang kalian gunakan untuk menggambar pola sandal yang akan kalian buat.
  4. Lalu, anyam jerami yang telah mengering, hingga menjadi sebuah pola yang persis dengan sandal sesuai ukuran dan pola yang kalian inginkan. kemudian Jangan sampai lupa menyisakan lubang kecil pada bagian atas sebagai tempat jepitan kaki.
  5. Setelah menganyam selesai, buatlah rangkaian anyaman kecil untuk bagian jepitan kakinya. Kemudian masukkan jepitan ini juga pada bagian lubang kecil yang tadi sudah kalian buat.
  6. Langkah akhir adalah proses pemolesan dan menambahkan aksesoris tambahan. Kalian bisa memoles sandal dengan memberikan cat warna agar terlihat lebih menarik. Sandal dari jerami siap untuk kalian gunakan.

3. Kerajinan Box Telur dari Limbah Jerami

box telur dari jerami
asiabaru.com

Kerajinan box telur dari limbah jerami adalah sebuah karya yang unik dan sangat inofativ. Pada umunnya jerami hanya digunakan untuk alas box telur supaya tidak pecah, kali ini ada ide kreatif mengubah jerami menjadi box telur.

Box telur dari jerami tentunya sangat ramah lingkungan dan penampilannya terlihat lebih ekonomis. Jika kalian menggunakan box telur dari jerami ini akan merasakan seperti mengambil telur ayam langsung dari peternakan.

4. Kerajinan Tas dari Limbah Jerami

kerajinan tas dari jerami
oleholehagungbali.com

Siapa sangka bahwa limbah jerami bisa diubah menjadi sebuah karya yang sangat unik yaitu tas dari limbah jerami. Jika kalian belum bisa membeli tas dengan harga mahal kalian dapat menggunakan alternatif membuat tas dari jerami.

Jika kalian memiliki jiwa kesenian dan kreatifitas tinggi dapat memanfaatkan bahan limbah untuk membuat tas unik ini. Tas unik dari limbah jerami ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan.

Tas dari jerami  kini mulai banyak diminati oleh masyarakat lokal. Hal ini karena keunikan model tas nya dan juga harganya yang tidak terlalu mahal di bandingkan bahan kulit hewan.

Kalian ingin mencoba untuk membuat kerajinan tas dari limbah jerami ini. Berikut cara pembuatan nya:

  1. Langkah pertama, persiapkan alat-alat dan kumpulkan jerami dengan jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan yang kalian butuhkan untuk menganyam tas nantinya.
  2. Kemudian, potonglah jerami menjadi ukuran sekitar 3 cm. Semua jerami harus memiliki ukuran yang sama, supaya hasil anyaman juga menjadi rapi dan bagus.
  3. Selanjutnya, bersihkan jerami yang sudah dikumpulkan dengan menggunakan air bersih. Semakin bersih jerami, maka akan semakin berkualitas dan cantik.
  4. Lalu, setelah semua jerami terpotong rapi dan tercuci bersih, maka selanjutnya kalian perlu menjemur jerami hingga kering, kemudian dapat dianyam dengan baik. Pengeringan jerami ini sebaiknya dilakukan di bawah terik sinar matahari.
  5. Seraya menunggu pengeringan jerami, kalian bisa siapkan kertas karton terlebih dulu untuk menggambar pola tas yang kalian ingin buat.
  6. Setelah itu, gambarlah pola tas dengan ukuran yang simetris menggunakan penggaris, pada permukaan kertas karton. Pastikan kalian menggambar menggunakan pensil supaya saat terjadi kesalahan, kalian akan akan mudah untuk menghapusnya.
  7. Kemudian, ambil jerami yang telah kering, terus susun dan rekatkan jerami pada pola yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan lem tersebut juga menjadikan satu jerami dengan jerami lainnya saling terikat dengan kuat.
  8. Jahit atau rekatkan satu bagian tas dengan kertas lainnya. Pastikan kalian juga mengikat setiap ujung dan tengah jerami yang disusun sebagai badan tas. Hal ini dilakukan agar susunan jerami kuat dan tidak mudah runtuh atau lepas.
  9. Langkah Terakhir, beri warna pada tas menggunakan cara pewarna yang sesuai dengan keinginan kalian. Setelah di beri warna dengan cat, kalian bisa menjermurnya kembali dibawah terik sinar matahari hingga cat mengngering dan tas unik dari limbah jerami siap dikenakan.

5. Kerajinan Tempat Pensil dari Limbah Jerami

tempat pensil dari limbah jerami

Kerajinan tempat pensil dari jerami adalah sebuah kerajinan yang unik dan bermanfaat. Kalian dirumah memiliki banyak pensil yang berserakan?. Kalian dapat membuat tempat pensil dari jerami ini. silahkan siapkan alat dan bahan berikut:

Alat dan Bahan:

  • Kertas Koran
  • Tempat ShuttleCock Bekas
  • Kertas Karton
  • Jerami
  • Lem
  • Pernis
  • Gunting
  • Cutter
  • Cat Warna

Cara Pembuatan:

  1. Langkah pertama, siapkan koran yang masih utuh kondisinya, bagi memanjang (vertikal)sebanyak 16 buah.
  2. Kemudian, pilin tiap bagian menjadi pelintiran padat (buat sebanyak-banyaknya).
  3. Selanjutnya, potong tempat shuttle cock sesuai selera, kemudian rekatkan pilinan kertas tersebut ke tempat shuttle cock satu persatu hingga penuh.
  4. Lalu, gunting kertas karton menjadi persegi panjang untuk alas tempat pensil. Lapisi kertas karton dengan kertas koran.
  5. Siapkan koran yang masih utuh, bagi menjadi empat dan gulung sampai padat.
  6. Tempelkan gulungan tersebut pada alas hingga kertas kartonnya tertutup
  7. Pernis alas dan tempat pensil yang sudah jadi, keringkan dan kemudian rekatkan alas dan tempat pensil.
  8. Gunting jerami dengan pola kelopak bunga dan benang sari, kemudian tempelkan kelopak pada benang sari. Buat sebanyak tiga buah.
  9. Langkah terakhir, kalian dapat menambahkan aksesoris tambahan supaya terlihat lebih cantik dan menarik.

6. Kerajinan Kotak Tisu dari Limbah Jerami

kotak tisu dari jerami
masmufid.com

Kerajinan yang dapat kalian buat dari bahan jerami ini yaitu kotak tisu. Kotak tisu dari limbah jerami ini memiliki bentuk yang unik dan tradisional.

Kotak tisu dari jerami ini sangat cocok ditempatkan di meja ruang tamu dan meja ruang makan. Tujuan tisu ditempatkan di meja makan dan meja tamu untuk membersihkan tangan setelah makan, dll.

Kalian bisa membuat kotak tisu unik dari limbah jerami ini atau membelinya di toko online. Untuk kualitas dan model tidak kalah dengan kotak tisu pada umumnnya.

7. Kerajinan Bingkai Foto dari Limbah Jerami

bingkai foto dari jerami
tehpucukharum.com

Kalian memiliki banyak momen berharga bersama keluarga besar, bisanya kebanyakan dari kita mengenang atau menyimpan momen berharga dalam hidup kita dalam bentuk foto.

Akan tetapi kurang lengkap rasanya jika foto-foto yang kita simpan tidak kita memajangnya menggunakan bingkai, nah kali ini kalian bisa membuat bingkai foto dengan limbah jerami.

Penggunaan Bingkai foto dari limbah jerami ini sangatlah bagus, karena foto yang kalian pajang terlihat lebih alami dan indah.

8. Kerajinan Sapu dari Limbah Jerami

sapu dari jerami
tipsrumah.com

Kerajinan yang terakhir dari limbah jerami ini yang dapat kalian buat yaitu sapu. Kerajinan sapu dari limbah jerami ini sangatlah bermanfaat untuk membersihkan lingkungan rumah kalian.

Pada umumnya sapu banyak terbuat dari bahan lidi dan serabut kelapa. Akan tetapi kali ini kita akan mengkreasikan jerami menjadi bahan untuk membuat sapu.

Kalian ingin memiliki sapu dari jerami ini kalian dapat membelinya di toko online dan juga bisa membuatnya sendiri. Berikut cara membuat kerajinan sapu dari jerami:

  • Langkah pertama, kumpulkan lembaran-lembaran jerami sebanyak-banyaknya.
  • Kemudian, keringkan jerami jika jerami yang terkumpul dirasa lembab atau basah. Keringkan jerami di bawah terik sinar matahari hingga jerami menjadi kering dan mudah diikat nantinya.
  • Selanjutnya, Susunlah banyak jerami dan potong menjadi bentuk yang simetris. Setelah itu, ikatlah kumpulan jerami tersebut menggunakan tali rafia. Ikat hingga semua kumpulan jeraminya menjadi satu bagian dan dapat digunakan untuk menyapu sampah atau kotoran.
  • Lalu, siapkan kayu panjang, kayu panjang ini bisa kalian bentuk dulu menjadi melingkar dan memanjang, layaknya bentuk pegangan sapu pada umumnya. Sesuaikan ukuran tongkat kayu tersebut dengan ukuran sapu yang kalian buat.
  • Langkah terakhir setelah kayu siap, ikatlah kumpulan jerami yang tadinya juga sudah diikat satu sama lain. Ikat dengan kuat. Bila perlu, kalian bisa melilitkan tali rafia hingga tebal pada bagian atas jerami yang disatukan dengan ujung kayu pegangan.
  • Sapu unik dan bermanfaat dari limbah jerami siap untuk di gunakan.

Manfaat Jerami Sebagai Bahan Kerajinan

Tentunya manfaat jerami ini sebagai bahan kerajinan sangatlah banyak. Seperti yang telah dijelaskan di atas, limbah jerami padi memiliki banyak sekali kegunaan.

Tidak hanya sebagai benda kerajinan dan pakan ternak, namun juga sebagai pendukung kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. jerami yang lantas dijadikan sebagai kerajinan pun membawa manfaatnya sendiri.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jerami yang dapat kalian ambil dan manfaatkan:

  1. Menjadi Sumber Penghasilan
  2. Melestarikan Lingkungan
  3. Menambah Pengetahuan
  4. Ajang Pengenalan produk dan Potensi Lokal
  5. Memenuhi Kebutuhan Alat Harian

Penutup

Kami dari tim roizzul.com mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang sudah membaca artikel ini. Semoga contoh-contoh kerajinan di atas dapat menambah semangat teman-teman dalam berkarya dan melestarikan lingkungan.

Kami juga memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisannya. Kami juga berpesan untuk selalu cintai lingkungan sekitar dan manfaatkan hasil dari alam dengan sebaik-baiknya. “se you next artickel”

Majas Klimaks

roizzul muslim
3 min read

Majas Depersonifikasi

roizzul muslim
3 min read

Majas Sinestesia

roizzul muslim
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.