Wisata Pendakian Bukit Mongkrang

4 min read

BUKIT MONGKRANG

Sumber gambar: Travel Kompas

Bukit mongkrang adalah tempat wisata bertemakan Alam atau pegunungan  yang terletak di alamat:Lapangan Tlogo Dringo, kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah.

Bukit mongkrang ini juga sangat  cocok sekali untuk para pendaki pemula yang ingin melatih stamina tubuh, dan mental.

Bukit mongkrang ini juga banyak peminat di kalangan para pendaki dikarenakan tempatnya enak dan nggak terlalu tinggi,dan juga yang pecinta fun camp tempatnya sangat cocok sekali.

TEMPAT PARKIR

Sumber gambar: TravelsPromo

Jadi untuk para wistawan yang sering bingung atau terkendala oleh tempat parkir di tempat wisata bukit mongkrang ini menyediakan tempat parkir yang sangat luas.Untuk para wisatawan udah teratasi untuk masalah parkirnya.

JALUR PENDAKIAN BUKIT MONGKRANG

Sumber gambar: roizzul.com

Jadi jika kalian mau ke puncak candi 1 dan 2 kalian harus melewati jalur ini yang bertempat di desa Tlogo Dringo, kabupaten Karanganyar, provinsiJawa tengah.

Bagi para Pecinta Alam sudah tidak asing dengan jalur ini karena sering di buat untuk tektok  atau naik turun bukit.

Jadi untuk wisatawan dari Indonesia atau wisatan dari Mancanegara tidak usah bingung karena jalur ini banyak warung atau penjual makanan, jadi nggak usah bingung kalau sewaktu- waktu kehausan.

TIKET PEMBAYARAN

Sumber gambar: Trip Jalan Jalan

Untuk tiket masuk pengunjung atau tiket pembayaran terpungut biaya hanya 5.000,- rupiah, terbilang sangat murah.

Dengan uang 5.000 RP kalian sudah bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit mongkrang atau puncak bukit candi 1 dan bukit candi 2.

BUKIT CANDI 1

Sumber gambar: roizzul.com

Puncak bukit candi 1 adalah tempat yang paling diminati oleh para wisatawan atau pendaki dikarenakan view nya sangat bagus dan nyaman.

kenapa  para pendaki kok lebih suka di  puncak bukit candi 1 dari pada puncak bukit candi 2 dikarenakan pada puncak bukit candi satu banyak terdadapat pohon yang bisa menangkal badai.

Sebab itu para pendaki gunung lebih suka di puncak bukit candi 1 dari pada di puncak bukit candi 2.

BUKIT CANDI 2

Sumber gambar: roizzul.com

Puncak bukit candi 2 tempat dengan view gunung lawu yang sangat bagus cocok untuk kalian yang suka foto dikarenakan tempatnya sangat instagramvebel banget.

Untuk jarak dari puncak bukit candi 1 dan puncak bukit candi 2 juga tidak terlalu jauh hanya terpisah dengan sebuah clowakan  atau tempat yang menjorok ke dalam.

PUNCAK SEBENARNYA

Sumber gambar: roizzul.com

Apa itu puncak sebenarnya? puncak sebenarnya adalah puncak dari bukit mongkrang itu sendiri.

sebernarnya puncak bukit mongkrang itu terletak di belakang puncak bukit candi 1 dan puncak bukit candi 2, puncak bukit mongkrang itu lebih tinggi dari puncak bukit candi 1 dan puncak bukit candi 2.

CAMPING AREA

Sumber gambar: FiestA Radio Universitas Sebelas Maret

Di bukit mongkrang juga ada camping arenya, camping areanya berada di sekitar bukit puncak bukit candi 1,di sekitar puncak bukit candi 2, dan di clowakan atau pertengahan antara puncak bukit candi 1 dan puncak bukit candi 2.

SUNRISE AREA

Sumber gambar: Travel Kompas

Di bukit mongkrang juga ada spoot foto matahari terbit atau  sunrise yang bertempat di puncak bukit candi 1 dan di puncak bukit candi 2.

PENGALAMAN PENDAKIAN

Sumber gambar: roizzul.com

Alhamdulillah saya pribadi sudah pernah melakukan pendakian di bukit mongkrang, saya akan berbagi sedikit cerita tentang pengalaman saya mendaki dan fun camp di bukit mongkrang.

PERJALANAN DARI RUMAH

Sumber gambar: #NYETIRLEBIHBAIK

Saya dan 7 orang teman saya melakukan perjalanan dari rumah jam 13.00 setelah sholat dzhuhur  menaiki sepeda montor.

Disaat perjalanan saya di bonceng oleh teman saya dan saya sangat menikmati sekali perjalanan karena setiap jalur yang saya lewati sejuk sekali.

REGISTRASI

Sumber gambar: UNIVERSITAS BANDUNG RAYA

Setelah perjalanan yang sangat mengasyikan saya dan teman- teman saya akirnya sampai di tempat registrasi atau pendataan anggota pada pukul 14.30.

saya dan teman-teman saya melakukan pendataan sekitar 5 sampai 10 menit dikarenakan pada waktu itu sangat ramai sekali yang mau mendaki bukit mongkrang.

PERJALANAN MENUJU PUNCAK

Sumber gambar: BukaReview

Setelah beberapa lama saya dan teman saya ber registrasi, saya dan teman saya mengawali perjalanan dengan bacaan basmalah pada pukul 15.00.

saya dan teman- teman saya dengan rasa bahagia, semangat ,dan capek juga pastinya.

setelah lama berjalan akhirnya semua capek dan istirahat sejenak, seperti bercanda gurau, makan, minum melepas dahaga.

SAMPAI DI PUNCAK

Sumber gambar; Travel Kompas

Alhamdulillah setelah berjalan langkah demi langkah akhirnya sampai juga di puncak candi 1 bukit mongkrang.

saya sampai di puncak bukit candi sekitar pukul 17.30, kemungkinan saya berjalan sekitar 2 jam lebih.

pada saat di puncak candi satu saya berjumpa temen pecinta Alam asal kota Ngawi juga, dan saya mencari tempat untuk mendirikan tenda karena hari sudah mulai gelap.

Di saat mencari tempat untuk membuat tenda saya dan teman – teman saya juga bingung karena  banyak nya pendaki yang camping pada waktu itu.

MENDIRIKAN TENDA

Sumber gambar: Super Adventure

Karena hari mulai larut malam akhirnya saya dan teman- teman saya mendirikan tenda clowakan atau pertengahan antara bukit candi 1 dan puncak bukit candi 2.

Pada saat itu dikarenakan ramai yang camping kita dapat tempat di clowakan itu, alhamdulillah lumayan nyaman.

setelah tenda berdiri saya dan teman- teman saya melaksanakan sholat maghrib jama’ sholat isya’. jadi saat di bukit atau gunung kita itu tidak boleh lupa dengan kewajiban kita sebagai umat muslim.

MASAK DAN MAKAN

Sumber gambar: Ayuniverse

Sehabis sholat saya dan teman- teman saya masak malam, menunya yaitu:

• mie goreng
  • mie kuah
  • fried chiken
  • roti bakar
  • Dll

itulah menu makan malam hari kami  yang paling legend dari kalangan pendaki adalah mie instant, setelah itu bercerita dan tidur seperti biasanya karena capek.

PAGI HARI

Sumber gambar: Travel Kompas

Pada pagi harinya saya sholat shubuh, setelah sholat shubuh saya membuat sarapan yang menunya:

• sop pedas
  • roti tawar plus susu
  • kopi
  • camilan atau makanan ringan
  • dll

setelah itu berfoto dengan sunrise atau matahari terbit yang sangat indah, masyallah betapa indahnya ciptaan Allah.

UPACARA KEMERDEKAAN

Sumber gambar: Pegipegi

Dikarenakan saat saya mendaki bukit mongkrang bertepatan pada tanggal 17 agustus 2020. Saya dan teman- teman saya mengikuti upacara kemerdekaan yang berlangsung dengan khidmat dan ramai sekali.

setelah upcara kemerdekaan selasai saya dan teman -teman langsung berberes- beres untuk segera pulang.

Dikarenakan saat saya mendaki di bukit mongkrang sudah di beri karena ada jam batasanya, supaya tidak terjadi kemacetan di jalur pendakian.

Itulah sedikit pengalaman saya saat mendaki bukit mongkrang pada tanggal 16 sampai 17 agustus 2020, bagi kalian pendaki pemula seperti saya cocok untuk mendaki atau sekedar fun camp di bukit mongkrang, hati- hati kecanduan mendaki ya  hehe. Terimakasih assalamualaikum @ilhamroisulmuslimin 10 februari 2021