Jambore Nasional Bumi Perkemahan Coban Rondo

4 min read

Bumi Perkemahan Coban Rondo

Sumber gambar: You Tube

Bumi perkemahan coban rondo adalah tempat pariwisata yang bertemakan wisata alam seperti air terjun, labirin, dan tempat camping atau tempat perkemahan.

Bumi perkemahan coban rondo ini terletak di Jl. Coban Rondo, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur.

wisata yang sangat cocok untuk para pecinta Alam yang suka dengan camping, dan menikmati keindahan air terjun coban rondo.

saya akan sedikit berbagi cerita kegiata JAMNAS saya di bumi perkemahan coban rondo malang.

Air Terjun

Sumber gambar: Blog Kang Amir

Air terjun janda atau coban rondo adalah tempat destinasi wisata bertemakan alam di kota Malang, yang letaknya tidak jauh dari bumi perkemahan coban rondo.

Labirin

Sumber gambar: Dolan Yok

Wisata yang tidak kalah keren dari air terjun janda atau coban rondo adalah labirin, yang letaknya juga tidak jauh dari bumi perkemahan coban rondo.

Labirin merupakan sebuah sistem jalur yang rumit, berliku-liku, serta memiliki banyak jalan buntu. Labirin bisa menjadi permainan di atas kertas, tetapi dapat juga dibuat dengan sekala besar dengan menggunakan tanaman yang cukup besar untuk dilewati dapat juga dengan tembok ataupun pintu-pintu. Wikipedia

Perjalanan

Sumber gambar: Otosia.com

Saya mengawali perjalanan dari kota Ngawi bersama teman- teman dari pondok Hidiyatullah ngawi menuju bumi perkemahan coban rondo Malang.

Di setiap perjalanan kami selalu bersuka ria, bercanda tawa,menikmati di setiap perjalanan nya, tapi ada teman saya yang mabuk atau mual juga saat di perjalanan, di karenakan tidak terbiasa perjalanan jauh.

Hari Pertama Jamnas

 

Sumber gambar: Pandu Hidyatullah

Saya di coban rondo malang mengikuti kegiatan jambore nasional 2 pandu Hidayatullah, yang diikuti dari berbagai pondok Hidayatullah di seluruh Indonesia.

pada saat itu saya bangga sekali bisa terpilih dan mengikuti jambore nasional 2 pandu Hidayatullah di karenakan bisa berjumpa dengan saudara Hidaytullah dari Sabang sampai Merauke.

Pembukaan Jamnas 2 Pandu Hidayatullah

Sumber gambar: You Tube

Pada kegiatan pemukaan jambore nasional 2 pandu Hidayatullah berjalan secara khidmat dan sangat keren. Di karenakan ada beberapa aksi atau tampilan menarik dari berbagai pondok Hidayatullah di Indonesia.

dan sangat keren sekali karena banyak lautan santri Hidayatullah yang sudah bersiap untuk berlomba- lomba dalam kebaikan.

Malam Pertama Di Bumper Coban Rondo

Sumber gambar: Koran- Tempo.co

Pada saat pertama kali bermalam di coban rondo saya merasa kedinginan di karenakan bumi perkemahan coban rondo berada di ketinggian jadi terasa dingin pada malam hari.

Pada saat malam pertama juga banyak sekali wajah-wajah  keceriaan yang terpancar dari para peserta jambore nasional 2 pandu Hidayatullah.

Sholat Tahajjud

Sumber gambar: Hidayatullah.com

sholat tahajjud di bumi perkemahan coban rondo malang  sangat dingin sekali dan ber embun, tapi rasanya sangat subhanallah bisa sholat tahajjud bareng teman dari Sabang sampai Merauke.

Hari Ke Dua Dan Apel Pagi

Sumber gambar: Republika

Pada saat hari kedua kami mengawali dengan apel pagi, senam pagi,dll. semua pandu Hidayatullah berkumpul dan berbaris rapi seperti TNI.

Pada hari kedua ini juga banyak perlombaan yang akan dilaksanakan.

Lomba Yel-Yel

Sumber gambar: roizzul.com

Di saat hari kedua saya dan teman-teman saya melaksanakan lomba yel-yel, di saat saya lomba yel yel banyak sekali kesalahan dari kami jadi hasilnya kurang bagus.

di saat persiapan lomba yel-yel saya dan teman saya ada yang crash atau bermusuhan, tapi karena kami adalah pandu Hiadayatullah diajarkan untuk kebersamaan, kita akhirnya menyatukan mereka berdua dan kembali bersiap untuk lomba.

Lomba Lbb Variasi

Sumber gambar: roizzul.com

Pada hari kedua jambore nasional 2 pandu Hidayatullah saya dan teman-teman  saya mengikuti perlombaan LBB fariasi.

pada perlombaan lbb fariasi saya dan teman teman  saya mengikutinya dengan semangat dan harus kompak, dan saat lbb  fariasi yang dinilai kerapian, kekompakan ,dan ke kreatifanya

Hari Ketiga Dan Senam Pagi

Sumber gambar: You Tube

Di hari ke tiga saya mengawali hari dengan bismillah untuk mengawali kegiatan, kegiatan saya di hari ketiga adalah senam pagi.

saya dan teman- teman saya mengikuti senam pagi agar tubuh sehat,dan segar bugar, setelah senam pagi saya dan teman-teman saya sarapan pagi yang sudah di sediakan oleh panitia yang lauknya sangat enak-enak sekali.

Lomba Memanah

Sumber gambar: Gramho

Setelah selesai sarapan dan senam pagi saya dan teman-teman saya bersiap untuk menonton perwakilan dari Hidayatullah Ngawi yang mengikuti lomba memanah.

pada saat itu yang mewakili fi’ah Hidyatullah ngawi adalah adek kelas saya yang bernama rifkiy, dia terpilih karena dipondok dia yang lolos di tahap seleksi.

olahraga memanah adalah orang raga yang disukai oleh Rasulullah maka disaat jambore nasioalnal dua pandu Hidayatullah diadakan.

Lomba Pioneering

Sumber gambar: Gramho

Setelah menonton dan memberikan semangat kepada teman kami yang mengikuti lomba memanah,kami satu fi’ah atau satu kelompok mengikuti lomba membuat pioneenering.

membuat pioneering itu susah susah gampang gitu soalnya di batasi oleh waktu.

Lomba Pentas Seni

Sumber gambar: Facebook

pada malam harinya saya dan teman-teman saya mengikuti perlombaan pentas seni, di saat perlombaan pentas seni saya dan teman-teman saya menampilkan pentas hadroh atau al banjarri.

Banyak sekali penampilan santri Hidayatullah yang lain dan sangat bagus-bagus sekali seperti bitbox, kesnian beladiri,nasyid, dan masih banyak lagi.

Hari Keempat Dan Jelajah Alam

Sumber gambar: roizzul.com

Di hari keempat saya dan teman-teman saya mengikuti acara jelajah alam dari bumi perkemahan coban rondo menuju coban rondo atau air terjun janda.

di saat jelajah alam saya dan teman-teman saya melewati hutan, sampai -sampai mandi di sungai juga, intinya sangat seru sekali.

Penutupan Jambore Nasional

Sumber gambar: Republika

setelah kurang lebih empat hari saya berada di bumi perkemahan coban rondo kami akhirnya  akan pulang.

sebelum pulang saya dan teman- teman saya untuk mengikuti apel penutupan terlebih dahulu dan pembagian hadiah bagi para pandu Hidaytullah yang memenangkan di setiap perlombaanya.

setelah di tutup oleh panitia dan ketua pandu Hidayatullah akhirnya kami beres-beres dan persiapan untuk pulang.

Perjalanan Pulang

Sumber gambar: Dolan Dolen

Saat perjalanan pulang dari jambore nasional 2 pandu Hidayatullah  kami tidak lupa mampir ke tempat oleh-oleh khas dari kota Malang, yaitu:

  • apel Malang
  • sari apel
  • kripik buah
  • pia mangkok
  • strudel malang
  • jenang apel
  • Dll

itulah oleh- oleh khas malang yang wajib kita bawa pulang untuk oleh-oleh buat keluarga.

 

 

Jadi itulah pengalaman saya saat jambore nasional 2 pandu Hidaytullah di bumi perkemahan coban rondo, malang, jawa timur. Bagi santri ataupun ustadz Hidayatullah di indonesia saya mohon apabila ada salah kata dalam penulisan artikel ini. “PANDU HIDAYATULLAH 554 SIAP”   @ilhamroisulmuslimin 11 februari 2021.

Majas Klimaks

roizzul muslim
3 min read

Majas Depersonifikasi

roizzul muslim
3 min read

Majas Sinestesia

roizzul muslim
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.